29 Apr 2020

10 Aplikasi Berguna untuk Mendukung Work from Home

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Mewabahnya virus Corona telah membawa banyak perubahan pada kehidupan manusia. Termasuk soal kebiasaan bekerja yang harus berubah drastis. Langkah pencegahan penyebaran virus Corona membuat orang-orang tak lagi bisa bebas beraktivitas di luar rumah. Karena itulah lahir anjuran untuk WFH alias work from home.

WFH atau bekerja dari rumah harus dilakukan dengan beberapa penyesuaian. Selain harus bisa mengatur waktu dengan baik, bekerja dari rumah juga harus tetap dimaksimalkan. Sebab pekerjaan tetap ada dan menuntut untuk diselesaikan tepat waktu. Tidak ada alasan kesulitan hingga mengorbankan pekerjaan yang terabaikan.

Untuk mendukung kelancaran work from home, berbagai jenis teknologi canggih telah hadir. Salah satunya dengan adanya banyak aplikasi pendukung yang bisa digunakan selama bekerja dari rumah. Inilah beberapa rekomendasi aplikasi paling berguna untuk menunjang pekerjaan di rumah demi selesainya tugas.


Zoom

Aplikasi ini merupakan aplikasi video yang bisa dimanfaatkan untuk menggelar rapat virtual. Zoom bisa memfasilitasi banyak orang sekaligus dalam forum online. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan sekaligus oleh 1000 partisipan yang bergabung dalam diskusi jarak jauh. Zoom merupakan aplikasi meeting online yang paling banyak digunakan selama masa WFH ini.


Slack

Slack dikenal sebagai aplikasi pesan khusus untuk perusahaan. Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam berbagi file dan mengarsipkan dokumen apapun. Slack bisa menciptakan ruang percakapan sesuai tim tertentu. Dengan kemampuan terintegrasi pada layanan lain seperti Dropbox dan Google Drive, aplikasi Slack ini bisa menjadi andalan untuk kelancaran bekerja dari rumah.


Skype for Business

Aplikasi Skype memang sudah cukup dikenal bahkan jauh sebelum datangnya pandemi Corona. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara, panggilan berkelompk sampai berbagi pesan dan dokumen. Di aplikasi ini, pengguna bisa mengelola akun pengguna lain dalam satu kelompok bahkan mengintegrasikannya ke data perusahaan.


Whatsapp

Siapa yang tidak mengenal aplikasi percakapan yang satu ini? Hampir semua pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini sebagai andalan untuk melakukan percakapan. Whatsapp bisa sangat berguna selama bekerja dari rumah, sebagai aplikasi untuk berkoordinasi dengan fitur grup yang disediakan. Whatsapp juga bisa melakukan panggilan video dengan beberapa orang sekaligus.


Google Hangouts Meet

Google Hangouts Meet berbeda dengan aplikasi Hangouts pada umumnya. Aplikasi ini memiliki fitur panggilan video hingga 250 orang yang sangat cocok sebagai media untuk menggelar sesi virtual meeting. Layanan live streaming pada aplikasi ini bisa ditonton oleh lebih dari 100 ribu orang. Kabar baiknya, Google akan menggratiskan penggunaan layanan ini sampai 1 Juli mendatang.


Workplace by Facebook

Workplace merupakan bagian dari Facebook yang berfungsi sebagai layanan pesan dan media sosial khusus untuk kalangan profesional. Aplikasi ini bisa digunakan secara internal di perusahaan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengirim file dalam kapasitas besar, melakukan video call, serta mengirim dan menerima pesan tertulis.


Trello

Trello merupakan aplikasi yang tepat untuk mendukung proyek kerjasama dari rumah. Aplikasi ini bisa dipakai untuk menyusu rencana hingga menyelesaikannya secara bersama dengan rekan kerja. Sejumlah fitur dalam aplikasi ini sangat mendukung work from home, seperti fitur Board, Card dan List.


Google Drive

Google Drive sudah lama dikenal dan dimanfaatkan untuk penyimpanan dokumen melalui internet. Kelebihan aplikasi ini adalah keamanan dokumen yang tersimpan. Asal pengguna tetap mengingat kata kuncinya, maka dokumen yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang. Pengguna juga bisa membagikan dokumen tersimpan kepada pengguna lain.


Discord

Discord semula dikenal sebagai aplikasi pesan di kalangan gamers. Namun kini, aplikasi ini bisa juga dimanfaatkan oleh kalangan pekerja dan profesional untuk mendukung WFH. Aplikasi ini bisa menciptakan saluran khusus yang bisa digunakan masing-masing tim sesuai job desc-nya. Terdapat juga fitur pesan suara, panggilan video dan lintas platform di dalamnya.


Microsoft Teams

Aplikasi milik Microsoft ini bisa membantu tim dan perusahaan untuk menyukseskan anjuran WFH selama masa pandemi Corona ini. Terintegrasi penuh dengan Office 365, aplikasi ini bisa melakukan konferensi video serta panggilan suaran. Microsoft Teams juga bisa untuk mengedit dokumen dalam bentuk Word, Power Point dan lainnya.


Keharusan untuk WFH alias work from home bukan alasan untuk menunda tugas dari perusahaan. Sekarang telah hadir banyak aplikasi canggih yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Semua urusan pekerjaan bisa ditangani dengan mudah dan bisa selesai tepat waktu dengan bantuan aplikasi-aplikasi tersebut.

Salam,

No comments:

Post a comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL