27 May 2019

5 Sajian Ini Jadi Makanan Favorit Berbuka Orang Indonesia, Termasuk Favorit Kamu Juga Nggak?


Bulan Ramadan bukan hanya identik dengan tradisi khasnya seperti ngabuburit atau ronda untuk membangunkan orang sahur. Ramadan juga identik dengan makanan khas yang menjadi favorit dan bahkan hanya ada ketika bulan istimewa tersebut datang. Makanan-makanan tersebut umumnya menjadi menu wajib kala berbuka. Inilah 5 makanan favorit berbuka orang Indonesia.


Kurma


Buah dengan rasa manis ini sebenarnya bukan buah asli dari Indonesia, melainkan buah yang hidup di daerah Timur Tengah seperti Mekah dan Madinah. Buah kurma menjadi makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa oleh Nabi Muhammad SAW. Menurut Nabi Muhammad, memakan 3 buah kurma saat berbuka merupakan sunah. Selain itu rasa manis dari kurma memang bisa mengembalikan energi dengan cepat setelah berpuasa tanpa menumpuk kalori terlalu banyak.

Meskipun kurma bukan buah asli Indonesia, buah ini juga menjadi makanan favorit berbuka orang Indonesia. Enggak heran, jika buah ini kemudian menjadi laris manis saat Ramadan tiba dan bahkan sering dijadikan sajian saat hari raya Idul Fitri. Di hampir semua daerah di Indonesia, mudah sekali menemukan kurma yang dijajakan selama bulan Ramadan.


Kolak


Anjuran untuk berbuka dengan yang manis sepertinya sudah melekat di benak orang Indonesia. Selain kurma, kolak juga menjadi makanan manis yang hampir selalu ada di setiap sajian menu berbuka puasa. Kolak sering dimakan terlebih dahulu sebelum makan besar yang biasanya dilakukan selepas shalat tarawih.

Kolak terbuat dari kuah santan dengan tambahan gula dan isian seperti buah pisang. Kolak juga menjadi makanan yang banyak dijajakan pedagang musiman di bulan Ramadan. Di bulan lain, kolak menjadi sulit ditemui karena jarang ada yang sengaja membuatnya atau bahkan menjualnya.


Berbagai Macam Es


Selain manis, sepertinya orang Indonesia juga selalu mencari yang segar-segar untuk menu buka puasa. Maklum, mungkin saja menahan dahaga sepanjang hari membuat keinginan menyantap yang manis sekaligus segar menjadi meningkat. Bicara soal manis dan segar, ada berbagai jenis es yang juga menjadi makanan favorit berbuka orang Indonesia.

Sebut saja es buah yang berisi potongan buah segar dengan siraman sirup manis yang menggugah selera. Ada juga es kelapa yang segar dan pastinya bisa menghilangkan dahaga seketika. Enggak ketinggalan, es cendol yang juga sangat nikmat untuk disantap saat berbuka puasa. Masih banyak jenis es lain yang turut menyemarakkan menu berbuka setiap Ramadan.


Gorengan


Siapa yang bisa menolak makanan yang satu ini? Gurih renyahnya selalu bikin ketagihan. Maka wajar jika makanan ini menjadi kesukaan orang Indonesia termasuk saat bulan Ramadan. Mulai dari bala-bala, tahu isi, tempe mendoan sampai pisang goreng ramai dijajakan pedagang di pusat kuliner Ramadan. Bukan cuma penjual asli, gorengan juga menjadi dagangan laris bagi pedagang musiman.

Gorengan dijadikan makanan pembuka saat berbuka puasa atau dijadikan cemilan. Harganya yang murah juga menjadi alasan mengapa gorengan disebut sebagai makanan favorit saat berbuka. Menemukannya juga tak akan sulit karena gorengan termasuk makanan paling populer bahkan di setiap daerah di Indonesia.


Martabak


Makanan ini sebanarnya juga menjadi makanan favorit bukan hanya di bulan Ramadan. Namun saat Ramadan, orang yang awalnya jarang beli martabak jadi lebih tergoda untuk mencobanya. Baik martabak manis maupun martabak telur, keduanya menjadi makanan favorit berbuka puasa yang dijamin pasti bisa menghempas rasa lapar. Rasa nikmatnya enggak bisa ditolak dan bikin ingin makan terus.


Itulah 5 jenis sajian yang menjadi makanan favorit berbuka, terutama di Indonesia. Adakah salah satu di antaranya juga menjadi favoritmu?

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL