13 May 2019

Enggak Pakai Ribet, Inilah Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan-bahan Alami



Jerawat memang menjadi masalah kulit yang paling menganggu. Selain rasa sakit yang biasa ditimbulkan, jerawat juga bisa menurunkan rasa percaya diri dalam berpenampilan. Kemunculan jerawat menjadi satu hal yang menjengkelkan dan bisa bikin serba salah. Karena ketidaknyamanan itulah, siapapun pasti akan melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat. Agar kulit wajah kembali mulus dan bebas jerawat.

Jerawat muncul saat folikel rambut yang ada di wajah tersumbat. Sumbatan ini bisa karena kotoran, debu, polusi atau minyak yang dihasilkan kulit wajah itu sendiri. Sumbatan itu kemudian menimbulkan infeksi dan peradangan yang disebut dengan jerawat. Ini merupakan faktor penyebab jerawat secara internal yaitu dari kulit itu sendiri.

Jerawat juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pada bagian tubuh lain. Misalnya saja stres atau perubahan hormon. Jerawat juga bisa karena faktor eksternal lain yaitu pengaruh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Karena banyaknya faktor penyebab jerawat ini, jerawat juga bisa muncul dalam berbagai jenis.

Blackhead dan Whitehead

Blackhead atau whitehead biasanya dikenal dengan istilah komedo. Komedo merupakan bentuk jerawat yang paling dasar. Komedo muncul saat sel kulit mati dan minyak berkumpul dan menyumbat pori-pori. Komedo yang berada di bawah lapisan kulit dan hanya bagian kepala yang muncul di permukaan kulit disebut whitehead. Sedangkan jika komedo muncul ke permukaan kulit, bereaksi dengan udara hingga kepala komedo berwarna hitam inilah yang disebut blackhead.

Papula

Papula bisa disebabkan karena komedo yang meradang hingga menimbulkan benjolan lebih besar. Papula biasanya berbentuk benjolan berwarna merah yang jika dipaksa dicongkel akan memunculkan bekas setelah luka mengering.

Pustula

Pustula juga merupakan komedo yang meradang. Pustula biasanya lebih besar dengan dasar memerah dan kepala yang berwarna putih. Pustula menyimpan nanah di dalamnya sehingga juga akan memunculkan bekas jerawat saat sudah sembuh.

Nodul

Nodul juga berasal dari komedo yang meradang dan merupakan jerawat dengan tingkat yang lebih parah. Jerawat jenis ini akan terasa sakit saat disentuh. Jika sudah mereda akan meninggalkan bekas noda hitam pada wajah.

Jerawat Batu

Jerawat batu berukuran lebih besar dari nodul, terbentuk di bawah lapisan kulit dan dipenuhi oleh nanah atau cairan bening. Jerawat ini lunak tapi menimbulkan rasa sakit dan akan meninggalkan bekas gelap pada kulit wajah.

Jangan terburu-buru panik saat ada jerawat muncul di wajah. Bahan-bahan alami di sekitar kita ternyata juga bisa menjadi obat untuk meredakan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami ini lebih aman daripada harus memakai bahan-bahan kimia.

Bawang Putih

sumber foto: pexels
Bawang putih sudah terkenal sebagai bahan alami yang ampuh meredakan jerawat. Bawang putih mengandung zat sulfur yang bekerja dengan mengeringkan jerawat lebih cepat. Kandungan antiseptiknya yang tinggi akan membantu mengurangi peradangan. Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih cukup mudah yaitu dengan mengoleskan potongan bawang putih pada bagian yang berjerawat secara teratur.

Lemon

sumber foto: pexels
Lemon juga sangat bagus untuk meredakan jerawat karena kandungan asam askorbat-L. Bukan hanya mengempeskan jerawat dengan lebih cepat, lemon juga ternyata bisa mengurangi noda hitam yang ditimbulkan jerawat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah yang berjerawat lalu didiamkan beberapa saat.

Madu

sumber foto: pexels
Bahan alami selanjutnya adalah madu. Madu mengandung antibakteri yang akan bekerja dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Jerawat menjadi lebih cepat sembuh. Madu menjadi ramuan ampuh pereda jerawat jika dicampurkan dengan air perasan lemon. Gunakan sebagai masker secara teratur dan jerawat membandel akan cepat sembuh.

Lidah Buaya

sumber foto: pixabay
Cara menghilangkan jerawat dengan mudah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Tanaman berlendir ini mengandung polifenol yaitu zat aktif yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat dan mencegah terjadinya peradangan. Haluskan bagian daging lidah buaya sampai membentuk gel lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah. Membilasnya dengan air hangat juga sangat disarankan.

Putih Telur

sumber foto: pixabay
Memakai masker putih telur bisa menjadi cara menghilangkan jerawat yang mudah dilakukan. Enzim lysonzim pada putih telur terbukti mampu menghancurkan sel bakteri yang menyebabkan jerawat semakin meradang. Kocok putih telur terlebih dahulu hingga mengembang. Tambahkan perasan jeruk nipis jika ingin menghilangkan bau amisnya. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Mentimun

sumber foto: pixabay
Mentimun mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah timbulnya jerawat akibat polusi. Mentimun juga kaya akan kandungan air yang mampu menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembab. Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan mengoleskan potongan mentimun pada bagian wajah yang berjerawat.

Itulah sederet bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan jerawat. Cara menghilangkan jerawat enggak perlu menggunakan obat jerawat mahal yang didominasi bahan kimia berbahaya. Manfaatkan bahan alami di sekitar kita untuk kulit yang lebih sehat bebas jerawat. Semoga bermanfaat :)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL