1 May 2020

Benda Wajib Saat Work from Home Ini Jadi Pendukungku untuk Tetap Berpenghasilan


Berbicara tentang WFH alias work from home, sebenarnya bagiku itu bukan hal baru. Sejak sebelum ada pandemi Corona yang mengharuskan semua orang tinggal di rumah, aku sudah menjalani WFH selama kurang lebih 4 tahun terakhir. Menjadi ibu rumah tangga yang tidak memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di luar rumah, membuatku harus bisa membaca peluang untuk tetap berpenghasilan meski hanya di dalam rumah.

Selama kurang lebih 3 tahun terakhir, aku menjalani kesibukan menjadi penjual online. Berbagai produk kebutuhan wanita aku jual dengan bermodalkan promosi di media sosial. Sedangkan lebih dari setahun ini, aku menjalani kesibukan lagi sebagai freelancer writer atau biasa disebut juga penulis lepas. Aku mengerjakan artikel dari klien, mengisi sebuah situs dan mengisi blog pribadiku. Lagi-lagi, kesibukan ini juga membuatku harus tetap di rumah.

Ketika pada bulan Maret kemarin virus Corona mulai ditemukan di Indonesia hingga melahirkan kebijakan untuk social distancing, aku merasa tidak sulit untuk beradaptasi. Keseharianku sebelum adanya wabah ini kurang lebih masih sama seperti setelah ada anjuran social distancing. Aku masih tetap menjalankan aktivitas sebagai penjual online dan freelancer writer selama masa social distancing ini. Dan untuk mendukung pekerjaanku itu, aku membutuhkan benda-benda berikut ini.

dokumen pribadi


Laptop

Laptop dulunya menjadi benda wajibku ketika masih berstatus sebagai mahasiswi. Aku harus mengoperasikannya lebih sering untuk menyelesaikan tugas kuliah dari dosen. Membuat makalah, latihan membuat perangkat pembelajaran dan tugas-tugas serupa harus aku kerjakan dengan bantuan laptop. Bersyukur sekali, aku bisa memiliki laptop pribadi di awal-awal masa perkuliahan. Hingga akhir masa perkuliahan, laptop masih menjadi benda wajib bagiku terutama ketika menyelesaikan skripsi yang membawaku memiliki gelar sarjana.

Pada akhirnya, laptop milikku harus jarang tersentuh setelah aku lulus kuliah. Meski waktu itu, aku sempat bekerja sebagai guru honorer di sebuah sekolah, tetap saja aku tidak harus sering-sering mengoperasikan laptop. Kemudian, aku kembali membutuhkan laptop setelah menekuni pekerjaan sebagai freelancer writer. Tentu setelah aku resign dari sekolah dan menetap di rumah sebagai ibu rumah tangga biasa. Sampai saat ini, laptop masih menjadi benda wajib yang mendukung pekerjaanku dan memudahkanku dalam berpenghasilan.


Smartphone

Benda kedua yang wajib ada setelah laptop adalah smartphone. Benda ini memang sekarang menjadi benda wajib bagi semua orang, apapun pekerjaan dan kesibukannya. Benda ini juga yang sedari awal menjadi pendukungku ketika memulai jualan online. Aku menggunakan smartphone untuk mempromosikan barang jualanku di berbagai platform media sosial, terutama Facebook. Bisa dikatakan bahwa semua pekerjaanku tergantung pada smartphone.

Smartphone yang aku miliki bukan merk bagus yang harganya mahal. Bahkan smartphone pertamaku hanya seharga ratusan ribu dan itupun bekas pakai. Aku bertahun-tahun menggunakannya dan beruntung sekali dari smartphone murah itu aku mendapatkan penghasilan rutin setiap bulan dari berjualan online. Meski penghasilanku tak teramat besar, minimal aku bisa setiap bulan menikmati internet dari kuota yang aku beli dengan hasil jualanku.

Hingga kemudian, aku bisa membeli smartphone yang lebih bagus. Hasil dari mengumpulkan recehan setiap bulan, aku memiliki smartphone baru. Masih dengan harga standar dan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, smartphone itu mampu membantuku dengan lebih baik. Memang aku membeli smartphone agar pekerjaan semakin lancar, jadi tidak terlalu berambisi ingin memiliki yang mahal atau yang sedang tren. Ya, meskipun keinginan untuk punya yang lebih bagus itu ada tapi untuk sekarang yang sudah ada harus tetap disyukuri.

Dua benda wajibku di atas lah yang setiap hari menjadi peganganku selama work from home. Dua benda itu yang membuatku tetap berpenghasilan. Mungkin penghasilanku tidak teramat besar jika dibanding mereka yang memiliki karir bagus. Tapi bagiku, tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Bukankah untuk jadi bahagia itu harus diawali dengan bersyukur?

Salam,

1 comment:

  1. Bener banget, smartphone and laptop jadi barang wajib di rumah saat WFH. Gak bisa lepas dari keduanya setiap hari ya.

    ReplyDelete

Mohon Berikan Komentar dengan URL