5 Alasan Pentingnya Perusahaan Menggunakan Software Payroll


Di balik tanggal gajian yang begitu dinantikan para pekerja, ada sejumlah orang yang harus bekerja keras memastikan distribusi gaji sampai tepat waktu dan tidak ada kesalahan. Bisa dibayangkan jika jumlah pekerja sangat banyak, maka proses pembayaran gaji pasti akan sangat menguras tenaga dan menyita waktu.


Proses penggajian bukan hal yang sederhana. Proses tersebut dimulai dengan penghitungan gaji yang masih harus mempertimbangkan berbagai potongan, seperti pajak dan lainnya. Kemudian proses dilanjutkan dengan validasi data. Setelah gaji dibayarkan masih ada keharusan membuat laporan.


Dengan proses yang begitu panjang dan rumit itu, nyatanya masih ada kemungkinan kesalahan akibat human error maupun kesalahan lainnya. Kesalahan yang mungkin terjadi itu pasti bisa menimbulkan masalah yang dapat mengganggu operasional perusahaan hingga kerugian. Namun permasalahan tersebut kini bisa diatasi dengan hadirnya software payroll. Apa pengertian dan manfaatnya bagi perusahaan? Berikut penjelasannya.


Apa itu Software Payroll?

Sistem payroll atau pembayaran gaji pekerja yang menggunakan perangkat lunak atau software terbukti sangat memudahkan. Jadi software payroll bisa diartikan sebagai perangkat canggih yang memudahkan penggajian pekerja dengan perhitungan yang akurat untuk dibayarkan di waktu yang telah ditentukan.


Dengan software payroll, proses penggajian dapat dilakukan dengan lebih praktis. Perhitungan gaji yang disesuaikan dengan berbagai potongan dipastikan minim kesalahan. Selain itu, gaji akan dibayarkan pada tanggal yang telah ditentukan. Selanjutnya, laporan lebih mudah disusun untuk kebutuhan berbagai pihak terkait.


Apa Manfaat Software Payroll?

Secara sederhana, adanya software payroll terbukti sangat membantu. Sistemnya yang terstruktur dan praktis membuat pekerjaan menggaji pekerja selesai dengan tepat hitung dan tepat waktu. Secara lebih rinci, inilah manfaat yang akan didapatkan perusahaan jika menggunakan software payroll:


1. Meminimalisir Kesalahan

Software payroll dengan sistemnya yang sudah canggih mampu meminimalisir kesalahan dalam pembayaran gaji pekerja. Penghitungan gaji dilakukan secara otomatis. Pembayaran dilakukan di tanggal yang telah diatur. Semua detail informasi juga akan terekam untuk keperluan laporan. 


2. Penghitungan Lebih Akurat

Tentu akan sangat melelahkan jika harus menghitung gaji bersih pekerja satu persatu dengan berbagai penyesuaian. Dengan software payroll, penghitungan bisa dilakukan secara otomatis. Akhirnya bisa diperoleh jumlah gaji bersih yang akurat untuk dibayarkan kepada pekerja.


3. Menghemat Waktu

Sistem penghitungan gaji secara manual sudah pasti akan menghabiskan banyak waktu. Semakin banyak jumlah pekerja, akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk menghitung gaji bersih. Padahal gaji harus dibayarkan tepat waktu. Penggunaan software payroll menjadi solusi untuk permasalahan ini dengan cara kerjanya yang lebih cepat.


4. Menghemat Tenaga

Selain bisa menghemat waktu, penggunaan software payroll juga bisa menghemat tenaga. Proses penggajian pekerja tidak akan lagi membutuhkan banyak orang. Karena itulah, software payroll juga berguna untuk upaya efisiensi karyawan. Software payroll juga tidak mengharuskan petugas berpengalaman karena cukup mengikuti petunjuk.


5. Memudahkan Laporan

Pembayaran gaji pekerja termasuk dalam pengeluaran perusahaan yang harus dilaporkan secara detail. Bahkan laporan juga dibutuhkan beberapa pihak terkait. Untuk kebutuhan ini, software payroll terbukti sangat bermanfaat. Penggunaan software ini akan menghasilkan informasi lengkap sesuai kebutuhan untuk kemudian dijadikan laporan.


Kesimpulan

Dengan kecanggihan software payroll, proses pembayaran gaji pekerja oleh perusahaan kini semakin mudah dilakukan. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, mulai dari efisiensi waktu dan tenaga, meminimalisir kesalahan hitung maupun kesalahan lainnya hingga memudahkan dalam penyusunan laporan.


Salam,


Post a Comment

0 Comments