Ingin Usaha Franchise? Simak 5 Tipsnya!


Bisnis franchise masih menjadi jenis bisnis yang layak untuk dicoba. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih franchise agar bisnis tidak berjalan sia-sia.

Jika Anda berencana membuka usaha waralaba dalam beberapa tahun ke depan, Reksadana Pendapatan Tetap bisa menjadi pilihan investasi yang paling tepat untuk mendukung bisnis.

Namun selain menyiapkan budget, Anda juga patut menyimak beberapa tips penting yang akan kami bahas dalam artikel berikut.


Apa itu Franchise?

Menurut Permendag No. 71 Tahun 2019, franchise merupakan hak khusus yang dapat dimiliki oleh perseorangan atau suatu badan usaha dengan sistem bisnis yang berbeda. Dengan tujuan untuk memasarkan barang atau jasa di mana bisnis tersebut bisa dimanfaatkan atau digunakan oleh pihak lain sesuai perjanjian waralaba. 

Secara sederhana, bisnis franchise merupakan jenis usaha yang dijalankan berlandaskan kesepakatan bersama. Kesepakatan tersebut memuat perjanjian menjalankan aspek bisnis waralaba termasuk promosi dan operasionalnya. 


Apa Saja Tips Membeli Franchise?

Sebelum membahas manfaat Reksadana Pendapatan Tetap untuk membeli usaha franchise, berikut adalah 5 tips yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. 


  • Lakukan Riset

Riset merupakan langkah awal yang dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi terkait bisnis waralaba yang akan dijalankan. Selain informasi brand, jangan lupa juga untuk melakukan riset tentang target pasar hingga modal yang dibutuhkan. Melakukan riset akan memberikan Anda sedikit gambaran mengenai bisnis yang dijalankan. 


  • Hubungi Brand Terkait

Jika telah menentukan brand waralaba, selanjutnya hubungilah brand tersebut untuk membuat pertemuan sekaligus berdiskusi mengenai persyaratan yang harus dipenuhi. 


  • Berkomunikasi Secara Intens

Setelah melakukan pertemuan untuk membahas tujuan bisnis yang lebih serius, pastikan untuk tetap berkomunikasi secara intens dengan pihak brand. Buatlah pertemuan demi pertemuan untuk membahas lebih banyak hal terkait bisnis tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk mematangkan rencana bisnis. 


  • Meninjau Ulang Perjanjian Sebelum Disetujui

Jangan sungkan untuk menanyakan langsung beberapa poin penting terkait kerjasama yang akan dijalankan. 

Sebelum menandatangani kontrak kerja sama, pastikan untuk memeriksa perjanjian berulang kali demi mencegah timbulnya kesalahpahaman di kemudian hari. Pastikan semuanya sudah sesuai dengan kesepakatan dan tidak ada perbedaan di dalam kontrak.


  • Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi sangat mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Oleh sebab itu, pilihlah lokasi bisnis franchise yang strategis untuk menarik banyak konsumen. Anda bisa memilih lokasi strategis seperti area perumahan padat penduduk, perkantoran ataupun lingkungan kampus dan sekolah. 

Berhubung biaya sewa lokasi cenderung mahal, maka tak ada salahnya untuk berinvestasi lewat reksadana pendapatan tetap sedini mungkin. Keuntungan yang Anda dapatkan bisa digunakan untuk membayar sewa lokasi bisnis atau keperluan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu pusing lagi dengan biaya-biaya tak terduga.


Mengapa Reksadana Cocok untuk Membeli Franchise? 

Modal awal menjadi hal penting dalam menjalankan usaha. Tak jarang banyak kalangan berinvestasi pada RDPT sebagai strategi dalam memenuhi kebutuhan budget bisnis mereka. 


  • Keuntungan Maksimal dengan Risiko yang Bisa Disesuaikan

Banyak investor lebih memilih berinvestasi lewat RDPT karena dianggap memiliki potensi profit maksimal dengan risiko rendah. Hal ini tentu berbeda jika Anda menabung lewat Deposito atau bank karena cara ini tak menghasilkan keuntungan yang lebih banyak dari berinvestasi pada RDPT. 

Return yang Anda dapatkan di kemudian hari tentu bisa menjadi tambahan modal untuk membuka bisnis franchise. 


  • Fleksibel, Bisa Dicairkan Kapan Saja

Manfaat Reksadana Pendapatan Tetap bisa dilihat dari segi proses pencairan. Jika Deposito memiliki jangka waktu yang ditentukan untuk pencairan dana, berinvestasi pada RDPT justru lebih fleksibel di mana Anda bisa mencairkannya kapan saja. 

Bahkan, saat Anda memiliki nilai investasi yang cukup besar pada sebuah RDPT dan telah melewati kebutuhan budget membuka bisnis franchise, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari dana yang mengendap. 

Sebagai contoh, total return yang dihasilkan dalam portofolio RDPT Anda sebesar Rp300 juta di mana Anda hanya membutuhkan Rp150 juta saja untuk modal bisnis. Maka setelahnya, Anda menaruh sisa dana tersebut untuk diinvestasikan kembali agar mendapatkan profit maksimal lainnya di kemudian hari. 


  • Bebas Pajak

Jika dibandingkan investasi lain berupa emas atau properti, keuntungan yang didapatkan dari investasi Reksadana bukanlah objek pajak. Oleh sebab itu, para investor tidak akan dikenakan pajak sama sekali karena pajak tersebut telah ditanggung oleh Manajer Investasi yang mengelola portofolio Anda. 


Maksimalkan Profit RDPT untuk Memulai Usaha dengan Investasi 

Berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures menghadirkan beragam keunggulan dan kemudahan bagi para investor. Anda sebagai investor bisa berkonsultasi secara lebih intensif dengan para ahli finansial terkait investasi yang dilakukan. Segala proses transaksi Reksadana menjadi semakin mudah dan cepat karena para Anda bisa bertransaksi melalui Aplikasi digibank.


Mulai dari pembelian, penjualan, switching Reksadana hingga proses registrasi SID/Single Investor Identification bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, Anda akan dapat kesempatan didukung analisa pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). 


Insight tersebut juga dilengkapi dengan solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.


Tunggu apa lagi? Segera berinvestasi Reksadana Pendapatan Tetap bersama DBS Treasures  untuk mendapatkan keuntungan dalam membeli dan memulai bisnis franchise. Jika Anda tertarik, silahkan mengecek informasi selengkapnya di sini.


Salam,



Post a Comment

0 Comments