15 May 2019

Bau Mulut Saat Puasa Bikin Enggak Nyaman? Yuk, Cari Tahu Cara Mencegahnya


Bau mulut saat puasa memang lazim terjadi. Ini juga yang menyebabkan rasa kurang nyaman ketika harus berkomunikasi dengan orang lain. Alhasil, saat bicara jadi sebisa mungkin enggak terlalu lebar saat membuka mulut. Duh, enggak nyaman banget.

Bau mulut memang sering terjadi bahkan ketika sedang tidak berpuasa. Namun saat berpuasa, bau mulut sepertinya menjadi lebih berasa dan bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri. Ternyata memang ada hubungan antara puasa dan munculnya bau mulut.

Penyebab bau mulut saat puasa yang paling umum adalah karena keadaan rongga mulut. Salah satunya, kurang bersihnya saat menyikat gigi. Sisa makanan yang terselip di gigi bisa membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. Belum lagi saat puasa memang tidak ada asupan makanan lain, sehingga mulut hanya akan mengeluarkan bau sisa makanan di dalam mulut.

Saat berpuasa, tubuh mengalami kekurangan cairan. Sehingga secara otomatis cairan tubuh akan dibagi secara merata ke seluruh tubuh. Pembagian ini menyebabkan salvia atau cairan dalam mulut yang sering disebut air liur menjadi berkurang. Padahal  salvia ini berguna untuk melembabkan mulut dan membunuh bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Bau mulut saat puasa juga sangat erat hubungannya dengan sistem pencernaan. Menurut penelitian, cairan yang biasanya berfungsi untuk mencerna makanan akan tetap keluar meskipun tidak ada asupan makanan selama puasa. Hal ini mempengaruhi lapisan perut sehinga mengakibatkan munculnya bau busuk. Bukan cuma itu saja ternyata. Cadangan lemak dalam tubuh juga melepaskan bahan kimia keton yang didorong keluar bersamaan dengan keluarnya nafas, sehingga menambah aroma bau mulut.

Penyebab lain yang bisa memicu bau mulut saat puasa adalah indikasi gangguan kesehatan atau penyakit lain. Misalnya saja Sinusitis, yaitu peradangan pada dinding sinus yang disebabkan oleh infeksi virus flu. Atau bisa juga karena dehidrasi yang membuat rongga mulut menjadi lebih kering dari biasanya.

Penyebab bau mulut saat berpuasa sudah kita ketahui. Sekarang beralih ke cara mengatasinya. Check this out!

Minum Air Putih yang Cukup

sumber gambar: pexels
Air putih menjadi asupan yang tidak boleh terlewatkan bahkan kurang saat berpuasa. Air putih akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat seharian sama sekali tidak bisa makan dan minum. Minum air putih yang cukup saat berbuka dan sahur akan menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Air putih yang cukup juga membantu mempertahankan produksi air liur dan mencegah mulut kering yang membuatnya mengeluarkan bau tak sedap.

Gosok Gigi dengan Benar

sumber gambar: pexels
Cara paling benar untuk mencegah bau mulut saat puasa adalah dengan rutin menggosok gigi. Pastikan sudah menggosok gigi dengan benar dan tak ada sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.  Selain itu, disarankan untuk membersihkan lidah karena lidah juga bisa menjadi tempat untuk menempelnya sisa makanan.

Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

sumber gambar: pexels
Bau mulut saat puasa bisa juga disebabkan karena jenis makanan yang dikonsumsi. Karena itu, penting untuk menghindari makanan yang berbau seperti durian, jengkol atau pete agar bau mulut tidak semakin parah. Hindari juga makanan yang gampang lengket di gigi seperti cokelat.

Jangan Terlalu Banyak Tidur

sumber gambar: pexels
Tahukah kamu kalau tidur itu akan membuat bibir dan mulut kering lebih cepat. Maka dari itu, hindari terlalu banyak tidur saat berpuasa terlebih tidur sepanjang hari. Karena saat bangun tidur, bau mulut bisa jadi akan semakin busuk.

Konsumsi Teh Hijau

sumber gambar: pixabay
Teh hijau mengandung zat polyphenol yang bisa membantu membersihkan area saluran pernapasan. Bakteri di saluran tersebut paling berpengaruh besar menimbulkan bau mulut. Tentu saja konsumsi teh hijau yang tanpa gula ya.

Pilih Obat Kumur yang Tepat

sumber gambar: majalah-holiday.com
Selain menggosok gigi sebelum tidur dan setelah sahur, berkumur dengan obat kumur atau mouthwash bisa menjadi cara untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Gunakan obat kumur non alkohol. Kumur dengan mouthwash akan membersihkan bakteri yang mungkin tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi.

Olahraga

sumber foto: pexels

Meksipun puasa, jangan lewatkan olahraga. Pilih olahraga ringan dan lakukan saat menjelang berbuka puasa. Olahraga akan mengeluarkan racun dari bakteri penyebab bau mulut dari dalam tubuh melalui keringat.

Demikianlah tips mencegah bau mulut saat puasa. Meski bau mulut tidak akan benar-benar hilang, usaha di atas paling tidak bisa menguranginya. Semoga bermanfaat ;)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL