8 Jul 2019

Teruntuk Kamu yang Butuh Vitamin SEA, Inilah Daftar 5 Pantai Keren di Trenggalek


Sebulan yang lalu, tepatnya pada hari Sabtu 8 Juni 2019, aku akhirnya bisa piknik lagi ke salah satu pantai keren di Trenggalek, Pantai Konang, setelah entah kapan terakhir kali melihat pantai. Pergi ke pantainya sama sekali nggak direncanakan sebelumnya. Memang apapun yang nggak melewati perencanaan, kadang justru bisa terlaksana dengan cepat. Hari itu hanya iseng ikut suami ke Panggul, lalu mampir ke Pantai Konang pada sore harinya.

Waktu berangkat, ngomong sama anak sih mau ngajakin renang.  Dalam pikirannya pasti berenang ke kolam umum, sama seperti yang dia kunjungi beberapa waktu sebelumnya. Tapi  kan sama saja, di pantai itu juga bisa berenang. Hanya memang nggak ada wahana permainan air lain seperti di kolam renang umum. Tapi, it's oke lah, si anak pun akhirnya tetap senang bermain di pantai.


Senangnya karena meski nggak ada wahana permainan, di salah satu pantai keren di Trenggalek ini, dia bisa bermain pasir sepuasnya. Kebetulan, waktu berkunjung ke sana sudah hampir menjelang magrib. Jadi golden hours-nya dapet banget, panas mataharinya hangat nggak nyengat, anginnya nggak begitu kencang, ombaknya juga bersahabat. Sayang, nggak banyak foto yang diambil karena kalau sama anak fokusnya sudah bukan ke gadget lagi.


Hanya foto di atas yang paling bisa mewakili suasana sore yang bagus banget di Pantai Konang. Oh iya, foto itu hanya diambil dengan kamera smartphone yang resolusinya nggak bagus-bagus amat, plus tanpa filter apapun. Hanya pakai fitur zoom karena aku memotretnya dari pinggir pantai, sementara ayah dan anak ini main airnya agak ke tengah.



Pantai Konang adalah salah satu pantai keren di Trenggalek yang tepatnya berada di Desa Nglebeng, Kecamatan Panggul. Untuk sampai ke sana, kamu harus menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 55 km atau 1,5 jam dari pusat kota Trenggalek. Lumayan jauh. Tapi kamu akan dimanjakan dengan pemandangan indah dan udara dingin khas pegunungan yang menenangkan.

Pantai Konang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pengunjung dapat berjalan di tepi pantai sepuasnya di atas hamparan pasir berwarna cokelat yang bertekstur lembut. Jangan kelewatan juga menikmati santapan ikan bakar dan es kelapa muda yang banyak dijajakan oleh warung-warung makan di pinggir pantai.

baca juga: Enggak Kalah Ngehits, Trenggalek Juga Punya Kafe Kekinian Buat Buka Puasa Bareng

Sebagai sebuah kota di pesisir selatan, Trenggalek memiliki banyak pantai dengan pemandangan yang bisa memanjakan mata. Berhubung ini masih suasana liburan, kelima pantai keren di Trenggalek ini bisa jadi referensi tujuan wisata untuk kamu kunjungi.

Pantai Prigi


Lebih dekat daripada Pantai Konang, Pantai Prigi berjarak sekitar 48 meter dari pusat kota Trenggalek. Salah satu pantai keren di Trenggalek ini berlokasi di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo dan dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu sisi barat sebagai objek wisata dan sisi timur sebagai dermaga bagi nelayan. Jadi kamu nggak hanya akan mendapat 'vitamin SEA' dengan berwisata ke pantai ini, kamu juga bisa sekaligus belanja ikan atau menikmati langsung masakan berbahan ikan segar di sana.

Pantai Prigi sangat populer di Trenggalek. Pengunjungnya juga datang dari kota-kota lain di sekitarnya, seperti Tulungagung, Kediri dan Blitar. Sebagai salah satu pantai keren di Trenggalek, sudah bisa dipastikan bahwa pantai ini akan selalu ramai terutama saat liburan atau akhir pekan. Kamu yang datang dari luar kota, jangan bingung di mana harus bermalam. Ada penginapan dekat Pantai Prigi yang bisa kamu sewa.


Pantai Damas


Berjarak 5 km dari arah barat daya Pantai Prigi, kamu akan menemukan pantai lain yang tak kalah menawan. Adalah Pantai Damas, berlokasi di desa Karanggandu Kecamatan Watulimo, pantai dengan pasir berwarna hitam yang eksotis ini juga populer di Trenggalek. Ombaknya tenang sehingga kamu bisa menikmati pemadangan laut dengan menyewa perahu di sekitar pantai atau sekedar berenang di bibir pantai.

Untuk masuk ke kawasan salah satu pantai keren di Trenggalek ini, kamu hanya perlu membayar ongkos parkir kendaraan. Sayangnya, di sekitar pantai ini belum tersedia penginapan. Jadi kamu harus memperhitungkan waktu berkunjung ketika ke pantai ini, ya.


Pantai Karanggongso


Masih di sekitar Pantai Prigi, nih. Ada satu lagi pantai cantik yang berjarak sekitar 3 km dari arah timur Pantai Prigi, yaitu Pantai Karanggongso. Juga masih berada di satu desa dengan Pantai Prigi, salah satu pantai keren di Trenggalek ini memiliki pasir dengan warna yang lebih putih sehingga pantai ini diberi nama lain, yaitu Pantai Pasir Putih. Pemandangan di sana semakin menakjubkan karena putihnya pasir berpadu indah dengan air laut biru yang cerah.

Fasilitas dan wahana yang bisa kamu coba nggak akan jauh beda dengan apa yang ada di Pantai Prigi. Selain bisa berenang, kamu juga bisa menyewa perahu untuk menikmati laut lebih jauh. Untuk sajian makanan khasnya pun masih sama, yaitu ikan asap atau ikan bakar dari ikan segar yang tentu rasanya sangat nikmat.


Pantai Pelang


Nah, kalau pantai yang satu ini berada di satu kecamatan dengan Pantai Konang yang aku bahas di awal tadi. Namanya Pantai Pelang. Lokasi tepatnya berada di Desa Wonocoyo. Hamparan pasir putih yang membentang luas patut dinikmati bersama air lautnya yang jernih. Keindahan panorama pantai ini juga bisa kamu nikmati dari atas bukit di sekitar pantai.

Di sekitar pantai keren di Trenggalek ini, ada sebuah muara sungai yang seperti membelah pantai menjadi dua bagian.  Menyusuri sungai ini, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Grobogan Sewu. Oh iya, ombak di pantai ini cukup besar, ya. Jadi kamu nggak disarankan untuk berenang atau main ke tengah pantai terlalu jauh.


Pantai Kili-kili


Nggak perlu jalan terlalu jauh dari Pantai Pelang, ke arah sebelah timur dan dibatasi oleh perbuktitan, kamu akan menemukan Pantai Kili-kili. Namanya lucu, ya. Kamu juga akan menemukan yang lucu-lucu di pantai ini. Yups, Pantai Kili-kili sekaligus juga menjadi tempat konservasi penyu. Ada 4 jenis penyu yang dikembangbiakkan di sini yaitu penyu sisik, penyu abu-abu, penyu hijau dan penyu belimbing.

Jadi, selain kamu bisa menyegarkan pikiran dengan menikmati pemandangannya, kamu juga bisa menambah wawasan tentang salah satu jenis fauna laut di pantai ini. Jika beruntung, kamu bahkan akan bisa melihat proses pelepasan penyu-penyu kecil ke laut. Salah satu pantai keren di Trenggalek ini juga menyediakan fasilitas penginapan, lho.

Nah, itulah 5 pantai keren di Trenggalek yang sudah sangat populer bahkan di kalangan masyarakat luar Trenggalek. Pemandangan menakjubkan dari pantai-pantai tersebut menjadi daya tarik yang membuatnya selalu ramai pengunjung. Kamu mau berkunjung ke pantai mana dulu, nih?


Salam,

No comments:

Post a Comment