5 Peran Blogger dalam Internet Marketing



Blog telah banyak dipilih menjadi sarana untuk berekspresi dan berkreasi. Orang yang mengembangkan dan mengelola blog bisa mengisinya dengan berbagai konten sesuai dengan bidang yang diminati lalu mendapatkan feedback dari pengunjung. Ternyata selain sebagai media untuk berkreasi secara bebas, blog juga bisa berpengaruh terhadap internet marketing.


Internet marketing merupakan strategi pemasaran masa kini yang mengandalkan teknologi internet. Ada begitu banyak jenis platform yang bisa dimanfaatkan dalam internet marketing dan blog adalah satu di antaranya. Seperti inilah peran blog dalam menyukseskan strategi pemasaran digital:


  1. Sumber Informasi Produk yang Lebih Lengkap

Di era digital ini, aktivitas jual beli bisa dilakukan tanpa adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Inilah yang kemudian dikenal sebagai tren belanja online. Di balik mudah dan praktisnya belanja online, pembeli mungkin kesulitan mendapatkan informasi tentang produk secara detail.


Blogger melalui blog yang dikelolanya bisa menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Blog bisa diisi dengan postingan mengenai produk lengkap dengan spesifikasi dan deskripsinya. Cara ini membantu pembeli mendapatkan informasi produk dengan lebih mudah.


  1. Mengubah Traffic menjadi Transaksi

Sebuah konten di blog harus disusun berdasarkan kaidah SEO (search engine optimization) dengan tujuan agar konten tersebut berada di rangking atas pada mesin pencarian. Sudah pasti tujuan selanjutnya adalah supaya semakin banyak pengunjung yang datang ke blog tersebut.


Pada bidang internet marketing, konten atau artikel SEO memiliki peran penting. Selain sebagai sumber informasi produk, artikel tersebut juga bisa menggiring pengunjung untuk melakukan tindakan transaksi. Pada akhirnya, keuntungan yang didapat bisa semakin besar.


  1. Sinkronisasi yang Baik dengan Media Sosial

Pada tren internet marketing yang sekarang berkembang, blog bukan satu-satunya platform promosi yang bisa diandalkan. Masih ada berbagai jenis media sosial yang juga bisa menjadi sarana promosi yang potensial. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga YouTube menjadi media marketing yang saat ini sedang tren.


Keberadaan blog merupakan sinkronisasi yang baik dengan media sosial. Tentu saja dalam rangka menerapkan strategi internet marketing. Baik blog maupun media sosial, keduanya bisa saling menggiring pengunjung untuk menikmati konten yang disediakan. Blog dipromosikan oleh media sosial dan begitu juga sebaliknya.


  1. Memperluas Jangkauan Pasar

Berbicara tentang internet marketing, ada banyak sekali kemudahan dibanding cara marketing zaman dulu. Internet marketing tidak akan memakan banyak tenaga, waktu hingga uang untuk memperkenalkan produk. Karena semuanya bisa dilakukan melalui platform online seperti blog dan media sosial.


Termasuk untuk menjangkau pasar, strategi internet marketing jauh lebih efektif dan menjanjikan hasil yang lebih bagus. Ini juga yang menjadi manfaat blog bagi marketing yaitu kemampuannya menjangkau pasar secara lebih luas. Pengunjung blog mungkin saja tidak hanya dari daerah sekitar, tapi juga jadi negara lain.


  1. Alat Evaluasi yang Efektif

Penting sekali melakukan evaluasi secara rutin pada strategi pemasaran yang dilakukan pebisnis. Evaluasi berguna untuk melihat pencapaian sekaligus hal-hal yang mungkin menjadi kendala dan kekurangan untuk kemudian diperbaiki agar bisa meningkatkan keuntungan.


Blog dilengkapi dengan fitur yang bisa merekam traffic mulai dari asal perilaku pengunjung, asal hingga jenis kelamin. Semua data tersebut tersedia dan siap digunakan sebagai bahan evaluasi dalam bisnis. Evaluasi bisnis melalui platform internet marketing kini tidak lagi sulit.


Blog tidak lagi sebagai platform yang diisi portofolio pribadi. Blog kini juga bisa berperan dalam menyukseskan internet marketing. Pebisnis zaman now wajib tahu manfaat blog dan bagaimana cara memaksimalkannya untuk meningkatkan keuntungan bisnis.


Salam,



Post a Comment

0 Comments