30 May 2019

7 Tradisi Lebaran Paling Melekat di Masyarakat Indonesia Ini Selalu Bikin Kangen


Indonesia kaya akan budaya dan tradisi di masyarakatnya. Tradisi dan budaya yang berbeda hadir karena pengaruh letak geografis dan kebiasaan masyarakat. Tak terkecuali tradisi bulan Ramadan yang memiliki keunikan khas masing-masing di tiap daerah di seluruh Indonesia. Mulai dari kebiasaan ngabuburit, kebiasaan berbuka puasa hingga kebiasaan berburu takjil.

Bukan hanya bulan Ramadan yang penuh dengan tradisi khas orang Indonesia. Perayaan hari kemenangan setelah puasa juga tak luput dari beragam tradisi khas yang unik. Tradisi lebaran ini kemudian menjadi kebiasaan turun menurun yang terus dilakukan. Hingga menjadi hal yang paling dirindukan, terutama bagi mereka yang saat hari raya sedang berada di tempat yang jauh.

Inilah 7 tradisi lebaran orang Indonesia yang selalu bikin kangen:


Mudik

sumber foto: pexels
Mendengar kata mudik, pasti langsung teringat dengan hari raya Idul Fitri. Karena memang kebanyakan orang melakukan mudik saat lebaran hampir tiba. Berita tentang mudik ini juga selalu menjadi berita utama di berbagai tayangan berita televisi. Bahkan persiapan mudik misalnya saja pembelian tiket transportasi sering dilakukan sebelum Ramadan tiba.

 Baca juga: Tips Mudik Santai dan Menyenangkan dengan Membawa Bayi atau Balita

Mudik menjadi momen yang paling ditunggu bagi mereka yang bekerja di daerah yang jauh dari rumah asal. Umumnya, pekerja ini memperoleh jatah libur lebih lama saat lebaran tiba. Jatah libur ini yang kemudian dimanfaatkan untuk mudik dan bertemu dengan orang-orang yang dikasihi.


Baju Baru

sumber foto: pexels
Satu lagi tradisi lebaran khas orang Indonesia, yaitu memakai baju baru. Entah tradisi ini juga berlaku di negara lain atau enggak. Yang jelas, berburu pakaian baru selalu menjadi kegiatan penting bagi orang Indonesia saat menjelang lebaran. Enggak heran jika toko baju selalu penuh di hari-hari terakhir. Pun juga dengan penjual baju online dan marketplace yang mendulang keuntungan tinggi saat mendekati lebaran.

Bukan cuma baju, item yang lain juga kalau bisa baru. Sepatu baru, jilbab baru, sarung baru bahkan kalau bisa perabot rumah juga baru agar saat keluarga berkunjung untuk bersilaturahmi, rumah terasa nyaman.


THR

sumber foto: pexels
Satu hal yang selalu dinantikan saat menjelang lebaran adalah THR alias Tunjangan Hari Raya. THR ini umumnya diterima oleh pekerja dari tempatnya bekerja baik berupa uang atau barang. Karena THR bisa dikatakan sebagai bonus, maka wajar jika kehadirannya selalu dinantikan.

Baca juga: 4 Cara Bijak Mengatur Uang THR, Agar Bermanfaat Secara Luas

Bukan cuma THR yang diterima pekerja, tradisi ini juga menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Saat lebaran, anak-anak selalu turut mendapatkan THR dari para orang tua. Lebaran menjadi saat paling ditunggu bagi anak-anak karena mereka bisa mendapatkan banyak uang dari pemberian tersebut.

 

Takbir

sumber foto: pexels
Tradisi takbir ini juga menjadi tradisi lebaran yang melekat di masyarakat Indonesia. Malam lebaran, di mana-mana terdengar riuh suara takbir. Suara ini begitu syahdu dan enggak berlebihan jika dibilang ini yang paling bisa bikin rindu suasana lebaran. Takbir ini dulunya sering dilakukan anak-anak dengan berkeliling sekitar rumah sambil membawa obor. Kemudian, tradisi takbir mulai berkembang menjadi takbir keliling oleh orang-orang dewasa menggunakan kendaraan tertentu. Namun belakangan tradisi takbir keliling ini dilarang oleh aparat berwajib karena alasan keselamatan.
 

Bersilaturahmi dan Bermaaf-maafan

sumber foto: pexels
Idul Fitri identik dengan bermaaf-maafan agar setiap pribadi kembali suci, tanpa dosa layaknya seorang bayi yang baru lahir. Bermaaf-maafan dilakukan dengan saling menjabat tangan dan mengucapkan permintaan maaf, kepada orangtua, keluarga, saudara, tetangga dan siapapun.


Baca juga: Zaman Makin Modern, Keutamaan dan Nilai Silaturahmi Turut Bergeser

Bersilaturahmi juga selalu menjadi agenda wajib dalam perayaan Idul Fitri. Bersilaturahmi dilakukan untuk bertemu keluarga besar atau sanak saudara yang di hari biasa jarang bahkan enggak pernah bertemu dan bermaaf-maafan.


Makan Ketupat

sumber foto: popmama.com
Bahkan makanan yang muncul pada bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri pun menjadi tradisi lebaran yang terus melekat. Jika saat Ramadan, makanan khasnya adalah kolak, es buah, dan kurma, maka saat lebaran berbeda lagi. Ada menu ketupat yang menjadi satu-satunya makanan khas saat lebaran. Ada sayur lodeh sebagai pelengkapnya, rendang, opor ayam dan sambal goreng yang tak kalah nikmat melengkapi sajian menu ketupat khas lebaran. Benar, menu yang satu ini memang bikin rindu.


Bingkisan Lebaran

sumber foto: pexels
Selain membagikan THR, pemberian bingkisan juga selalu identik dengan perayaan lebaran. Bingkisan ini umumnya juga diterima oleh pekerja dari tempatnya bekerja. Namun banyak juga bingkisan lebaran diberikan bagi pelanggan oleh pemilik toko. Bingkisan lebaran ini bisa diartikan sebagai ucapan terima kasih atas kerjasama selama satu tahun dan sebagai ucapan hari raya Idul Fitri.

Itulah 7 tradisi lebaran yang paling khas di Indonesia. Tradisi lebaran tersebut membuat siapa saja selalu merindukannya, terutama bagi mereka yang sedang berada di kejauhan saat lebaran tiba. Kenangan akan tradisi-tradisi tersebut pasti membuat mereka mengingat keluarganya.

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL