5 Ide Kado Valentine sesuai Love Language


February is coming. Yeay!

Banyak orang menantikan datangnya bulan Februari karena di bulan ini ada perayaan cinta kasih yang disebut Valentine. Perayaan Valentine dikenal di seluruh pelosok dunia. Terdapat sejarah panjang yang konon menjadi latar belakang munculnya perayaan ini.


Di Indonesia sendiri, perayaan hari Valentine masih sering jadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa perayaan tersebut tidak sesuai dengan tradisi kita. Ada pula yang beranggapan bahwa kasih sayang tidak seharusnya dirayakan hanya di hari tertentu.


Namun di balik banyaknya pendapat tentang perayaan Valentine, tidak ada salahnya turut menandai hari tersebut sebagai momen spesial yang bisa kita lewati bersama orang terkasih. Tidak selalu bersama pasangan, konteks perayaan hari kasih sayang ini sangat luas.


Kita bisa menyisihkan waktu khusus di hari tersebut untuk bersama pasangan, anak, bahkan orang tua. Pun tidak perlu perayaan yang mewah atau hadiah yang mahal. Hal sederhana juga bisa jadi terasa berkesan di hari Valentine itu.


Salah satu ungkapan kasih sayang kepada orang terdekat adalah dengan memberikan hadiah. Namun memilih hadiah tentu tidak bisa asal-asalan. Hadiah yang diberikan kepada orang yang dicintai harus spesial dan membuatnya merasa senang menerimanya.


Mencari sesuatu yang disenangi orang terdekat mungkin tidak mudah. Jika asal menebak, bisa-bisa salah pilih dan justru membuat orang yang menerimanya jadi kurang berkenan. Maka pilihkan saja hadiah berdasarkan bahasa cinta atau love language orang tersebut.


Baca juga: Mengenal 5 Jenis Bahasa Cinta, Biar Nggak Salah Nge-treat Pasangan


Bahasa cinta adalah bagaimana orang tersebut senang diperlakukan hingga ia merasa dicintai. Menurut Dr. Gary Chapman, penulis buku The Five Love Languages, ada lima bahasa cinta. Dari kelima jenis tersebut, kita bisa tahu hadiah apa yang disenangi seseorang.


Yuk, kita cari tahu lebih lanjut!


1. Staycation untuk Si Physical Touch

Bahasa cinta physical touch adalah milik orang yang suka dengan sentuhan fisik. Baginya, sentuhan fisik seperti genggaman tangan atau pelukan membuatnya merasa dicintai. Hadiah yang cocok untuk orang seperti itu adalah dengan mengajaknya staycation.


Agenda staycation berdua bisa dilalui dengan menonton film bersama, rebahan dan saling bercerita. Tentu dengan bumbu sentuhan-sentuhan fisik, seperti berpelukan. Hal itu akan membuatnya merasa bahagia.


Baca juga: 3 Tips Memilih Hotel Keluarga yang Tepat Untuk Menginap Saat Liburan


2. Piknik untuk Si Quality Time

Orang yang memiliki bahasa cinta quality time senang saat pasangannya menghabiskan waktu dengannya tanpa gangguan apapun. Untuknya, hadiahkan waktu seharian penuh untuk melalui waktu bersamanya. Salah satu ide menarik yaitu dengan mengajaknya piknik.


Ingat, jangan sampai ada gangguan apapun saat momen tersebut. Singkirkan ponsel selama bersamanya dan curahkan semua perhatian untuknya. Dengan begitu, dia akan merasa sangat diistimewakan.


3. Lagu atau Puisi Romantis untuk Si Word of Affirmation

Sesuai dengan namanya, bahasa cinta word of affirmation suka dengan kata-kata romantis dan penuh makna. Ia senang diberi rayuan dan sangat suka mendengar kata-kata seperti “I love you”.


Untuknya, hadiahkan sebuah lagu cinta dengan lirik yang bermakna mendalam. Ide menarik lainnya adalah membuatkannya sebuah puisi atau surat cinta dengan tulisan tangan. Hadiah-hadiah semacam itu akan membuatnya sangat tersanjung.


4. Barang Favorit untuk Si Receiving Gift

Pemilik bahasa cinta receiving gift senang sekali jika diberi hadiah berupa barang. Di momen spesial hari kasih sayang, pilihkan barang yang benar-benar diinginkannya atau yang menjadi kesukaannya sebagai hadiah.


Berikan hadiah barang tersebut sebagai sebuah kejutan. Misalnya, memberikannya di pagi hari saat ia terbangun. Atau memberikannya saat pulang kerja. Momen hari kasih sayang yang ia lewati dengan hadiah berkesan itu akan selalu ia ingat.


5. Makanan buatan sendiri untuk Si Act of Service

Hadiah berupa makan malam romantis tentu terlihat spesial untuk hari kasih sayang. Namun bagi si act of service, makan malam romantis di restoran mungkin kurang berkesan. Ia akan lebih bahagia jika makanan itu disiapkan langsung olehmu.


Dengan menyajikan makanan buatan sendiri, ia akan merasa dilayani. Dan saat itu juga, ia akan merasa menjadi orang yang paling spesial. Siapkan juga tempat makan bernuansa syahdu di rumah. Lalu berikan tempat duduk supaya ia nyaman saat menikmati makanannya. Ambilkan makanan ke piringnya dan tuangkan pula minuman di gelasnya.



Memilih hadiah yang tepat akan membuat seseorang merasa berkesan dan bahagia hingga akan mengingat momen itu selamanya. Memberikan hadiah berdasarkan love language bisa jadi cara untuk merayakan momen hari kasih sayang dengan cara yang tepat.


Salam,


Post a Comment

0 Comments