11 May 2019

Banyak Promo Belanja Online Selama Ramadan, Begini Tipsnya Biar Enggak Kalap


Di bulan spesial, apapun yang terjadi di dalamnya juga spesial. Pahala ibadah yang spesial berlipat ganda daripada hari biasa. Jam kerja juga jadi spesial lebih berkurang dari hari biasanya. Rezeki orang jualan juga alhamdulillah spesial jadi lebih laris dari hari biasa. Enggak ketinggalan, kegiatan belanja juga jadi lebih spesial karena ada banyak promo, terutama promo belanja online. Asyik enggak tuh?

Memang, di era digital ini kegiatan berbelanja sudah mengalami banyak perubahan. Dari yang dulunya cuma ada pasar, sekarang ada banyak supermarket bagus, bersih, terang dan wangi bikin yang belanja jadi betah. Kalau dulu belanja harus pergi ke toko, ketemu sama penjual. Sekarang tinggal main smartphone saja, barang idaman bisa sampai di tangan. Yups, kegiatan belanja online ini lah yang sekarang menjadi tren di tengah masyarakat modern.

Kalau mau buka media sosial nih, ibaratnya apa saja tersedia. Mulai dari baju, makanan, sepatu, bahkan perabot rumah tangga dijual secara online. Belum lagi adanya market place, yaitu pasar elektronik yang juga menjadi tempat bagi pembeli menemukan barang apa saja. Tinggal pilih mau market place yang mana, tinggal unduh aplikasinya, daftar lalu belanja. As simple as that. Asal di rekening ada saldonya hihihi

Kembali membahas soal yang spesial di bulan spesial. Salah satunya adalah banyaknya promo belanja online selama Ramadan yang ditawarkan di hampir semua market place. Mulai dari diskon besar sampai gratis ongkos kirim. Semuanya bikin enggak tahan buat enggak check out. Ya gimana dong, belanjanya banyak potongan harga, ongkos kirimnya gratis, terus enggak perlu capek keliling pusat perbelanjaan. Di rumah doang sambil masak, barang datang. Siapa coba yang bisa menghalau penawaran baik itu?

Sikaattt....

Eits, tapi harap hati-hati. Jangan sampai silau dengan banyaknya promo belanja online terus sampai enggak sadar ternyata saldo di rekening minta maaf, "maaf saldo Anda tidak mencukupi untuk melakukan transaksi ini" hehehe

Jangan sampai ya! Lalu bagaimana biar enggak kebablasan belanjanya? Biar saldo enggak sampai minta maaf. Tapi tetap bisa belanja barang idaman. Tetep ih emak-emak enggak mau ketinggalan promo. Tips-tips berikut ini bisa banget kamu terapkan. Check this out!

Pahami Kebutuhan, Bukan Keinginan

sumber foto: pexels

Melihat barang-barang lucu, sudah wajar kalau tiba-tiba terbesit ada rasa ingin memiliki. Enggak peduli itu baju, tas terbaru, aksesoris, bahkan panci sekalipun. Enggak peduli juga kalau belum lama beli barang serupa. Itu wajar dan manusiawi.

Tapi cobalah berhenti sejenak untuk berpikir. Apakah itu hanya sekedar keinginan atau itu benar-benar kebutuhan yang memang harus dibeli. Lihatlah kemungkinan jika kita enggak perlu membelinya, apakah akan ada hal buruk yang terjadi? Misal nih, ada gamis cantik lagi diskon. Inginnya sih beli buat acara kondangan bulan depan. Tapi lihat isi lemari nyatanya masih ada gamis yang lumayan masih bagus dan belum sering dipakai. Hmm, enggak jadi beli deh. Ini cuma keinginan.

Promo belanja online biasanya sudah diumumkan jauh-jauh hari. Jadi kamu masih punya waktu untuk menulis daftar barang yang bisa kamu beli saat momen tersebut. Ingat, barang yang benar-benar dibutuhkan, ya.

Bandingkan

sumber foto: pexels

Penting juga untuk melihat perbandingan sebelum memborong barang di promo belanja online. Bandingkan apakah harga promo yang ditawarkan lebih rendah atau malah lebih mahal daripada beli di supermarket terdekat. Bandingkan juga ongkir yang harus dibayar. Dan jangan lupa untuk mempertimbangkan berapa lama pengiriman akan memakan waktu. Jika barang segera dibutuhkan tentu akan lebih baik berbelanja di toko atau supermarket terdekat.

Cari Teman

sumber foto: pexels

Enggak ada salahnya memberitahu teman jika sedang ada promo belanja online. Kamu pun bisa mengajaknya untuk sekalian belanja. Dengan begitu, akan ada kemungkinan belanja lebih hemat dengan mendapatkan harga khusus jika membeli lebih dari satu barang. Belanja bareng teman juga bisa menghemat ongkos kirim. Jadi kamu bisa menghemat dengan tetap mendapatkan barang idaman.

Perhatikan Ketentuan Promo

sumber foto: pexels

Tips ini penting banget. Kebanyakan orang enggak memperhatikan syarat dan ketentuan promo karena terlalu cepat termakan penawaran. Jika kamu enggak ingin rugi, perhatikan semua syarat dan ketentuan promo. Bisa saja promo berlaku untuk daerah tertentu dan kamu akan mendapatkan ongkos kirim yang lebih mahal. Bisa juga promo berlaku untuk pembelian produk tertentu yang sebenarnya enggak terlalu kamu butuhkan. Kadang ada juga ketentuan waktu belanja atau jumlah minimal pembelian. Intinya, jangan dulu tergiur dengan penawaran promo.

Ingat Masa Depan


sumber foto: pexels
Tips terakhir ini terbukti sangat berpengaruh terhadap keinginan membeli dan berhasil menyelamatkan saldo rekening. Yups, saat kamu sedang ingin banget membeli suatu barang, kamu perlu memikirkan tentang impianmu yang lain. Mungkin kamu memiliki satu keinginan besar di masa depan dan mengharuskanmu untuk banyak berhemat. Maka ingatlah, jika kamu menghabiskan uangmu sekarang bisa jadi keinginan besarmu itu akan semakin lama terwujud. Enggak mau seperti itu, kan?

Nah, itulah beberapa tips yang bisa menyelamatkan diri dari promo belanja online yang seringnya bikin kalap. Yang terpenting, selalu berpikir dengan rasional. Meskipun perempuan memang akan selalu identik dengan perasaan, namun berpikir rasional bisa sesekali akan berguna.

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL