7 Dec 2019

Makin Dipercaya Pelanggan dengan Layanan Pelayanan Retur, Asuransi Pengiriman dan Merchant Care di Blibli.com



Tren belanja online semakin hari semakin meluas. Peminatnya tak hanya para ibu muda seperti ketika tren ini pertama kali muncul. Belanja online juga kerap dilakukan pria, mahasiswa bahkan anak sekolah. Bukan hal baru lagi kalau di hampir semua smartphone terdapat aplikasi belanja online.

Meski tren belanja online saat ini sangat berkembang, nyatanya tidak semua orang suka dengan kebiasaan ini. Beberapa dari mereka yang tidak suka berbelanja online beralasan takut penipuan. Memang, jual beli secara online sangat rentan terhadap penipuan. Kasus inipun tidak hanya sekali dua kali terjadi, tapi sudah sangat sering.

Ketakutan banyak orang akan penipuan ketika membeli barang secara online secara tak langsung memberikan dampak kepada banyak penjual online. Penjual yang sebenarnya jujur tak jarang ikut-ikutan mendapat cap sebagai penipu. Karena itulah banyak penjual berusaha keras mengedukasi calon pelanggan agar menaruh kepercayaan.

Teknologi membawa banyak kemudahan dalam hidup manusia. Pembaruan juga terus dilakukan untuk perkembangan zaman. Ketika banyak orang masih ragu untuk membeli barang secara online karena takut tertipu, muncullah tren market place atau e-commerce. Keduanya menjadi tempat jual beli online yang terpercaya.

Blibli.com sebagai salah satu market place ternama di Indonesia hadir menjawab tantangan tersebut. Blibli menjadi tempat terpercaya untuk menemukan semua barang kebutuhan dan membelinya secara online. Jutaan pengguna situs maupun aplikasi Blibli telah membuktikan bahwa tren belanja online kini semakin mudah dan anti khawatir.

Kepercayaan pelanggan memang menjadi fokus utama bagi semua penjual online. Kepercayaan pelanggan secara langsung berdampak pada tingkat pembelian secara terus menerus. Pembeli yang sudah menaruh kepercayaan pada penjual online bisa dipastikan akan terus melakukan pemesanan untuk setiap kebutuhannya. Blibli.com memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan menyediakan semua barang kebutuhan yang berkualitas dan jaminan kepercayaan.

Penjual online yang menjual barangnya di Blibli.com jadi tidak perlu susah payah membangun kepercayaan pelanggan dengan cara yang lama. Blibli telah melengkapi situs dan aplikasinya dengan banyak fitur yang berdampak besar terhadap semua penjual online. Inilah layanan Blibli.com yang menjadikan para penjual online semakin dipercaya pelangggan.

Pelayanan Retur


Dalam jual beli online, mungkin saja terjadi barang yang diterima tidak sesuai pesanan. Tidak banyak penjual online yang mau memberikan pelayanan retur. Namun di Blibli.com, semua penjual dapat menawarkan layanan ini agar pelanggan tenang dan nyaman berbelanja.

Blibli.com memberikan pelayanan retur dengan periode pengembalian produk yaitu 15 hari, dihitung dari produk diterima hingga tanggal kirim. Pelanggan dapat memanfaatkan menu Pengembalian, lalu pilih “Ajukan Pengembalian Produk”, kemudian pilih produk yang ingin kamu kembalikan pada tab "Pesanan Selesai", pilih “Pengembalian Produk” dan lengkapi form pengembalian produk.

Pembeli harus mengemas dan dan mengirim produk yang ingin dikembalikan ke warehouse retur Blibli.com. Pastikan produk terbungkus rapi lengkap dengan pelindung dan diberi label pengiriman sesuai dengan informasi alamat warehouse return yang muncul saat kamu selesai mengisi form pengembalian. Saat ini Blibli.com memiliki 4 warehouse return yang berada di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar.

Pembeli akan mendapatkan solusi atas pengembalian produk dalam satu hari setelah produk diterima.

Asuransi Pengiriman


Pelanggan juga pasti akan semakin menaruh kepercayaan pada penjual yang bisa memberikan jaminan atas barang yang dibeli. Apalagi dalam jual beli online juga terlibat pihak ketiga yang disebut jasa ekspedisi. Jasa ekspedisi atau tenaga pengirim ini yang terdiri dari tenaga manusia ini juga tetap memiliki risiko kesalahan dan kekurangan. Kasus barang yang dibeli secara online tidak sampai ke tangan pembeli atau kondisi barang rusak begitu sampa di pembeli sudah bukan hal baru lagi di dunia jual beli online.

Blibli.com sebagai tempat beli barang secara online memahami kekhawatiran tersebut. Maka dibuatlah layanan asuransi pengiriman. Dengan layanan ini, Blibli.com memastikan pengiriman produk  terjamin akan sampai ke tangan pembeli dalam estimasi waktu pengiriman sesuai standar.

Layanan Merchant Care


Kepercayaan pelanggan dibangun atas dasar kesediaan penjual untuk terus hadir dalam setiap kesempatan. Semua kendala pengiriman, komplain barang atau permasalahan apa saja yang menyangkut jual beli online bisa didiskusikan dengan penjual. Itulah yang paling diharapkan oleh pembeli. Dengan kata lain, pembeli mengharapkan penjual fast response tidak hanya saat melayani pesanan, tapi juga sampai pada pesanan itu diterima sesuai keinginan.

Blibli.com sangat memperhatikan kebutuhan pembeli tersebut hingga hadirlah layanan merchant care yang bisa diandalkan setiap saat. Pembeli dapat menghubungi layanan tersebut selama 24 jam dan dipastikan akan mendapatkan jawaban atas permasalahannya secara cepat dan responsif.

Hal penting dalam berjualan online bukan hanya sekadar laris dan omzet banyak. Kepercayaan pelanggan juga menjadi hal terpenting yang akan menentukan hasil penjualan berikutnya. Pelanggan yang percaya akan terus melakukan repurchase alias pembelian kembali secara berkala. Mereka juga tidak akan ragu memberi rekomendasi pada orang terdekat. Sebaliknya, pembeli tidak akan mengulang pemesanan kembali jika penjual tidak menunjukkan tanda-tanda terpercaya. Di Blibli.com, penjual bisa mendapatkan kepercayaan pembeli dengan mudah.

Salam,

No comments:

Post a comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL