7 Makanan Protein Tinggi untuk Penuhi Kebutuhan Harian


Untuk menunjang aktivitas dan tumbuh kembang, tubuh manusia memerlukan kandungan nutrisi dari makanan. Salah satunya adalah protein yang memiliki peran penting dalam mewujudkan tubuh yang sehat. Makanan protein memberikan banyak manfaat bagi seluruh bagian tubuh sehingga tubuh bisa berfungsi dengan optimal.


Apa itu Protein dan Bagaimana Manfaatnya?

Protein merupakan molekul pada setiap sel tubuh yang berfungsi menjaga kinerja jaringan tubuh. Protein terbentuk dari ratusan hingga ribuan senyawa kecil yang dinamakan asam amino, di mana 20 asam amino saling mengikat dan membentuk protein. Karena berperan sangat penting, kebutuhan protein harian harus terpenuhi.

Protein juga bisa menjadi sumber energi tambahan ketika tubuh tidak mendapatkan energi dari lemak dan karbohidrat. Hampir seluruh sel tubuh juga dibentuk oleh protein, bahkan perbaikan sel juga dilakukan oleh protein. Protein juga merupakan pembentuk antibodi yang merupakan sistem kekebalan tubuh.


Makanan yang Merupakan Sumber Protein

Makanan protein sudah seharusnya masuk dalam menu makanan sehari-hari. Protein tidak boleh terlewatkan dalam konsumsi harian karena manfaatnya yang sangat penting. Bahkan untuk kondisi tertentu seperti pada kehamilan dan masa menyusui, kebutuhan protein akan lebih banyak.

Memenuhi kebutuhan protein harian sebenarnya tidak sulit. Pasalnya banyak sekali jenis makanan yang merupakan sumber protein untuk bisa dikonsumsi sehari-hari. Apalagi makanan dengan kandungan protein tinggi umumnya merupakan makanan enak. Berikut adalah makanan berprotein tinggi:


  1. Daging Ayam

Daging ayam termasuk makanan protein tinggi yang jadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, daging ayam juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Tidak hanya berprotein tinggi, daging ayam juga mengandung vitamin B, selenium dan kolin yang juga bagus untuk kesehatan.

  1. Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung protein dan omega-3, baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Penting untuk diperhatikan bahwa memilih ikan air laut perlu berhati-hati karena ada yang mengandung merkuri. Jika tidak cermat, maka bisa salah pilih ikan bermerkuri yang tidak baik bagi kesehatan.

  1. Telur

Makanan protein tinggi selanjutnya adalah telur. Karena telur juga mengandung vitamin, mineral dan lemak tak jenuh, bahan makanan ini jadi pilihan untuk menu sehat saat diet. Telur juga bagus untuk kesehatan jantung serta mempercepat proses penyembuhan luka. Makanan ini juga disukai banyak orang serta bisa diolah menjadi apa saja.

  1. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu juga merupakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi, seperti susu, keju dan yoghurt. Tidak hanya protein, makanan dan minuman olahan susu juga mengandung kalsium serta vitamin D. Untuk kebutuhan diet, produk olahan susu yang bagus adalah yang rendah lemak.

  1. Kacang Tanah dan Almond

Dari kelompok kacang-kacangan, kacang tanah dan almond adalah dua jenis kacang yang punya protein paling tinggi. Misalnya dalam satu gelas penuh almond, proteinnya sebanyak 30 gram. Kedua jenis kacang tersebut juga memiliki kandungan nutrisi penting lain seperti serat, magnesium dan vitamin E.

  1. Kedelai

Kedelai merupakan makanan protein yang utuh karena mengandung 9 jenis asam amino esensial. Salah satu jenis kedelai yang bagus adalah edamame yang dalam satu gelasnya mengandung 18 gram protein. Itulah kenapa edamame disarankan sebagai camilan sehat bagi pelaku diet.

  1. Daging Sapi tanpa Lemak

Daging sapi juga menjadi sumber protein hewani yang baik untuk kesehatan, terutama daging yang tanpa lemak. Seperti bagian has luar atau sirloin yang diketahui punya kandungan protein cukup tinggi. Daging sapi juga mengandung zat besi dan vitamin B yang bermanfaat mencegah anemia serta membentuk sel dan jaringan tubuh yang sehat.


Penuhi Kebutuhan Protein dengan Steak Holycow

Memenuhi kebutuhan protein harian merupakan hal wajib agar tetap memiliki badan yang sehat dan bugar. Maka pastikan selalu mengonsumsi makanan protein dengan jumlah yang cukup. Pilihlah beragam menu steak di Steak Hotel by Holycow yang terbuat dari daging sapi berkualitas premium dengan kandungan protein yang tinggi.

Holycow menyediakan beragam menu steak, seperti Wagyu Steak, Sirloin Steak, Tenderloin Steak dan Rib Eye Steak. Ada pula side dish dari beragam jenis sayuran untuk penuhi protein nabati. Atau ingin menikmati sajian dari olahan ikan dan daging ayam yang juga kaya protein? Tenang, Holycow punya banyak pilihan menunya.

Holycow menjadi pelopor steak di Indonesia yang berkomitmen menyediakan menu sehat bercita rasa nikmat dan mewah. Rasakan sensasi rasa berbagai menu high recommended di Stek Hotel by Holycow yang cabangnya tersebar di kota-kota besar di Indonesia.


Salam,



Post a Comment

0 Comments