10 Nov 2020

Bekerja sesuai Passion, Beneran Enak Nggak sih?

bekerja sesuai passion
Photo by Anthony Shkraba from Pexels


Menjalani kehidupan di dunia mengharuskan semua orang untuk bekerja. Karena dengan bekerja, seseorang bisa mendapatkan penghasilan. Dengan penghasilan itu, seseorang bisa membeli barang yang ia butuhkan untuk bertahan hidup. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, penghasilan dari pekerjaan juga umumnya digunakan untuk menanggung hidup orang lain, seperti pasangan, anak, orangtua atau anggota keluarga yang lain.


Ada banyak sekali pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan. Kebanyakan pekerjaan tersebut memang membutuhkan keahlian khusus. Jadi untuk bisa melakukannya, biasanya seseorang perlu menempuh pendidikan tertentu. Meskipun di sisi lain, banyak juga pekerjaan yang tidak membutuhkan pelatihan atau pendidikan sebelumnya. Apapun itu jenis pekerjaan di dunia, banyak orang yang setuju bahwa bekerja sesuai passion itu yang paling menyenangkan. Benarkah seperti itu?


Situasi di mana passion yang akhirnya bisa sekaligus menjadi pekerjaan sekarang seperti yang sedang saya alami. Saya sangat menyukai dunia menulis, dari kecil. Saya pun dulu bercita-cita bekerja di bidang ini karena saya merasa pastinya akan menyenangkan. Walaupun pendidikan saya tidak menjurus ke cita-cita saya, nyatanya sekarang saya benar-benar mendapatkan uang dari menulis. Selain dari pekerjaan sebagai freelancer, blog yang saya bangun ini sedikit demi sedikit juga sudah mulai mendatangkan rupiah. Lalu apakah pekerjaan menulis dan ngeblog ini benar-benar passion saya dan terasa menyenangkan seperti yang saya bayangkan? Ataukah kemudian hanya alat untuk cari uang?


Baca juga: Menjadi Mom Blogger, Cara Seru Berekspresi Ala Ibu Muda Zaman Now


Apa Maksudnya Bekerja sesuai Passion?


Sebelum membahas tentang bagaimana enak atau tidak enaknya bekerja sesuai passion, tentu harus tahu dulu definisi dari passion itu sendiri. Kata passion berasal dari bahasa Inggris yang artinya gairah. Sedangkan menurut KBBI, passion juga berarti gairah atau hasrat yang sangat kuat. Jika diartikan secara langsung, bekerja sesuai passion berarti bekerja dengan gairah dan hasrat yang kuat.


Disebut gairah dan hasrat yang kuat berarti tidak hanya sekadar semangat. Bekerja yang dilakukan dengan passion berarti bekerja dengan keinginan yang muncul dari dalam hati dan umumnya itu dilandasi oleh rasa suka. Dalam arti lain, itu juga bisa diartikan bekerja tanpa ada paksaan dan tidak ada beban yang dirasakan.


Passion sering disandingkan dengan hobi karena keduanya dianggap memiliki makna yang sama. Hobi adalah kegemaran tertentu dan biasanya itu juga dilakukan dengan dilandari rasa senang dan tertarik.  Hobi juga sering diartikan sebagai suatu aktivitas yang dilakukan saat waktu luang. Akan tetapi passion memiliki arti yang lebih dalam, tidak hanya dilakukan saat memiliki waktu luang tetapi akan dilakukan berulang kali seolah tidak pernah merasa lelah.


Banyak contohnya bekerja yang dilakukan dengan passion. Banyak orang juga mengatakan bahwa hal tersebut sama dengan melakukan hobi yang dibayar. Contohnya, seorang yang gemar bermain sepak bola akhirnya menjadi pesebak bola profesional dan mendapatkan penghasilan dari sana. Contoh lain, seorang yang gemar bernyanyi akhirnya menjadi penyanyi dan mendapatkan uang dari aktivitas tersebut.



Apa Enaknya Bekerja sesuai Passion?


Sebagian besar orang pasti setuju bahwa bekerja sesuai passion itu akan terasa jauh lebih menyenangkan daripada melakukan pekerjaan yang tidak disukai. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah karena memang terbukti bahwa bekerja yang dilandasi passion kuat akan terasa lebih ringan dan mudah. Beberapa poin di bawah ini membuktikan bahwa bekerja sesuai passion itu enak.


  • Bisa Mendapatkan Kepuasan Batin


Bekerja yang diawali dengan passion akan menghasilkan kepuasan tersendiri bagi pelakunya. Menyelesaikan pekerjaan tidak hanya tentang tugas dan kewajiban, tapi ada rasa lega dan senang saat berhasil menuntaskan pekerjaan. Apalagi jika hasilnya mendatangkan hal yang baik dan menguntungkan, maka semangat yang lebih besar akan muncul.


  • Selalu Merasa Tertantang


Saat sudah ada kepuasan yang muncul, maka selanjutnya bekerja sesuai passion akan membuat seseorang terus merasa tertantang. Ia akan cenderung terus menerus mengikuti berbagai tantangan dan tidak menganggap tantangan sebagai sebuah tugas yang berat. Tantangan bahkan dirasakan sebagai suatu hal yang harus mampu ditaklukan dan terlihat sebagai sesuatu yang menarik.


  • Tidak Mudah Lelah


Dengan semangat yang begitu tinggi, bekerja sesuai passion tidak akan mudah menghasilkan lelah. Bekerja memang pasti akan membuat seseorang merasa lelah. Namun rasa lelah itu tidak akan berarti karena semua pekerjaan dijalani dengan ikhlas dan senang hati. Maka orang yang bisa bekerja dengan landasan passion juga tidak akan mudah stress dan depresi.


  • Ide Mudah Mengalir


Rasa senang terhadap pekerjaan akan berdampak pada pikiran yang bisa menjadi lebih kreatif. Ide-ide bagus tentang pekerjaan akan lebih mudah muncul. Itulah yang dibutuhkan agar bisa bertahan lama pada suatu pekerjaan. Ide segar dan kreatif yang dituangkan akan membuat pekerjaan lebih berkembang dan hasilnya tentu akan lebih baik.


  • Bisa Menjadi Diri Sendiri


Passion tidak jauh berbeda artinya dengan identitas diri sendiri. Maka jika seseorang melakukan pekerjaan dengan passion, itu berarti ia berhasil menjadi dirinya sendiri. Dengan begitu, seseorang akan mampu mengeksplor kemampuan dirinya secara lebih baik. Ia tahu apa yang menjadi potensi dirinya sekaligus tahu bagaimana cara mengembangkannya.



Bagaimana Mengetahui Passion Diri?


Setelah tahu bagaimana enaknya bekerja sesuai passion, mungkin kamu akan berpikir untuk mulai melakukannya. Namun kemudian kamu bingung bagaimana harus memulainya. Sedangkan selama ini tidak ada satu hal pun yang menonjol dari dalam diri dan itu menjadi kesulitan dalam menemukan passion. Tenang, jangan dulu merasa tidak memiliki passion sama sekali. Semua orang pasti memilikinya, namun tidak semua orang bisa mengenali menemukannya dengan mudah. Mulailah dengan menanyakan beberapa poin berikut ini pada diri sendiri.


  • Apa yang senang dilakukan semasa kecil?

Pada usia dini, passion seseorang biasanya sudah muncul Itu ditandai dengan sesuatu yang dilakukan dengan senang hati atau berkaitan dengan hobi masa kecil yang sering dilakukan. Pada usia tersebut, apa yang dilakukan belum mendapatkan pengaruh apapun jadi bisa dibilang itulah yang datang sebagai passion. Ini juga yang sudah mulai dikenali sejak masa kecil saya yang lebih suka pelajaran mengarang dibanding berhitung hihihi.


  • Kemampuan apa yang menonjol?

Dalam diri seseorang akan selalu ada kemampuan tertentu yang lebih menonjol dibanding yang lain. Kemampuan itu bisa menjadi awal mula kemunculan passion. Kemampuan yang lebih menonjol biasanya bisa dilakukan dengan hasil memuaskan dan hampir sempurna ketimbang melakukan kemampuan lain. Contohnya saya yang lebih mampu mengarang daripada menganalisa angka-angka. Untuk memastikannya lagi, lanjutkan dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.


  • Apa yang bisa dilakukan dengan tanpa beban?

Jika kemampuan itu selalu dilakukan dengan tanpa beban, maka itu bisa dibilang sebagai passion. Selain tanpa beban, ada pula rasa penasaran terus menerus ketika melakukannya yaitu penasaran tentang hal lain apa yang lebih menarik dan menantang. Saat melakukan passion, seseorang juga merasa sedang menjadi dirinya sendiri. Saya pun demikian, saat menulis di blog saya merasa bisa mengekspresikan diri dengan bebas.


  • Apa yang dirasakan setelah melakukannya?

Melakukan passion umumnya selalu menghasilkan rasa puas dan percaya diri. Sekalipun ada rasa lelah, itu tidak akan membuat kamu berhenti melakukannya. Justru lelah itu sebagai bentuk dari rasa puas. Semakin lelah, maka rasanya akan semakin puas. Setelah itu rasanya akan semakin ingin melakukan dan tidak ingin menghentikannya.



Apa Tidak Enaknya Bekerja sesuai Passion?


Orang yang saat ini menjalankan pekerjaan sesuai passion boleh dibilang sangat beruntung. Ia bisa bekerja dengan senang hati terus menerus, terlihat tanpa beban dan selalu berhasil menjadi diri sendiri. Itu juga yang dilihat orang lain dari saya. Mereka bilang hidup saya enak karena bisa bekerja dari rumah, bekerja yang dimulai dari hobi dan selalu terlihat menyenangkan. Eits, tunggu dulu. Nyatanya semua tidak seperti yang terlihat. Setiap pekerjaan selalu datang dengan risiko sekalipun itu adalah hal yang disenangi. Bekerja sesuai passion tidak selamanya enak dan menyenangkan, ini buktinya:


  • Sulit Ditemukan


Sekalipun sudah menemukan passion dalam diri, bukan berarti kita semua bisa langsung bekerja sesuai dengannya. Seperti yang kita tahu bahwa lapangan pekerjaan itu sangat terbatas. Apalagi di Indonesia, tingginya angka pengangguran sebenarnya membuktikan bahwa kesempatan kerja yang tersedia sangat sedikit dan tidak memenuhi permintaan pencari kerja. Jadi kita tentu akan lebih sulit menemukan pekerjaan yang sesuai passion.


  • Belum Tentu Prospeknya Menjanjikan


Sekalipun bekerja sesuai passion itu terdengar menyenangkan, tapi tentu tidak semua jenis passion memiliki prospek yang bagus di masa depan. Bagaimanapun zaman akan selalu berubah-ubah begitu juga dengan kebutuhan dari masa ke masa. Passion yang bisa menghasilkan di zaman sekarang tidak menjamin akan tetap bisa diandalkan di masa depan.


  • Bisa Ketinggalan Zaman


Seperti yang dibilang sebelumnya bahwa sebuah passion tidak akan selamanya menjanjikan. Ketika sudah berada di pekerjaan yang sesuai passion, kita semua masih mungkin tertinggal oleh zaman. Kehidupan manusia yang selalu dinamis juga mempengaruhi kebutuhan yang terus berubah-ubah. Jadi sebaiknya tidak terlalu percaya diri jika sudah bekerja sesuai passion sebab di hari berikutnya kita bisa ketinggalan tren.


  • Peluang Penghasilan Kecil


Mungkin banyak dari kita berkaca pada orang-orang yang sukses menjalankan pekerjaan sesuai passion mereka. Contohnya, seorang Christiano Ronaldo yang mendapatkan kekayaan hanya dengan memainkan kegemarannya yaitu olahraga sepak bola. Terlihatnya memang sangat menggiurkan, tetapi tidak semua passion mampu menghasilkan pendapatan besar. 



Lalu Bagaimana yang Paling Baik?


Bisa bekerja sesuai passion itu memang terlihat seru dan menyenangkan. Hal itu juga patut disyukuri apalagi jika pekerjaan sesuai passion itu bisa mendatangkan penghasilan besar. Namun bukan berarti kita bisa terlalu berambisi menemukan passion sampai melupakan peluang lain yang muncul. Maka yang paling baik adalah bisa menemukan pekerjaan yang dengan pekerjaan itu kita bisa memenuhi kebutuhan. Sementara passion bukan berarti harus dilupakan melainkan tetap bisa dilakukan sebagai hobi atau pengisi waktu luang. Soal rasa lelah, bekerja dengan passion pun juga tidak berarti terbebas dari rasa lelah. Rasa lelah akan tetap ada. Maka jika harus sama-sama lelah, sebaiknya melakukan pekerjaan yang benar-benar menghasilkan.


Salam,



1 comment:

  1. Betul sekali, Mbak. Tidak semua pekerjaan yang dilakukan berdasarkan passion bisa menghasilkan banyak uang. Setidaknya apa yang ditekuni dan dilakukan sungguh-sungguh insya Allah nggak akan mengecewakan, kepuasan kadang nggak harus berupa uang juga, ya. Kalau benar-benar mau dapat uang, nggak harus melakukan pekerjaan yang sesuai passion. Buat kita yang bekerja karena suka dan cinta, uang itu hanyalah bonus. Kalau akhirnya dapat lebih dari yang dibayangkan, sekali lagi itu bonus...hihi. Siapa mau nolak :D

    ReplyDelete