23 Apr 2020

6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Mencegah Penularan Virus Corona

Photo by cottonbro from Pexels

Persebaran virus Corona semakin sulit dikendalikan. Setiap hari selalu ada pertambahan jumlah pasien positif di berbagai wilayah, termasuk Indonesia. Tercatat Indonesia memiliki 7.418 pasien positif Corona yang terhimpun dari seluruh provinsi. Angka tersebut masih bisa bertambah karena sampai saat ini belum ada cara efektif untuk menghentikan persebaran virus Corona. Bahkan obat penyembuh dan vaksin untuk virus ini belum ditemukan.

Tingginya jumlah kematian akibat virus Corona menghasilkan dampak negatif pada masyarakat berupa kepanikan dan ketakutan. Hal tersebut merupakan reaksi yang wajar di tengah pesatnya persebaran virus ini. Namun bukan berarti kita tidak bisa melakukan apapun sebagai upaya pencegahan. Bahkan dengan kebiasaan sederhana, kita bisa turut mencegah penularan virus Corona.

Baca juga:

Hindari Pegang Wajah

Virus Corona diketahui sebagai virus yang mudah menempel pada permukaan. Bagian tubuh manusia yang paling sering bersentuhan dengan banyak benda dan permukaan adalah tangan. Tangan itulah yang bisa menjadi sarang virus Corona dan membuatnya menular kepada orang lain. Karena itulah, hindari terlalu sering memegang wajah terutama mata, hidung dan mulut. Mata, hidung dan mulut bisa menjadi jalan bagi masuknya virus ke dalam tubuh.


Cuci Tangan

Jika masih sulit menghindari kebiasaan memegang wajah, maka biasakan diri untuk sering-sering mencuci tangan. Jangan hanya mencuci tangan dengan air, tapi gunakan pula sabun. Lakukan langkah mencuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO. Usap sabun pada tangan selama kurang lebih 20 detik lalu bilas di bawah air yang mengalir. Bahan aktif dalam sabun dianggap merupakan bahan yang paling efektif untuk meluruhkan virus yang menempel pada tangan.


Kurangi Aktivitas di Luar Rumah

Salah satu imbauan pemerintah yang sangat gencar digalakkan saat pandemi virus Corona ini adalah mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini disebabkan virus Corona yang sangat mudah menyebar dari satu orang ke orang yang lain bahkan dengan perantara barang yang disentuh. Juga dengan percikan air liur saat batuk dan bersih bisa membuat virus menular. Dengan mengurangi aktivitas di luar rumah atau yang berhubungan dengan banyak orang bisa mencegah penyebaran virus Corona.


Pakai Masker

Pada awal virus Corona ini mulai menyebar, masker hanya disarankan untuk dipakai orang yang sedang sakit. Selain masker juga wajib dipakai tenaga kesehatan yang bertugas merawat pasien virus Corona. Hal ini membuat persediaan masker di pasaran semakin langka, terutama jenis masker medis. Hingga muncul himbauan selanjutnya untuk wajib memakai masker bagi semua orang yang keluar rumah. Sementara untuk mengatasi kesulitan mendapatkan masker medis, orang-orang disarankan memakai masker kain.


Pakai Hand Sanitizer

Selain memakai masker sebagai bentuk perlindungan diri ketika di luar rumah, memakai hand sanitizer juga menjadi barang wajib. Kandungan alkohol dalam hand sanitizer merupakan bahan yang efektif untuk membunuh virus. Meski begitu, jangan terlalu mengandalkan hand sanitizer dengan mengesampingkan cuci tangan. Cuci tangan tetap menjadi cara yang paling baik dan hand sanitizer menyempurnakannya.


Tenangkan Diri

Virus Corona sangat berisiko terhadap beberapa kondisi, seperti orang yang berusia di atas 60 tahun atau orang dengan penyakit bawaan. Ternyata masih ada golongan orang-orang yang berisiko tinggi terkena virus Corona yaitu orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah. Kekebalan tubuh atau sistem imun seseorang akan menurun ketika merasakan kekhawatiran atau ketakutan yang berlebihan. Sementara sekarang begitu banyak orang yang khawatir dan takut akan virus Corona.

Perasaan takut dan khawatir yang berlebihan seharusnya bisa dikendalikan. Tentu agar sistem kekebalan tubuh tetap bagus. Cara ini bisa dilakukan dengan menghindari persebaran berita-berita buruk tentang virus Corona yang sekarang sudah sangat mudah diakses dari media elektronik maupun media sosial. Pandemi ini tidak hanya bisa dihadapi dengan kebiasaan sehat dan bersih melainkan juga harus dengan hati yang tenang dan tetap waspada.


Belum ada kepastian kapan virus Corona ini akan lenyap dari dunia. Masih ada kemungkinan pasien positif terus bertambah dan angka kematian semakin banyak. Maka selagi masih sehat, lakukan berbagai langkah pencegahan seperti tujuh kebiasaan sederhana di atas. Semoga apa yang kita lakukan membawa kebaikan bagi diri kita, keluarga dan orang lain.

Salam,

No comments:

Post a comment