24 May 2019

Tips Mudik Santai dan Menyenangkan dengan Membawa Bayi atau Balita


Hai Moms,

Setelah menantikan THR, satu hal lagi yang pasti juga enggak sabar menunggunya adalah momen mudik. Karena dengan mudik, kita bisa kembali berkumpul bersama orang-orang tercinta untuk merayakan hari raya dengan penuh suka cita. Banyak lho persiapan mudik yang harus dilakukan. Terlebih jika harus membawa bayi atau balita, pasti perlu persiapan lebih. Di sini akan aku rangkum tips mudik santai dan tetap menyenangkan dengan membawa bayi atau balita.


Momen mudik ini menjadi saat paling berharga terutama bagi mereka yang sepanjang tahun menghabiskan waktu di perantauan. Momen berkumpul dengan keluarga di hari raya menjadi momen istimewa karena hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun. Karena menjadi momen spesial, tentu enggak mau kan ada masalah berarti di tengah-tengah perjalanan mudik atau bahkan ketika sudah sampai tujuan? Maka, persiapan itu penting untuk dilakukan.


Segera Lakukan Packing

sumber foto: pixabay

Persiapan mudik yang pertama pastilah mengemas barang. Jika mudik dengan membawa bayi atau balita, kegiatan mengemas barang ini harus benar-benar diperhatikan agar enggak ada barang tertinggal dan akhirnya menemui masalah saat di perjalanan. Enggak ada salahnya mengemas barang jauh-jauh hari agar bisa diketahui jika ada yang kurang. Karena jika mendadak, dikhawatirkan akan banyak yang terlupa untuk dibawa.

Bawa pakaian secukupnya baik itu untuk orangtua maupun anak. Ini agar beban enggak terlalu berat terlebih jika harus menggunakan transportasi umum. Tulis dalam daftar apa saja yang perlu dibawa untuk menghindari kelalaian saat mengemas barang. Jika harus membawa oleh-oleh pun secukupnya yang mampu dibawa agar enggak merepotkan.


Pastikan Kesehatan Bayi

sumber foto: pexels

Pulang ke kampung halaman biasanya harus menempuh waktu yang cukup lama, bisa sampai berhari-hari. Untuk itu memastikan kesehatan bayi atau balita menjadi hal yang terpenting. Menjaga asupan makanan bahkan sebelum mudik juga perlu diperhatikan agar anak tetap sehat saat hari mudik. Enggak ada salahnya juga memberikan vitamin.

Tips mudik terpenting adalah, jangan lupa membawa obat-obatan ringan saat di perjalanan. Segera tanggap jika bayi atau balita mulai menunjukkan tanda gangguan pada kesehatannya. Berikan pertolongan pertama dengan obat yang dibawa dan bawa ke petugas kesehatan jika diperlukan.


Pakaikan Baju yang Nyaman

sumber foto: pexels

Saat di perjalanan, sangat penting bagi bayi atau balita untuk tetap merasakan kenyamanan. Kenyamanan itu bisa diberikan melalui pakaian yang nyaman pula. Pilihlah baju yang berbahan kaos agar bisa mudah menyerap keringat. Selain itu persiapakan juga pakaian dingin jika cuaca saat mudik sedang hujan atau kecepatan angin sedang tinggi.

Enggak cuma baju, apapun yang dikenakan bayi atau balita harus memberikan kenyamanan. Mulai dari sepatu hingga tempat duduk. Pakaian dan tempat yang nyaman akan memberikan ketengangan bagi bayi atau balita sehingga mereka enggak rewel meski perjalanan mudik jauh dan lama.


Perhatikan Makanannya

sumber foto: pexels

Satu lagi tips mudik bersama bayi atau balita yang juga sangat penting diperhatikan, yaitu mengatur makanannya. Jika bayi masih menyusu, yang perlu dipersiapkan hanya asupan makanan bagi ibu yang menyusui atau peralatan menyusu yang harus tetap bersih. Untuk bayi yang sudah mulai makan, enggak ada salahnya membawa alat untuk memproses makanannya jika memungkinkan. Sedangkan untuk bahan makanan, bisa disiapkan dari rumah dan membawa yang sudah matang.

Memperhatikan makanan ini juga menjadi penting untuk diperhatikan karena akan menentukan apakah anak atau bayi terus sehat selama perjalanan. Makanan yang salah atau tidak diperhatikan bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan menghambat kelancaran perjalanan mudik.


Jangan Lupakan Istirahat

sumber foto: pexels

Meski sedang dalam perjalanan, bukan berarti enggak bisa istirahat. Sekarang sudah banyak yang menyediakan tempat berisitrahat di sepanjang jalur mudik. Memang pasti ada keinginan untuk segera tiba di rumah. Namun memaksakan diri dengan melewatkan istirahat justru akan menyebabkan masalah kesehatan. Biarkan bayi atau balita tidur sesuai porsinya saat sedang dalam perjalanan. Istirahat yang cukup menjadi tips mudik senang dan menyenangkan bukan hanya untuk anak bayi atau balita, namun juga untuk orangtua.

Itulah beberapa tips mudik santai dan tetap menyenangkan berasama bayi atau balita. Dengan memperhatikan banyak hal penting, perjalanan mudik akan terasa nyaman dan menyenangkan baik bagi orangtua maupun anak. Momen berkumpul keluarga di kampung halaman akan menjadi momen yang paling berkesan.

Semoga bermanfaat :)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL