3 Jun 2019

Doa dan Harapan di Penghujung Ramadan 2019


Hari ini sudah hari ke-29 bulan Ramadan. Artinya hanya dalam hitungan jam, Ramadan akan berakhir dan segera kita akan temui bulan Syawal, hari raya Idul Fitri, insyaallah. Ramadan enggak hanya meninggalkan kenangan tentang rutinitas ibadah dan aktivitas lainnya yang tentu berbeda dari bulan lainnya. Ramadan pergi juga dengan meninggalkan doa dan harapan.

Apalagi bulan Ramadan adalah bulan di mana semua doa begitu mudah dikabulkan. Allah memberikan keutamaan berupa lebih banyak waktu mustajab untuk berdoa. Karena itulah, di penghujung Ramadan ini harusnya enggak menjadi waktu yang sia-sia dan lebih diisi dengan banyak doa dan harapan untuk semua kebaikan.

Semoga Bertemu Ramadan Selanjutnya

Siapapun itu, pasti ingin selalu bertemu dengan Ramadan. Doa ini juga menjadi doa yang selalu dipanjatkan dan menjadi harapan semua orang. Ingin bertemu dengan Ramadan selanjutnya, itu artinya kita berdoa dan memiliki harapan semoga usia kita dipanjangkan oleh Allah. Dan semoga Allah masih bermurah hati memberikan kesempatan itu untuk kita. Apalagi kalau bukan untuk kembali mendapat keutamaan Ramadan yang merupakan bonus dari Allah di antara 11 bulan lainnya.

Bukan hanya untuk diri sendiri, doa dan harapan untuk bertemu Ramadan selanjutnya juga pasti kita panjatkan untuk keluarga, saudara dan semua orang yang kita kasihi. Akan kurang kebahagiaan kita tentunya, jika kita sendiri masih menemui Ramadan sementara tanpa kehadiran mereka yang kita cintai. Jadi, doa dan harapanku di penghujung Ramadan ini semoga Allah memberikan kesempatan lagi untuk menemui Ramadan selanjutnya dengan semua keluarga lengkap dan sehat wal afiat. Aamiin.

Semoga Tetap Isiqomah di Bulan Berikutnya

Doa dan harapan ingin bertemu Ramadan berikutnya, bukan berniat hanya untuk rajin beribadah di bulan istimewa itu saja. Keberkahan Ramadan dapat diraih jika di bulan setelah Ramadan, rutinitas ibadah enggak berkurang, malah justru bertambah dan semakin istiqomah. Itulah yang sering terlupakan untuk kita panjatkan dalam doa di bulan yang mustajab ini.

Maka dari itu, semoga kita enggak terlupa untuk menyelipkan doa ini di antara doa dan harapan kita di penghujung Ramadan ini. Semoga Allah tetapkan hati kita selalu istiqomah dalam beribadah dan kalau bisa bertambah semangat dan intensitas ibadahnya. Sehingga kita akan mendapati diri kita menjadi umat Allah yang lebih baik, bukan hanya sekedar rajin saat bulan Ramadan saja.


Semoga Allah Ampuni Dosa Kita

Satu hal yang paling penting adalah pengampunan dari Allah. Kita tentu menjadi manusia dengan segala keterbatasan yang membuat kita mungkin telah banyak melakukan dosa dan kesalahan. Maka di penghujung Ramadan ini, doa dan harapan untuk pengampunan dari Allah juga sudah harus kita selipkan dalam daftar doa. Enggak ada gunanya Allah berikan kita kemudahan dalam hal rezeki jika nyatanya ada dosa kita yang belum diampuni. Pun enggak ada gunanya kita telah melewati serangkaian ibadah selama satu bulan, jika saat Ramadan selesai kita masih menanggung dosa yang belum termaafkan.


Semoga Allah Karuniakan Kedamaian untuk Negeri Ini

Setiap waktu di bulan Ramadan ini menjadi waktu paling baik untuk berdoa. Maka jangan sia-siakan kesempatan ini buat enggak turut mendoakan negeri kita tercinta, Indonesia. Belakangan sudah banyak kejadian menimpa negeri ini dan menyisakan kesedihan mendalam serta kekecewaan. Indonesia hampir saja terpecah dengan banyaknya isu yang saling menyudutkan, saling menyerang bahkan saling menjatuhkan. Di bulan yang penuh berkah ini, Allah pasti dengarkan doa kita yang meminta kedamaian untuk negeri tercinta ini. Semoga Allah hindarkan Indonesia tercinta kita dari perpecahan. Aamiin.


Itulah sederet doa dan harapan di penghujung Ramadan 2019 ini. Mari kita maksimalkan sisa waktu Ramadan untuk memanjatkan sebanyak-banyaknya dan sebaik-baiknya doa buka hanya untuk kita, untuk keluarga, untuk orang-orang yang kita sayangi dan juga untuk negara tercinta kita, Indonesia.

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL