10 Oct 2018

Lawan Virus dan Bakteri dengan Minuman Ini Agar Tetap Fit Saat Musim Hujan






Awal musim hujan biasanya ditandai dengan angin kencang, udara yang sangat panas dan datangnya hujan yang tiba-tiba kemudian panas lagi. Sementara tubuh kita yang masih terbiasa dengan musim kemarau kadang belum siap menyesuaikan dengan perubahan itu. Akibatnya daya tahan tubuh jadi menurun dan akhirnya penyakit muncul.

Penyakit yang muncul pada musim hujan biasanya diakibatkan karena virus dan bakteri. Penyakit karena virus biasanya akan lebih mudah untuk berkembang biak karena kondisi lingkungan yang lembab. Salah satunya adalah penyakit saluran pernapasan seperti batuk dan pilek yang akan cepat sekali tertular.

Untuk mencegahnya hal yang paling biasa dilakukan adalah mengonsumsi suplemen. Namun ada cara yang lebih alami untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan. Beberapa minuman ini bisa kamu konsumsi agar tetap fit, Moms.

Teh Hijau
Zat polifenol dalam teh hijau bertindak sebagai antioksidan kuat dan aktif yang membuat jaringan tubuh lebih rileks sehingga meningkatkan daya tahan tubuh. Minum teh hijau hangat saat pagi dan sore untuk mendapatkan kesegaran tubuh. Cara nikmat ini bisa membuat daya tubuhmu meningkat sehingga bisa melawan virus.

Jus Jeruk
Dalam buah jeruk terdapat vitamin C tinggi dengan jumlah 52,3 mg per 100 gram. Vitamin C ini berperan dengan memperbaiki sel yang rusak akibat serangan bakteri. Minum satu gelas jus jeruk secara rutin setiap hari akan membuatmu tetap fit meskipun cuaca sedang buruk.

Yogurt
Minuman probiotik ini mengandung bakteri baik atau bifidobacterum yang sangat bisa diandalkan untuk bisa menjaga imunitas tubuh. Bakteri baik tersebut bekerja dengan meningkatkan sel dara putih dan melawan bakteri jahat. Kamu bisa mengonsumsinya langsung atau menambahkannya pada menu smoothies-mu.

Jus Brokoli
Jenis sayuran yang satu ini memang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Brokoli mengandung vitamin C, B1, kalsium, protein dan sulfur. Kesemua manfaat itu bisa kamu nikmati dalam bentuk jus agar lebih praktis.

Jus Tomat
Buah berwarna merah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Tidak hanya segar jika dikonsumsi dalam bentuk jus, minuman ini juga akan membuat kekebalan tubuhmu meningkat. Jika ingin lebih nikmat, kamu bisa menambahkan bahan tambahan lain seperti jeruk atau wortel.

Wedang Jahe
Jika kamu sudah terlanjur terserang batuk atau flu, kamu bisa mencoba minum wedang jahe untuk membantu menyembuhkan. Jahe dapat membunuh virus disertai bakteri untuk menangkal penyakit. Selain untuk menjaga stamina, minum wedang jahe juga bisa menghangatkan tubuh saat udara dingin.

Minuman Kapulaga
Sama seperti wedang jahe, minuman kapulaga juga ampuh untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Kandungan dalam kapulaga yaitu antioksidan juga bisa berperan aktif menangkal radikal bebas. Kamu bisa memasukkan potongan kapulaga dalam air seduhan teh untuk menikmatinya.

Jamu Beras Kencur
Rasa hangat minuman tradisional yang satu ini akan membantu menjaga staminamu. Terlebih jika batuk terlanjur menyerangmu. Daripada mengonsumsi obat, minum jamu beras kencur juga tidak kalah ampuh. Di sisi lain beras kencur ini juga sangat baik untuk pencernaan.

Air Madu Campur Lemon
Madu sangat berkhasiat untuk meredakan batuk dan melawan virus. Sementara buah lemon yang kaya akan vitamin C akan mampu mencegah penyebaran virus. Mencampurkan air madu dan perasan jeruk lemon selain rasanya segar juga akan membuat badanmu terus fit.
Selain dengan meminum beberapa jenis minuman tadi, jangan lupa terus berolahgara ya Dears. Agar badanmu sehat dan siap menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca. Selain itu istirahat yang cukup juga akan memaksimalkan usahamu dalam menjaga kesehatan di musim hujan.

foto: pexels.com

1 comment: