27 Apr 2020

5 Tips Betah di Rumah Selama Social Distancing, Cocok untuk Ekstrovert

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kebijakan social distancing yang sudah diterapkan selama sebulan lebih ini memang menjadi waktu yang sangat berat. Semua orang harus menyesuaikan kembali aktivitasnya dan banyak perubahan yang harus disesuaikan. Tidak hanya untuk satu dua orang saja, kebijakan social distancing yang mengharuskan semua orang tinggal di rumah memberi efek pada semua orang dan semua kalangan.

Bagi orang yang sebelumnya sudah sering berada di dalam rumah, anjuran untuk tidak boleh beraktivitas di luar mungkin bukan masalah besar. Seperti halnya ibu rumah tangga atau orang-orang yang menekuni bisnis dari rumah. Orang-orang dari kalangan tersebut mungkin hanya butuh sedikit penyesuaian untuk kewajiban social distancing ini.

Di sisi lain, ada orang-orang yang begitu berat beradaptasi dengan kondisi yang sekarang ini. Mereka adalah orang-orang ekstrovert, yaitu mereka yang lebih senang beraktivitas dan menghabiskan waktu di luar rumah serta bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Intinya, orang ekstrovert tidak suka berdiam diri di dalam rumah, tidak suka menyendiri atau menyepi. Baginya, hal menyenangkan adalah ketika bisa aktif dan berkumpul.

Bagi orang yang ekstrovert, kebijakan social distancing pasti terasa sulit untuk dilalui. Padahal sampai saat ini tidak ada yang tahu kapan pandemi Corona ini akan berakhir dan kapan kebijakan social distancing ini akan selesai. Karena itu, orang ekstrovert perlu menerapkan tips-tips berikut ini agar tetap merasa senang meski harus berada di dalam rumah cukup lama.


Lakukan Hobi

Photo by cottonbro from Pexels

Sepertinya tidak ada orang yang tidak memiliki hobi atau kegemaran tertentu. Apapun itu jenisnya, pasti ada suatu hal yang begitu disukai hingga dilakukan berulang-ulang dan menimbulkan rasa senang serta puas setelah melakukannya. Hobi atau kegemaran bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan bagi ekstrovert selama berada di luar rumah.

Mungkin selama ini, seorang ekstrovert telah banyak melalui harinya dengan bekerja atau sibuk dengan aktivitas produktif lainnya. Maka sekarang adalah saat yang tepat untuk bisa melakukan hobi dengan leluasa dan sepuasnya. Melakukan hobi bisa mengusir rasa bosan dan menjadikan waktu yang dilalui jadi lebih berguna. Pastikan hobi yang dilakukan adalah sesuatu yang baik. Syukur-syukur kalau bisa menghasilkan uang dari hobi itu.


Buat Daftar Rutinitas

Photo by Kaboompics .com from Pexels

Seorang ekstrovert ketika harus tinggal di dalam rumah, kemungkinan besar ia akan kebingungan harus melakukan apa. Pasalnya, rumah bukan tempat yang sangat disukainya. Meski dalam setiap pekerjaan ia pasti akan kembali ke rumah, tapi selama ini rumah bagi seorang ekstrovert hanya sebatas tempat istirahat dan bukan tempat untuk aktivitas yang menyenangkan.

Membuat daftar rutinitas bisa dilakukan agar seorang ekstrovert tak lagi kebingungan harus melakukan apa. Daftar rutinitas ini bisa dibuat malam hari untuk diterapkan esok hari. Jadi masih banyak waktu untuk memikirkan jenis kegiatan apa yang menyenangkan. Ketika bangun tidur di pagi hari, seorang ekstrovert sudah punya gambaran aktivitasnya dan bisa jadi lebih bersemangat dalam mengawali hari.


Temukan Hal Baru

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Masa-masa social distancing merupakan waktu terbaik untuk bereksplorasi. Seorang ekstrovert yang terkenal aktif dan dinamis harus bisa memanfaatkan momen ini untuk menjadi lebih kreatif. Waktu selama di rumah saja bisa digunakan untuk menciptakan hal-hal baru. Bisa saja akan muncul hobi baru dari usaha ini.

Baca juga:

Seperti Ini Seharusnya Kita Jika Pandemi Corona Berakhir

Sekeliling rumah bisa menjadi objek untuk bereksplorasi. Selain itu, masih banyak hal lain yang bisa dikembangkan dan dipelajari selama masa social distancing ini. Ketika masa pandemi Corona ini sudah usai, seorang ekstrovert bisa memiliki banyak hal baru yang membuatnya semakin produktif. Bahkan bisa juga hal baru itu menjadi sumber penghasilan.


Jaga Komunikasi

Photo by Julia M Cameron from Pexels

Hal yang paling dirindukan oleh seorang ekstrovert ketika sudah terlalu lama diam di rumah bukan hanya aktivitasnya. Mereka juga pasti akan merindukan teman-teman, rekan kerja atau sahabat. Di rumah, seorang ekstrovert akan merasa sangat kesepian karena tidak bisa lagi berinteraksi dengan orang-orang.

Agar rasa bosan tidak terlalu berat dirasakan, seorang ekstrovert harus tetap menjaga komunikasi dengan teman atau sahabat. Sekarang sudah ada teknologi canggih yang memungkinkan untuk tetap berkomunikasi, baik melalui pesan tertulis, pesan suara sampai panggilan video. Bahkan sekarang sudah ada kemudahan untuk menggelar pertemuan secara virtual yang bisa mengumpulkan banyak orang dalam satu waktu. Semua itu bisa dimanfaatkan untuk mengusir kejenuhan.


Sadari dan Nikmati

Photo by cottonbro from Pexels

Pandemi Corona memang membuat banyak orang ekstrovert merasakan bosan dan jenuh. Apalagi waktu sebulan lebih ini pasti bisa membuat rasa itu semakin tidak bisa tertahan. Padahal semua orang masih diharuskan tinggal di rumah dalam waktu yang belum bisa ditentukan. Seharusnya hal ini menyadarkan kita bahwa kita tengah diberi waktu lebih untuk diri sendiri dan keluarga.

Selama ini banyak orang telah kehilangan waktu untuk dirinya sendiri karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Selama ini juga, orang-orang telah kehilangan banyak waktu untuk keluarga sebab terlalu fokus pada pekerjaan. Maka inilah waktunya kita kembali mencintai diri sendiri, menikmati waktu bersama keluarga tanpa batas dan lebih dekat dengan orang-orang yang disayangi.


Semua orang tentu berharap pandemi Corona ini cepat berlalu. Yakin saja bahwa ini hanya untuk sementara waktu. Maka agar waktu yang sementara ini bisa tetap dilalui dengan bahagia dan menyenangkan, beberapa tips betah di rumah tersebut bisa dilakukan. Bukan khusus untuk para ekstrovert, tips-tips di atas bisa diterapkan semua orang.

Salam,

1 comment:

  1. Kalau introvert lebih kalem ya mba dalam menghadapi situasi seprti ini walau juga bukan berarti mereka enjoy. Salam kenal mba

    ReplyDelete

Mohon Berikan Komentar dengan URL