28 Apr 2020

5 Ide Aktivitas Menyenangkan di Rumah Selama Masa Social Distancing

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Biasanya kita punya kesempatan di rumah dalam waktu yang lama ketika sedang musim liburan. Entah itu waktu libur anak-anak sekolah, libur lebaran atau libur tahun baru. Masa-masa libur yang disebutkan itupun sering kita pakai untuk pergi piknik, mengunjungi tempat-tempat wisata, sekadar bertandang ke rumah saudara bahkan ada yang liburan ke luar negeri.

Masa-masa di rumah kali ini sangat berbeda. Kita tidak bisa dengan bebas pergi ke tempat lain untuk bersenang-senang, karena di masa sekarang ini kita dianjurkan untuk diam di rumah. Masa untuk tinggal di rumah ini juga cukup lama. Tak seperti masa libur pada umumnya yang hanya hitungan minggu. Kita dianjurkan tinggal di rumah bahkan lebih dari itu. Sampai sekarang malah sudah terhitung lebih dari sebulan. Ditambah, tidak ada kejelasan kapan masa ini akan berakhir. Itu artinya bisa saja kita diharuskan di rumah selama beberapa bulan ke depan.

Berbeda dan ada kesedihan yang terselip. Masa di rumah ini sebagai sebuah bentuk keprihatinan atas kondisi buruk yang sekarang sedang menimpa dunia. Ya, karena pandemi virus Corona kita tidak bisa lagi beraktivitas secara bebas di luar rumah. Kita bahkan tidak bisa pergi ke kota lain. Semua anjuran ini diperintahkan demi bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Berdiam diri di rumah dalam sehari dua hari mungkin masih terasa menyenangkan. Karena kita bisa bebas menghabiskan waktu untuk hal-hal yang selama ini sering kita impikan di antara kesibukan bekerja. Namun setelah beberapa minggu berlalu, bahkan sudah sampai lebih dari sebulan, masa-masa tinggal di rumah mulai menampakkan kejenuhan. Kebosanan melanda dan membuat diri ingin segera keluar dari keadaan ini. Tenang dulu, bersabarlah sedikit dengan menyibukkan diri melakukan beberapa aktivitas menyenangkan berikut ini.


Memasak

Photo by Elly Fairytale from Pexels

Sebelum ada pandemi Corona, memasak memang sudah termasuk dalam aktivitas harian yang sifatnya tidak bisa ditinggalkan. Namun saat ini, memasak bisa menjadi salah satu aktivitas pengusir kebosanan. Pilihlah menu masakan baru sebagai percobaan. Banyak sekali resep masakan tersedia di internet. Tidak melulu harus masakan berat, coba juga membuat camilan sederhana. Cara ini juga bisa menjadi kegiatan bersama anak. Selain agar anak tidak mudah jenuh, memasak sendiri juga bisa menjadi cara menyajikan makanan sehat untuk keluarga.


Berkebun

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Masa-masa social distancing ini menjadi waktu yang tepat untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya sulit dilakukan karena alasan tidak punya waktu dan terlalu sibuk dengan pekerjaan di luar rumah. Salah satunya adalah berkebun. Cobalah untuk menata kembali taman depan atau belakang rumah. Apabila sebelumnya belum ada, mulailah membuat. Menata taman atau berkebun bisa menjadi cara menghabiskan waktu. Bonusnya taman rumah menjadi lebih indah dipandang.


Olahraga

Photo by theformfitness from Pexels
Ide aktivitas lain yang menyenangkan sekaligus menyehatkan selama tinggal di rumah adalah berolahraga. Olahraga seharusnya menjadi kebutuhan. Namun selama ini banyak orang enggan melakukannya karena alasan tidak memiliki cukup waktu. Maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukannya lebih sering dan lebih teratur. Apa saja jenis olahraganya bisa dilakukan asal masih berada di dalam rumah.


Menulis

Photo by Vlada Karpovich from Pexels
Aktivitas ini sangat disarankan bagi yang memang sudah memiliki kegemaran menulis. Waktu leluasa selama di rumah bisa dimanfaatkan untuk melahirkan karya-karya yang mungkin selama ini sulit diwujudkan. Mulailah untuk fokus dalam menulis. Paling tidak harus ada hasil yang bisa dinikmati orang lain, di manapun tempatnya menulis. Lebih bagus lagi jika sampai bisa menerbitkan buku solo yang menghibur dan menginspirasi orang lain.


Menata Ulang Rumah

Photo by Terje Sollie from Pexels

Bosan dengan tatanan rumah? Gunakan waktu selama tinggal di rumah untuk menciptakan suasana baru di dalam rumah. Buatlah perubahan agar mood bisa lebih baik dan rasa bosan bisa menghilang. Mulailah dengan ruang pribadi seperti kamar tidur atau ruang kerja. Tidak perlu terburu-buru dalam menata ulang ruangan. Pikirkan benar-benar konsepnya dan bebaskan kreasi dalam mengaturnya. Rumah akan menjadi tempat menyenangkan selama menanti masa pandemi Corona berakhir.


Selain kelima aktivitas yang sudah disebutkan di atas, masih banyak ide lain yang bisa dicoba. Tidak akan habis ide dan kreativitas selama kita mau menggunakan kepekaan berpikir kita. Pastikan melakukan hanya aktivitas yang positif dan membawa kebaikan. Ketika kita harus kembali ke keadaan normal nanti, kita tidak akan menyesal karena sudah melakukan hal yang bermanfaat.

Salam,

No comments:

Post a comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL