5 Cara Menjaga Kesehatan Keluarga di Musim Panas



Belakangan, udara terasa sangat panas. Matahari bersinar sangat terik. Di dalam rumah juga terasa begitu gerah. Tidak hanya di siang hari, cuaca panas juga terasa saat malam hari. Hawa panasnya bahkan bisa membuat tubuh berkeringat sepanjang hari dan malam. Pendingin ruangan dan kipas angin menjadi alat yang terus bekerja setiap waktu, tanpa berhenti.


Di beberapa kota di Indonesia, suhu panas bahkan bisa mencapai 40° C. Tentu ini bukan kondisi yang membuat semua orang nyaman. Keadaan ini diperparah dengan kekeringan yang mulai dirasakan di berbagai wilayah. Sumur-sumur dan sumber air mengering menyebabkan pasokan air terhambat dan bahkan terhenti.


Mengalami suhu panas ekstrem, semua orang berharap musim hujan segera tiba. Namun justru BMKG memperkirakan musim hujan akan datang lebih lambat. Itu artinya sebagian besar wilayah di Indonesia masih akan lebih lama lagi mengalami suhu panas. Ancaman kekeringan yang semakin parah juga terus menghantui.


Di balik berbagai kondisi tidak nyaman akibat suhu panas di banyak daerah, Anda jangan sampai mengabaikan kesehatan sendiri dan keluarga. Karena hanya dengan tubuh yang sehat, kita semua tetap bisa beraktivitas normal meski kondisi alam sedang tidak menyenangkan seperti sekarang. Inilah cara menjaga kesehatan keluarga di musim panas.


Penuhi Kebutuhan Cairan

Saat cuaca sedang sangat panas, tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Cairan tubuh biasanya lebih sering dikeluarkan dalam bentuk keringat. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan tentu akan menyebabkan masalah pada kesehatan, seperti turunnya kesadaran dan gagalnya kinerja organ dalam tubuh.


Maka dari itu, pastikan seluruh keluarga mendapatkan asupan cairan yang cukup setiap hari. Kebutuhan cairan tiap anggota keluarga mungkin berbeda, tergantung usia, aktivitas dan berat badan. Kebutuhan cairan yang cukup akan membantu tubuh untuk tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar.


Jangan Lupa Pakai Sunscreen

Menjaga kesehatan tubuh saat musim panas tidak hanya tentang organ dalamnya saja. Bagian terluar dari tubuh yaitu kulit juga termasuk bagian tubuh yang penting diperhatikan saat musim panas. Paparan sinar matahari yang menyengat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan berbagai efek berbahaya lainnya.


Maka dari itu, jangan lupa pakai sunscreen setiap hari. Tidak hanya anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah, sunscreen wajib dipakai meski hanya di dalam rumah. Pilih produk sunscreen yang punya SPF tinggi agar dapat melindungi dengan maksimal. Sedangkan untuk anak-anak, sebaiknya pilih sunscreen yang diformulasikan secara khusus untuk kulit anak.


Baca juga: Sunscreen Tetap Menjadi Skincare Wajib Meski di Rumah Saja


Batasi Aktivitas di Luar Ruangan saat Tengah Hari

Meski sudah memakai sunscreen di seluruh tubuh, namun aktivitas di luar ruangan saat tengah hari harus tetap dibatasi. Pasalnya sinar matahari bisa saja memberikan efek buruk pada kulit dan tubuh. Selain itu, paparan panas matahari saat tengah hari bisa membuat tubuh mudah lelah dan dehidrasi.


Sebaiknya Anda mengambil waktu untuk istirahat dari segala pekerjaan ketika tengah hari. Bisa dengan tidur siang atau sejenak mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari padatnya aktivitas. Cara ini akan membuat tubuh kembali berenergi. Selain itu, Anda juga tidak akan mengalami kelelahan parah.


Jaga Kebersihan

Musim panas identik dengan debu yang beterbangan, terutama saat siang hari. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengenakan masker saat di luar ruangan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker yang baru dan bersih.


Tidak hanya itu, penting juga untuk menjaga kebersihan seluruh anggota tubuh. Setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, ada baiknya Anda membersihkan tubuh dengan mandi saat pulang ke rumah. Jadi tubuh Anda akan bersih dari debu dan polusi sehingga berkumpul bersama keluarga jadi lebih nyaman.


Konsumsi Makanan Bergizi

Memperhatikan apa yang dimakan juga menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kesehatan keluarga di musim panas. Apa yang kita konsumsi jelas sekali membawa dampak pada tubuh, menjadikannya sehat atau justru menimbulkan penyakit. Sebenarnya tidak hanya saat musim panas, mengonsumsi makanan bergizi juga harus dilakukan setiap saat.


Khusus saat musim panas, tidak ada salahnya memilih makanan yang punya kandungan air lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan cairan. Misalnya, buah semangka atau buah berair lainnya. Lengkapi juga menu makanan harian Anda dan keluarga dengan sayuran serta makanan mengandung protein.


Baca juga: 7 Makanan Protein Tinggi untuk Penuhi Kebutuhan Harian


Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kesehatan seluruh anggota keluarga di musim panas ini. Lakukan cara tersebut dengan diimbangi gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga, tidur yang cukup, menghindari stres dan menjauhi rokok atau alkohol.


Salam,




Post a Comment

0 Comments