Cek Harga Kampas Rem Terbaru dan Informasi Penting Lainnya



Harga kampas rem merupakan informasi yang penting untuk diketahui pemilik kendaraan bermotor. Pasalnya, kampas rem adalah bagian penting pada mobil maupun motor. Komponen tersebut berperan dalam kinerja kendaraan bermotor dan juga menjadi salah satu bagian yang mendukung keamanan pengguna kendaraan.


Lalu apa sebenarnya kampas rem, berapa harga kampas rem, bagaimana fungsi dan cara kerjanya? Yuk, cari tahu!


Fungsi Kampas Rem

Kampas rem atau brake pads adalah komponen dalam sistem pengereman pada motor. Posisinya berada di dekat roda. Fungsi kampas rem adalah menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat atau menghentikan putaran roda.


Kampas rem motor memiliki peran penting dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Kelalaian dalam merawat dan pemeriksaan kampas rem bisa berakibat fatal. Maka, penting bagi pemilik kendaraan untuk merawat kampas rem dan mengenali tanda apabila fungsi bagian tersebut mulai terganggu. Inilah penjelasan tentang fungsi kampas rem selengkapnya.


1. Pengereman jadi Lebih Mudah

Fungsi pertama kampas rem adalah menjadikan sistem pengereman jadi lebih mudah. Ketika melakukan pengereman mendadak, kampas rem akan mencegah terjadinya insiden kecelakaan kendaraan yang membahayakan pengendara.


Kampas rem akan menekan disc brake serta membuat ban kendaraan berhenti sesuai tingkat kedalaman injakan pedal. Karena itu, penggantian kampas rem harus dilakukan secara berkala ketika kampas rem sudah mulai habis. Pastikan mengetahui harga kampas rem sebelum menggantinya.


2. Pengaturan Pengereman jadi Lebih Mudah

Fungsi selanjutnya dari komponen kampas rem adalah membuat pengaturan pengereman jadi lebih mudah. Komponen yang berada di lapisan amplas ini berfungsi agar sistem pengereman bisa bekerja maksimal, terlebih ketika kendaraan melaju, ingin berhenti dan berbelok.


Saat kondisi tersebut, sistem pengereman akan terlibat. Kampas rem juga akan mempengaruhi kecepatan kendaraan. Adanya kampas rem membuat kendaraan jadi lebih mudah dikendalikan secara penuh serta mencegah timbulnya masalah.


3. Membantu Kendaraan Melewati Medan yang Sulit

Ketika kendaraan melewati medan yang sulit, kampas rem memiliki peran yang sangat besar. Pengemudi pasti menginjak rem saat melewati jalanan menurun atau menanjak. Saat berada di tanjakan, kampas rem akan menahan laju mobil sehingga kendaraan menurunkan akselerasi.


Tanda Kampas Rem Harus Diganti

Selain harus tahu fungsi dan harga kampas rem, penting juga bagi pemilik kendaraan untuk mengenali tanda kampas rem harus segera diganti. Berikut adalah ciri-ciri kampas rem habis:


1. Muncul Suara Decitan

Suara decitan yang muncul saat rem diinjak merupakan salah satu tanda kampas rem harus segera diganti karena sudah mulai habis. Bunyi yang muncul terdengar seperti gesekan besi dan logam. Hal itu karena kampas rem yang sudah habis akan meninggalkan bagian besinya.


2. Pedal Rem Bergetar Ketika Diinjak

Ciri lain kampas rem mulai habis adalah pedal yang bergetar ketika diinjak. Biasanya, hal tersebut disebabkan karena kampas rem mulai tipis sehingga piringan cakram tidak bisa mencengkeram dengan sempurna. Getaran bahkan bisa terasa di bagian setir apabila kondisinya semakin memburuk.


3. Rem Kurang Pakem

Ciri umum lain saat kampas rem habis adalah rem yang kurang pakem. Kondisi itu disebabkan karena penekanan kampas pada piringan tidak merata. Akhirnya, luas penampang rem menjadi lebih kecil. Selain itu, tenaga pengereman juga menjadi kurang maksimal.


Harga Kampas Rem

Penggantian kampas rem bisa dilakukan di bengkel. Namun, pengendara juga bisa mengganti kampas rem sendiri di rumah dengan membeli terlebih dahulu kampas rem. Pastikan membeli kampas rem yang asli dan sesuai dengan jenis kendaraannya.


Harga kampas rem untuk motor ermasuk terjangkau, yakni mulai Rp30 ribuan hingga Rp70 ribuan. Saat ini, kampas rem juga banyak tersedia di toko online.


Itulah penjelasan tentang apa itu kampas rem, kisaran harga kampas rem dan ciri ketika kampas rem perlu diganti. Pemilik kendaraan harus mengetahui informasi penting ini agar kenyamanan dan keamanan saat berkendara tidak terganggu.


Salam, 



Post a Comment

5 Comments

  1. Memilih kampas rem yang baik tentu harus jadi perhatian khusus ya, mengingat fungsi kampas rem yang sangat vital bagi keamanan berkendara. Harganya juga cukup bervariatif dan bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

    ReplyDelete
  2. Perawatan kendaraan harus paripurna ya biar berkendara makin nyaman dan aman

    ReplyDelete
  3. Wah ini nih, cewek juga wajib tahu harga kampas rem, supaya nggak selalu dibilang 'cuma tahu make" apalagi infonya lengkap mulai dari fungsi sampai tanda-tanda kampas rem perlu diganti

    ReplyDelete
  4. Punya kendaraan roda dua wajib banget cek performa kampas rem berfungsi optimal atau tidak. Jadi kalau udah dirasa muncul tanda-tandanya harus ganti baru ya, mba 😊

    ReplyDelete
  5. informasi ini penting banget buat diketahui pemilik kendaraan bermotor, karena berkaitan dengan keamanan berkendara juga keselamatan nyawa.

    ReplyDelete