7 Sep 2019

5 Persiapan Online Shop Hadapi Harbolnas, Siap-siap Banjir Untung!


Masih bulan September, sih. Tapi sudah banyak e-commerce dan market place yang mulai mempromosikan dirinya dengan segala penawaran menarik yang pasti bikin siapapun rawan boros karena kalap saat belanja online. Ya, Harbolnas alias Hari Belanja Online Nasional datang setiap tanggal 12 Desember. Di hari itu, tidak akan sulit menemukan promo belanja mulai dari diskon, free ongkir dan promo menggiurkan lainnya.

Mumpung masih September juga, itu artinya masih ada waktu hingga kurang lebih 3 bulan ke depan, kemeriahan Harbolnas bisa mulai kita persiapkan sedari sekarang. Sebagai konsumen alias yang paling demen belanja, mempersiapkan Harbolnas bisa dengan menabung mulai sekarang. Karena saat hari itu tiba, barang-barang incaran di toko online favorit pasti akan dibanderol dengan promo menarik. Terlebih Harbolnas hanya datang setahun sekali. Sayang jika tidak memanfaatkannya untuk membeli barang idaman dengan harga paling murah, bukan?

Momen Harbolnas ini juga akan menjadi momen yang sangat-sangat ditunggu bagi para penjual online di Blibli.com. Bagaimana tidak, di momen ini mereka pasti akan menerima lonjakan pesanan dari pembeli lebih banyak dibanding hari biasanya. Memang, menerima lonjakan pesanan bisa juga terjadi di momen lain misalnya saja menjelang lebaran. Tapi momen Harbolnas yang datang setahun sekali itu tidak seharusnya diabaikan.


Mengapa Penting untuk Bersiap Hadapi Harbolnas?


Mendapat pesanan setiap hari memang sudah menjadi hal biasa bukan bagi sebuah toko online? Tapi mengapa harus repot-repot menyiapkan banyak hal untuk menyambut Harbolnas?

Pertama, Harbolnas bisa menjadi momen untuk bisa mendapat keuntungan sebesar-besarnya dibanding hari biasanya. Meskipun sebuah toko online akan memberikan promo pada hari itu, tapi promo itu yang akan mendatangkan lebih banyak pembeli. Lebih banyak produk yang terjual, tentu lebih banyak keuntungan yang akan didapat.

Kedua, Harbolnas bisa menjadi saat paling bagus untuk menghabiskan stok. Ada kalanya sebuah toko online memiliki tumpukan stok produk lama yang sulit terjual. Harbolnas bisa menjadi momen untuk mempromosikan stok produk lama tersebut agar terjual habis. Tentu dengan promo yang bisa menarik minat pembeli.

Ketiga, Harbolnas bisa menjadi cara mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak. Saat Harbolnas, sangat mungkin banyak pembeli baru yang datang. Dengan produk berkualitas yang dijual juga pelayanan terbaik, pembeli baru bisa berpotensi menjadi pelanggan loyal bagi toko kamu.


Apa yang Perlu Disiapkan untuk Menghadapi Harbolnas?

Nah, sudah tahu kan mengapa penting untuk melakukan persiapan menghadapi Harbolnas? Selanjutnya, yuk cari tahu apa saja yang bisa kita persiapkan.

Tenaga Admin


Jika toko online kamu selama ini masih belum menggunakan tenaga admin alias kamu sendiri yang turun tangan merespon pertanyaan dan merekap pesanan pelanggan, maka ini saatnya kamu mempertimbangkan untuk merekrut admin. Lonjakan pesanan ketika Harbolnas tidak mungkin bisa kamu atasi sendirian tanpa bantuan orang lain.

Sementara jika selama ini kamu sudah menggunakan tenaga admin dalam berjualan online, kamu bisa mempertimbangkan untuk menambah tenaga lagi guna menghadapi Harbolnas. Dengan mengandalkan bantuan lebih banyak, kamu juga memiliki kemungkinan menerima pesanan lebih banyak dan akan memenuhi standar customer satisfaction.


Tenaga Pengemas


Selain admin yang merespon pertanyaan serta merekap pesanan pelanggan, tenaga lain yang juga pasti dibutuhkan ketika Harbolnas adalah tenaga pengemas. Mungkin selama ini kamu masih mengemas pesanan pelanggan seorang diri. Saat Harbolnas tiba, sangat mungkin kamu membutuhkan tambahan tenaga pengemas.

Dengan menambah tenaga pengemas, kamu bisa melayani pesanan pelanggan lebih cepat. Pesanan yang kamu kirim setiap harinya bisa lebih banyak dari hari biasanya. Tentu, tenaga tambahan akan meringankan pekerjaan kamu.


Stok Barang


Lonjakan pesanan yang terjadi ketika Harbolnas akan menuntut stok produk dalam jumlah besar. Karenanya, kamu perlu mempersiapkan stok barang dagangan dari jauh-jauh hari. Agar ketika pesanan membludak, kamu tidak kekurangan stok barang.

Jika kamu memproduksi sendiri barang dagangan tersebut, kamu bisa menambah jumlah produksi. Kamu bisa memberdayakan lebih banyak pekerja di sekitarmu untuk menambah stok barang. Sekaligus kamu bisa membuka lapangan pekerjaan baru.


Promo Tambahan

Setelah semua persiapan dalam menghadapi Harbolnas dilakukan, persiapan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyiapkan promo tambahan. Hal ini berguna untuk menarik semakin banyak minat pembeli.

Kamu bisa memberlakukan beberapa promo sekaligus. Misalnya saja memberikan diskon sekaligus gratis ongkos kirim. Atau memberikan diskon pembelian untuk beberapa produk dalam sekali pemesanan. Bisa juga kamu memberikan bonus produk lain pada pembeli yang memesan produk tertentu.


Kesehatan Fisik


Apalah artinya pesanan melonjak dan untung banyak di Harbolnas jika fisik dalam keadaan tidak sehat. Maka tak kalah pentingnya juga menjaga kesehatan dan mempersiapkan fisik mulai sekarang. Mulailah rutin berolahraga dan memperhatikan asupan makanan. Dan tidak ada salahnya juga memeriksakan kondisi kesehatan. Agar untung yang didapat saat berjualan online di Harbolnas bisa terasa lengkap. Setuju?


Itulah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan menjelang lonjakan pesanan pada Harbolnas. Selain mempersiapkan teknis, penting juga bagi kamu mempersiapkan fisik karena Harbolnas pasti akan menjadi hari melelahkan bagi para penjual online di Blibli.com. So, sudah siap mendapat untung lebih besar di Harbolnas nanti?

Salam,

18 comments:

  1. Kalo yang disukai buyer adalah promo tambahan, hehehe... bisa-bisa belanjanya nambah terosss...

    ReplyDelete
  2. Lucu mba look infografisnya kreatif. Salut. ☺

    ReplyDelete
  3. Betul mba, harbolnas Memungknkan adanya lonjakan tinggi. Oleh karena itu perlu adanya tenaga tambahan.

    ReplyDelete
  4. lonjakan tinggi d Harbolnas, kalo ngeliat beritanya memang sungguhlah riweuh gitu ya, dan dengan persiapan yang jitu, pasti tidak akan sampai menimbulkan keresahan bahkan komplain dari konsumen

    ReplyDelete
  5. Moga semua terkendali oleh olshoper dalam menghadapi lonjakan pembelian. Juga moga ak dapat mengendalikan keinginan belanja huhu

    ReplyDelete
  6. Ternyata perlu banyak persiapan juga ya biar maksimal. yg mau blnja juga bisa lbh nyaman kalau olshop nya sesuai harapan.

    ReplyDelete
  7. Harbolnas sebentar lagi. Moga bisa manfaatin belanja online dengan baik, sesuai kebutuhan dan enggak kalap 😅

    ReplyDelete
  8. Kalau begini bisa kalap belanjanya... hehehehe. Tapi harus dimanfaatkan nih.

    ReplyDelete
  9. Jaga kesehatan fisik perlu banget itu, biar tetep fokus saat belanja pilih barang

    ReplyDelete
  10. Ternyata enggak cuma pembeli yang siap-siap ya, penjual juga kudu siap :)

    ReplyDelete
  11. karena aku sebagai customer, otomatis yang mesti disiapkan yaa saldo cukup, quota, dan mental menghadapi godaan cashback n diskon hehehe

    ReplyDelete
  12. Harbolnas bikin penjual sibuk, tapi bikin customer happy.

    ReplyDelete
  13. Harus menyiapkan mental nih, menghadapi banyak godaan diskon. Menarik sekali program Harbolnas gini

    ReplyDelete
  14. Aku setuju sama semuanya. Sebagai pedagang online shop, emang bener semua itu dibutuhkan biar nggak stress sendiri waktu pesanan ngedadak nglonjak. Kan butuh balas chat customer. Plus, punya jasa packing. Ini juga lumayan repot sih.

    ReplyDelete
  15. Wah, ternyata persispannya msesti oke dalam menghadapi Harbolnas

    ReplyDelete
  16. Mba Risma blognya cantik deh,, hehe

    Harbolnas buat penjual memang harus lebih mateng pesiapannya,, Demi kenyaman pembeli begitu juga penjual.. :)

    ReplyDelete
  17. wah, harbolnas tuh yang sibuk ternyata kedua belah pihak ya..penjual sudah pasti dan pembeli pun sibuk menyusun daftar belanjaannya hehehehe

    ReplyDelete
  18. Harbolnas itu pesta rakyat buat semua :)
    Ya buat E-commerce-nya, ya buat seller, ya buat buyer. Bener banget kalau harus mempersiapkan hal-hal di atas buat para penjual pas Harbolnas nanti. Siap dapet rezeki lebih dengan taktik jitu, dong :)

    ReplyDelete

Mohon Berikan Komentar dengan URL