22 Apr 2020

6 Langkah Nyata Bantu Sesama Saat Pandemi Corona

Photo by cottonbro from Pexels

Beberapa bulan terakhir, dunia tengah mengalami wabah penyakit global yang disebabkan oleh virus. Virus Corona yang ditemukan pertama kali di Wuhan, Cina pada Desember 2019 kini sudah menjangkiti 2.563.384 orang di seluruh dunia. Jiwa yang melayang akibat virus ini sudah mencapai 171.415 orang dari seluruh dunia. Di sisi lain, angka kesembuhan pasien yang terjangkit virus ini berjumlah 681.477 orang.

Corona termasuk virus dengan tingkat persebaran yang sangat cepat. Hanya melalui sentuhan, virus ini bisa berpindah dari pasien positif ke orang yang sehat. Tidak hanya sentuhan fisik secara langsung, virus Corona juga menempel pada berbagai jenis permukaan yang mudah tersentuh. Virus yang menempel pada tangan bisa dengan mudah masuk ke organ dalam tubuh melalui hidung, mata dan mulut.

Karena persebarannya yang sangat cepat, virus Corona telah membawa banyak perubahan pada dunia. Banyak negara memberlakukan aturan lockdown yaitu melarang warganya melakukan aktivitas apapun di luar rumah. Sementara di Indonesia sendiri diberlakukan aturan physical distancing yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak dengan orang lain dan membatasi aktivitas di luar rumah. Belakangan beberapa kota besar juga sudah memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Aturan-aturan di atas secara langsung membawa dampak bagi keseluruhan lapisan masyarakat. Adanya larangan untuk berkumpulnya banyak orang membuat banyak perusahaan mengeluarkan keputusan pemberhentian kerja bagi para karyawannya. Belum lagi PSBB juga melarang para tukang ojek untuk mengangkut penumpang. Keharusan berada di dalam rumah membuat pasar-pasar dan pusat perbelanjaan sepi pengunjung. Bisa dipastikan semua orang merasakan dampak virus Corona yang membuat perekonomian semakin terpuruk, bahkan tidak sedikit yang kehilangan penghasilan.

Dalam keadaan seperti ini, yang bisa dilakukan adalah saling membantu. Banyak cara membantu sesama yang bisa dilakukan agar lebih banyak orang bisa keluar dari kesulitan. 6 langkah nyata ini bisa meringankan beban orang lain saat pandemi virus Corona ini.


Donasi

Photo by Lukas from Pexels

Virus Corona yang telah membuat banyak orang kesulitan juga menggugah hati para dermawan untuk melakukan donasi. Terbukti banyak sekali public figure yang membuka donasi untuk orang-orang yang terkena dampak virus Corona. Tak sedikit juga lembaga amal atau komunitas yang melakukan hal serupa. Donasi yang terkumpul kemudian diberikan pada orang-orang yang membutuhkan. Ada yang diberikan dalam bentuk bahan kebutuhan dan ada pula yang diberikan dalam bentuk uang tunai.

Selain donasi untuk masyarakat yang sedang dalam kesulitan, banyak juga yang menyumbangkan sebagian hartanya untuk para tenaga medis. Seperti yang diketahui bahwa para tenaga medis membutuhkan APD (Alat Pelindung Diri) untuk menangani pasien Corona. Sementara APD bagi tenaga medis hanya bisa untuk sekali pakai. Maka banyak pula yang membagikan APD gratis ke berbagai rumah sakit demi kelancaran tugas para tenaga medis.

Kita bisa turut melakukan donasi untuk membantu sesama selama pandemi Corona ini. Berapapun yang kita berikan akan memberi manfaat besar bagi orang lain. Pastikan ikut berdonasi pada lembaga atau komunitas yang terpercaya. Pastikan juga terdapat laporan mengenai perkembangan donasi tersebut dan semuanya bersifat transparan.


Berbagi Masker dan Hand Sanitizer

Photo by Gustavo Fring from Pexels
Selain donasi dalam bentuk uang, kita juga bisa membantu sesama selama pandemi Corona ini dengan membagikan hand sanitizer dan masker gratis. Hal ini juga yang telah dilakukan oleh banyak pihak. Memang dua benda tersebut menjadi sangat langka sejak virus Corona menyerang. Padahal keduanya sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Justru orang-orang tidak bertanggungjawab sengaja menimbun hand sanitizer dan masker untuk tujuan penjualan dengan harga yang sangat tinggi.

Beruntung masih banyak orang baik yang menyadari pentingnya keselamatan bersama. Mereka membagi-bagikan hand sanitizer dan masker secara gratis. Tak sedikit juga perusahaan yang memberikan dua benda itu kepada para pekerjanya. Kita pun juga bisa melakukannya. Meski nilainya tak seberapa, tetap saja itu akan membawa manfaat bagi penerima.


Berdiam Diri di Rumah

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Jika keadaan memungkinkan untuk bisa bertahan, pilihan untuk tetap di rumah saja merupakan keputusan terbaik saat ini. Menuruti kemauan untuk berada di luar rumah dengan tujuan yang tidak teramat penting hanya akan memperbesar risiko tertular virus Corona. Seperti yang sudah menjadi anjuran, berdiam diri atau melakukan semua aktivitas dari rumah merupakan langkah nyata untuk membantu sesama.

Terlebih jika sedang sakit, maka tidak ada pilihan yang lebih baik selain tinggal di rumah. Meskipun sakit yang dirasakan bukan gejala virus Corona, tetap saja keluar rumah bisa menghasilkan kemungkinan buruk. Berdiam di rumah sekarang menjadi langkah pencegahan yang sangat efektif, baik bagi diri sendiri, keluarga dan orang lain.


Jaga Jarak

Photo by cottonbro from Pexels
Himbauan untuk berdiam diri di rumah nyatanya bukan tanpa masalah. Masih banyak orang yang harus keluar rumah demi memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya. Contohnya, para tukang ojek atau pekerja serupa. Mereka bukan tidak mau untuk menuruti anjuran pemerintah, melainkan terpaksa keluar rumah untuk tetap bisa menyambung hidup. Jika demikian, maka yang bisa dilakukan adalah menjaga jarak.

Kalau benar-benar harus keluar rumah, pastikan menjaga jarak dengan orang lain antara 1-2 meter. Selain itu, jangan lupa gunakan masker. Sesampainya di rumah, segera bersihkan diri dan pakaian. Lengkapi dengan memakai hand sanitizer. Langkah-langkah sederhana ini bisa menjadi cara untuk membantu sesama serta menghindarkan diri sendiri dan orang lain dari serangan virus Corona.


Menjaga Kebersihan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Menjaga kebersihan memang sudah menjadi kewajiban sehari-hari. Khusus selama masa pandemi ini, kewajiban menjaga kebersihan perlu dilakukan dengan lebih sering dan disiplin. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal sangat penting untuk menjaga keluarga dari penularan virus. Membersihkan berbagai permukaan juga bisa menghilangkan virus yang menempel sebelum sempat berpindah ke orang lain.


Membantu Usaha Teman

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
Kesulitan ekonomi akibat virus Corona membuat banyak orang beralih profesi. Banyak yang kemudian mencoba bisnis lain dengan harapan bisa tetap berpenghasilan. Apabila memiliki teman yang demikian, tidak ada salahnya kita membantu usahanya dengan turut mempromosikannya. Terlebih jika memang orang tersebut berada dalam kesulitan yang nyata, misalnya memiliki anak-anak yang harus dibiayai. Maka merupakan langkah nyata yang sangat berguna jika kita bisa membantu usaha teman, minimal dengan membelinya tanpa menawar atau mengenalkan usahanya pada orang lain.

Semua orang tengah merasakan dampak dari virus Corona yang menyerang dunia selama beberapa bulan terakhir. Dampak itu membuat banyak orang berada dalam posisi sulit dan memprihatinkan. Sesulit apapun kita, tetap ada peluang untuk membantu sesama. Keenam cara di atas bisa dilakukan sesuai kemampuan masing-masing. Apabila tidak bisa melakukan hal besar seperti donasi atau berbagi, bantulah sesama minimal dengan menjaga kesehatan diri. Dengan saling membantu dan mendukung, maka kita semua akan tetap kuat untuk bisa melewati masa sulit ini.

Salam,

No comments:

Post a comment