29 Jul 2020

5 Contoh Bisnis Rumahan yang Menguntungkan di Masa Pandemi

contoh bisnis rumahan yang menguntungkan
Photo by savio yu from Pexels 

Wabah virus Corona telah merubah tatanan di seluruh dunia. Perubahan itu kemudian berdampak besar pada kehidupan manusia. Sayangnya, perubahan yang terjadi lebih cenderung ke arah yang lebih merugikan. Salah satu contoh yang paling nyata adalah banyaknya orang yang harus kehilangan pekerjaan. Orang yang masih mungkin melakukan pekerjaan pun terancam mengalami penurunan pendapatan. Dalam masa sulit ini, tidak ada salahnya kita mencari tahu tentang contoh bisnis rumahan yang menguntungkan. Terutama bagi yang tinggal di Medan, situs Medan Top bisa dijadikan referensi untuk cari tahu ide usaha.

Mengapa harus bisnis? Dan mengapa juga harus jenis bisnis rumahan? Mari kita pelajari sebabnya. Dalam bisnis yang kita bangun sendiri, kita bisa mengatur segala sesuatunya dengan bebas. Kita bisa menentukan bidang bisnisnya. Kita juga bisa menentukan produk yang dijual berdasarkan peluang di pasaran. Kita bahkan bisa mengatur waktu sendiri tanpa perlu takut ancaman pemutusan hubungan kerja yang belakangan banyak terjadi. Intinya adalah, bisnis merupakan satu-satunya cara yang bisa kita ambil untuk tetap berpenghasilan di masa pandemi ini.

Saat ini kehidupan manusia tengah dibatasi. Tidak lagi seperti dulu yang bisa bebas beramai-ramai, kini perkumpulan dan kerumunan sangat dihindari. Hal ini lagi-lagi dilakukan untuk tujuan menekan penyebaran virus Corona. Mau tidak mau, semua orang harus membatasi aktivitas di luar rumah. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa harus mencari ide atau contoh bisnis rumahan yang menguntungkan. Maksudnya agar kita tetap bisa lebih banyak di rumah, namun penghasilan tidak terhenti.

Melihat dari alasan di atas, wajar sekali jika sekarang semakin banyak orang memulai membuka bisnis. Bahkan orang-orang yang dulunya bekerja sebagai karyawan, kini mulai menyesuaikan diri sebagai seorang pebisnis. Namun kita perlu memperhatikan dengan teliti tentang keputusan memulai bisnis. Kita tidak bisa asal memilih bisnis tertentu tanpa pertimbangan apapun. Bagaimanapun bisnis akan selalu dimulai dengan modal dan modal tidak bisa disalahgunakan di masa pandemi ini. Maka kita harus mempertimbangkan banyak hal.

Salah satu pertimbangan yang bisa kita pikirkan saat memulai bisnis yaitu tentang peluang keuntungannya. Kita memang sudah seharusnya memulai bisnis yang diperkirakan bisa mendapat respon bagus dari pasar. Dengan kata lain, produk atau jasa yang kita tawarkan seharusnya merupakan apa yang dibutuhkan oleh pasar. Inilah beberapa ide atau contoh bisnis rumahan yang menguntungkan yang bisa dicoba.

Jual Kebutuhan Sehari-hari

Barang-barang kebutuhan sehari-hari akan selalu dicari setiap waktu. Inilah alasan mendasar mengapa bisnis ini terbilang menjanjikan. Kita bisa memulainya dengan membuka sebuah kios kecil yang menjajakan berbagai kebutuhan rumah tangga seperti sembako dan sejenisnya. Bisnis ini bisa diawal dengan modal minim. Namun pengelolaannya harus tertata agar bisa mendatangkan untung besar dan akhirnya bisnis bisa berkembang lebih besar.

Jual Kebutuhan Komunikasi

Saat ini semua orang menggunakan ponsel. Tidak hanya untuk melakukan panggilan telepon, alat komunikasi masa kini juga berguna untuk mengakses internet. Pulsa dan paket data sudah termasuk dalam kebutuhan penting bagi hampir semua orang. Maka inilah kesempatan bagus untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis. Jual pulsa dan paket data juga bisa dimulai dengan modal kecil. Kebutuhan ini akan selalu dicari sehingga peluang ruginya hampir tidak ada.

Jual Makanan Siap Santap

Bisnis kuliner memang bukan termasuk bidang baru. Bahkan setiap waktu, pelaku bisnis kuliner semakin bertambah. Memang makanan merupakan kebutuhan semua orang. Tak heran jika bisnis kuliner dipandang bisa mendatangkan untung besar. Makanan siap santap sebaiknya lebih dipilih daripada makanan mentah atau setengah jadi. Hal ini sesuai dengan kebutuhan manusia masa kini yang lebih suka segalanya serba praktis dan cepat.

Jual Kebutuhan Bangunan

Ketika ekonomi lesu seperti sekarang ini, memang sangat kecil kemungkinan orang melakukan pendirian bangunan. Namun tetap tidak ada salahnya bisnis ini dicoba. Untuk memperbesar peluangnya, strategi marketing secara online bisa dilakukan. Cara marketing modern ini bisa menjangkau target pasar yang lebih luas dibanding marketing dengan cara konvensional. Cukup dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, bisnis kebutuhan bangunan secara online bisa menghasilkan untung besar.

Jual Item Fashion

Bisnis fashion juga bukan tergolong usaha jenis baru. Bisnis ini sudah sangat umum dilakukan dan bisa jadi ide yang menguntungkan di masa pandemi ini. Lingkup bisnis ini sangat luas karena produk yang bisa dijual ada banyak macam. Untuk memulai bisnis ini bahkan bisa tanpa modal dengan memanfaatkan berbagai peluang reseller. Peluang untungnya juga lumayan bisa untuk kebutuhan sehari-hari.

Lima ide di atas merupakan contoh bisnis rumahan yang menguntungkan karena tidak perlu modal besar. Banyak supplier yang menyediakan barang siap jual. Semua jenis bisnis di atas bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan internet. Di masa pandemi ini, kita memang dituntut harus kreatif agar tetap bisa bertahan hidup.

Salam,

No comments:

Post a comment