17 May 2019

Jangan Khawatir, Jalan-jalan Saat Puasa Bisa Tetap Asyik dengan 5 Tips Simpel Ini


Saat puasa memang seringnya mager alias malas gerak. Maunya bermalas-malasan, tiduran dan bersantai. Alasannya karena lagi enggak bisa makan, jadi tenaga seolah kurang dan harus dihemat. Jalan-jalan? Duh, mending di rumah saja deh. Begitu mungkin jawabannya kalau ada yang menawarkan diri buat mengajak jalan-jalan. Padahal kamu tetap bisa lho jalan-jalan saat puasa. Bahkan bisa lebih menyenangkan.

Jalan-jalan itu memang selalu menyenangkan ya. Bisa melihat banyak hal di luar sana bisa bikin pikiran lebih segar. Bahkan jalan-jalan bisa jadi cara bagi sebagian orang buat menemukan ide baru yang cemerlang. Tapi saat bulan Ramadan bukan berarti aktivitas menyenangkan ini harus terhenti. Kamu tetap bisa melakukannya dengan memperhatikan tips-tips berikut ini.

Pilih Tujuan yang Tepat

sumber foto: pexels
Tips pertama ini sangat penting untuk diperhatikan. Kamu bisa merencanakan untuk jalan-jalan saat puasa jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Tapi kamu juga harus merencanakan tempat yang tepat untuk menjadi tujuan. Sebisa mungkin, pilih tempat yang mayoritas penduduknya juga muslim. Paling tidak, kamu enggak akan kebingungan saat mencari makanan berbuka atau mencari tempat ibadah. Kamu malah bisa mendapatkan pengalaman lebih dari tradisi puasa di tempat tersebut.

Oh iya, kamu juga harus mencari tahu waktu sahur dan berbuka di tempat tujuan tersebut. Karena tentu semua tempat memiliki perbedaan waktu. Terlebih jika yang menjadi tujuanmu adalah negara lain. Ini berguna agar kamu bisa mempersiapkan fisik jika seandainya waktu puasa di tempat tersebut lebih lama.

Jangan Lewatkan Sahur

sumber foto: pexels
Saat puasa, tubuh kita tidak menerima asupan makanan selama lebih dari 12 jam. Waktu kita untuk menambah energi pada tubuh kita yaitu dengan makan hanya pada saat berbuka puasa dan sahur. Kalau berbuka puasa sih pasti masih semangat makan ya. Tapi waktu sahur kadang terasa begitu berat karena harus bangun lebih awal untuk makan. Padahal waktu sahur adalah waktu paling dekat dengan waktu mulainya puasa.


Saat sahur inilah yang enggak boleh terlewatkan. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks saat sahur agar bisa dicerna lebih lama saat puasa. Misalnya saja beras merah atau roti gandum. Makanan tersebut enggak cuma bisa mengenyangkan lebih lama tapi juga menyehatkan. Cukupi juga kebutuhan cairan dengan tidak kurang minum air putih. Selain karena pada waktu sahur terdapat keberkahan, kamu akan mendapat energi yang cukup untuk melakukan aktivitas jalan-jalan saat puasa.

Bawa Barang Secukupnya

sumber foto: pexels
Enggak mau kan momen jalan-jalan justru menyisakan rasa lelah yang berlebihan? Apalagi saat harus berpuasa. Maka bawalah barang kebutuhan secukupnya. Pilih benda-benda berukuran kecil jika memungkinkan seperti pasta gigi atau sabun berukuran kecil. Menggunakan tas punggung juga lebih disarankan agar tubuh seimbang saat menyangga beban. Jika bepergian jauh, kamu bisa menggunakan koper agar bisa didorong. Tapi tetap ingat, jangan membawa terlalu banyak barang agar tas atau kopermu tidak memberatkan.

Manfaatkan Waktu untuk Istirahat

sumber foto: pexels
Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk beristirahat. Misalnya saja kamu melakukan perjalanan dengan pesawat atau mobil. Kamu bisa tidur saat sedang di dalam kendaraan. Luangkan waktu juga untuk berisitirahat di siang hari minimal satu jam agar badan enggak terlalu lelah dan kamu bisa kembali segar dan siap melanjutkan jalan-jalan saat puasa.

Selain itu, saat siang hari kamu dianjurkan buat enggak terlalu banyak melakukan aktivitas fisik. Apalagi harus berlama-lama di bawah terik matahari. Karena kamu bisa lebih cepat dehirasi dan mengalami kelelahan.

Bawa Makanan Praktis

sumber foto: pexels
Jalan-jalan saat puasa memungkinkan kamu bertemu dengan waktu berbuka puasa di mana saja. Kamu perlu siapkan makanan praktis di bawa tas jika itu terjadi dan kamu belum sempat mendapatkan makanan. Cadangan makanan di dalam tas bisa menjadi menu pembuka sambil kamu mencari makanan lain untuk buka puasa. Enggak perlu yang berat, kamu bisa membawa potongan buah atau beberapa lembar roti dalam kotak makan dan sebotol air putih,

Itulah beberapa tips penting buat kamu yang ingin jalan-jalan saat puasa. Aktivitas jalan-jalan akan tetap membawa pengalaman yang menyenangkan tanpa harus menganggu kekhusyukan ibadah puasa.

Semoga bermanfaat :)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL