17 Oct 2018

4 Cara Makan Ini Bantu Kamu Jaga Berat Tubuh Ideal Tanpa Harus Diet Ketat


Diet identik dengan mengurangi makan, baik porsi maupun jamnya. Karena makan dalam jumlah yang besar dan sering dianggap sebagai pemicu bertambahnya berat badan. Sedangkan untuk mengurangi kelebihan berat badan, mengurangi makan dianggap cara yang pasti berhasil.

Namun sebenarnya tidak harus dengan melakukan diet menyiksa sampai harus mengurangi makan secara drastis untuk bisa menjaga berat tubuh. Ada pola makan yang bisa dijaga agar tubuh tetap ideal. Asal konsisten melakukannya, berat badan akan bisa stabil tanpa pertambahan yang signifikan.




Jangan Lewatkan Sarapan
Banyak yang beranggapan bahwa jika ingin program diet berhasil maka harus menghindari sarapan di pagi hari. Sarapan dianggap hanya menumpuk kalori yang bisa membuat badan semakin gemuk. Anggapan ini sepenuhnya salah.
Sarapan justru tidak boleh ditinggalkan bagi mereka yang sedang menjalani diet. Karena selain sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas seharian, sarapan juga menghindarkan kita dari rasa lapar berlebih yang akhirnya membuat membuat nafsu makan tak terkontrol. Di samping itu, sarapan membantu tubuh dalam proses metabolisme secara maksimal yang mana ini sangat diperlukan untuk yang sedang diet.
Tentu saja, untuk menjaga berat badan tetap ideal, menu sarapan yang dikonsumsi harus yang sehat dan tidak mengandung banyak kalori namun tetap mengenyangkan. Kamu bisa mengkreasikan menu smoothies bowl dengan bahan aneka buah segar dan oatmeal sebagai sumber karbohidrat.



Berhenti Makan Sebelum Kenyang
Pada waktu makan, perut akan otomatis mengirim sinyal lapar ke otak. Jangan menunda rasa lapar jika memang sudah memasuki waktu makan. Terlebih jika sedang melakukan aktivitas, rasa lapar akan menganggu konsentrasi.
Menyegerakan makan akan memungkinkan kita untuk tidak mengemil secara berlebihan. Namun yang harus diingat adalah berhentilah makan sebelum kenyang. Hal ini akan membiasakan perut untuk tidak selalu minta diisi penuh dengan makanan. Jika sudah menjadi kebiasaan, berat badan akan tetap terjaga.



Makan Sebelum Jam 5 Sore
Waktu makan yang harus dijaga agar berat badan tetap ideal adalah waktu makan malam. Makan makanan berat setelah jam 5 sore hanya akan menumpuk kalori dalam tubuh. Sedangkan pada malam hari tubuh kita bersiap untuk istirahat yang tidak memerlukan banyak energi.
Jika terlalu banyak kalori yang menumpuk saat malam, akan menyebabkan lemak juga semakin menumpuk. Inilah yang membuat berat tubuh meningkat tajam. Pada malam hari kita bisa mengonsumsi buah yang kaya serat untuk membantu melancarkan pencernaan.




Jangan Tergesa-gesa
Makan dengan cepat dan teburu-terbu memungkinkan lebih banyak makanan yang masuk dalam perut. Mengunyah makanan dengan baik akan membantu mengontrol makanan yang masuk tersebut. Ketika kita makan terlalu cepat, maka otot perut akan dipaksa meregang lebih besar. Ini menurbanmen kita tidak segera merasa kenyang karena perut terasa kosong.

Cara makan tersebut dapat membuat tubuh ada pada berat yang ideal tanpa harus tersiksa karena menahan lapar yang terlalu lama. Asal melakukannya dengan konsisten, program diet pun akan berhasil tanpa usaha yang terlalu keras. Selain untuk menjaga tubuh yang ideal, cara makan di atas juga bermanfaat menjaga kesehatan tubuh lho.

foto: pexels.com

*postingan ini diikut sertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

14 comments:

  1. Ini bener bgt
    Saya udah buktiin bisa turun 25 kg (habis lahiran) dalam waktu setahun (rada lama krn sring nglanggar)
    Skarang masih mo lanjut tahap dua
    Moga2 bisa mbalik ke zaman sma
    Wkk

    ReplyDelete
  2. Artikelnya cocok banget buat saya yg lagi berusaha menurunkan bb. Udah over weight, nih

    ReplyDelete
  3. pas banget nih sama perut yang lipatannya udah semakin besar, hahah

    ReplyDelete
  4. Setuju ... Apalagi no.1, jangan sampai terlewatkan

    ReplyDelete
  5. Sederhana sebenernya ya. Tapi biasanya saya gak pas tuk yg no. 3. Seringnya makan malam ba'da maghrib sih

    ReplyDelete
  6. Bener bangget tuh Diet bukan berarti gk sarapan apalagi sampai gk makan 1 harian,, yg penting dijaga pola makannya,, nice info mb 😊

    ReplyDelete
  7. waah suka yang harus sarapan karena emang kalau ga sarapan bakalan lemess...

    ReplyDelete
  8. Duh,poin ketiga suka kelewat aja. Hehe, sering makan malam bahkan lewat tengah malam.

    ReplyDelete
  9. Sebenarnya mudah, untuk diet diperlukan konsistensi. Itu yang lumayan berat. Hehehehe....

    ReplyDelete
  10. Poin 1 ..sering nih..
    Malas mau sarapan..hanya minum air putih

    ReplyDelete
  11. Saya masih sering makan setelah jam 5 sore. Duuh, kapan langsingnya hehe

    ReplyDelete
  12. Waduh, seblm jam 5 sore itu yg susah 🙈

    ReplyDelete
  13. Saya masih kurus, makanya sering makan tengah malam huhuhuhuuu

    ReplyDelete