4 Jun 2019

Biar Hemat, Bikin Sendiri Saja Jajanan Lebaran, Mudah dan Enak


Salah satu yang menjadi kesibukan hampir semua orang menjelang lebaran adalah mempersiapkan jajanan lebaran. Menyediakan jajanan ini adalah untuk persiapan menyambut tamu yang datang bersilaturahmi saat lebaran. Ada beberapa jajanan khas yang hanya ada waktu lebaran. Sebut saja berbagai macam jenis kue kering seperti nastar, putri salju, lidah kucing, kue kacang atau kastengel.

Jajanan tersebut dihidangkan di dalam toples atau wadah khusus dan disajikan di meja ruang tamu. Enggak cuma sejenis atau dua jenis, satu meja bisa berisi berbagai jenis kue kering atau jajanan lainnya. Bisa dipastikan, di hampir semua rumah yang penghuninya merayakan hari Raya Idul Fitri pasti menyediakan jajanan di meja tamunya.

Maka enggak mengherankan jika permintaan akan jajanan lebaran selalu meningkat menjelang Ramadan, selama Ramadan dan mendekati lebaran. Peluang ini dijadikan kesempatan meraup keuntungan bagi banyak orang. Yang artinya, muncul banyak pedagang musiman yang menjajakan berbagai kue kering untuk lebaran. Memang, peluang ini sangat menjanjikan dan berpotensi mendapat keuntungan yang besar.

Namun, yang namanya emak-emak dengan jiwa hemat yang sudah otomatis menyertai, pasti lebih memilih cara hemat untuk apapun termasuk dalam hal menyiapkan jajanan lebaran. Jadi, dari pada beli yang juga harganya lumayan mahal, aku pilih untuk bikin sendiri beberapa kue lebaran. Ini sudah aku lakukan selama beberapa tahun terakhir dan terbukti bisa menghemat anggaran di tengah kebutuhan menjelang lebaran yang selalu tinggi.

Hanya berbekal browsing resep dari Google, dan dengan sedikit tambahan, jadilah 3 jenis jajanan khas lebaran yang rasanya enggak kalah sama jajanan beli di toko.


Kue Kacang


Kue kacang ini termasuk jajanan lebaran yang cara bikinnya sangat mudah. Siapapun sepertinya bisa membuat asal menganut resep dan cara membuat yang tepat. Resep ini aku dapat dari Cookpad. Hasilnya sesuai ekspektasi, enggak keras, enggak pula terlalu empuk dan dengan rasa manis yang pas. Karena ingin membuat lebih banyak, maka bahannya dikalikan sesuai jumlah yang diinginkan. Yang tertulis di bawah ini adalah resep asli.

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu 
100 gram kacang tanah 
100 ml minyak goreng 
100 gram gula halus 
1 sendok teh vanili bubuk 
1/4 sendok teh garam 
1 butir kuning telur

Cara Membuat:

  • Kacang tanah disangrai dan dihilangkan kulit arinya.
  • Haluskan kacang tanah dengan cara diblender.
  • Campurkan kacang tanah yang telah halus dengan telur, gula halus dan vanili.
  • Setelah rata tambahkan tepung terigu.
  • Setelah rata tambahkan juga minyak goreng.
  • Uleni hingga kalis dan siap dibentuk.
  • Setelah dibentuk, olesi bagian permukaan dengan kuning telur lalu panggang.
  • Setelah beberapa menit, keluarkan kue kacang dari dalam oven untuk kembali diolesi kuning telur. Dua kali pengolesan ini bertujuan untuk membuat permukaan kue kacang menjadi lebih berkilau, enggak kusam.
  • Setelah itu panggang hingga matang.


Kue Putri Salju


Selain kue kacang, putri salju juga salah satu kue kering yang cara membuatnya sangat mudah. Prosesnya pun cepat dan enggak akan menghabiskan waktu, kecuali jika membuatnya dalam jumlah banyak. Resep ini juga aku dapat dari internet dengan sedikit tambahan. Rasanya mirip sama yang dijual di toko itu, enak banget.

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu, ayak
30 gram tepung maizena, ayak
200 gram margarin
3 kuning telur
50 gram keju cheddar parut
1/4 sendok teh garam
Gula halus atau gula halus mint untuk taburan

Cara Membuat:

  • Kocok margarin hingga lembut, masukkan telur dan kocok terus hingga mengembang.
  • Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu dan tepung maizena. Aduk hingga rata.
  • Masukkan keju cheddar dan garam. Aduk hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk.
  • Cetak dan susun adonan yang telah dicetak di atas loyang yang sudah dioles dengan mentega.
  • Panggang kue hingga matang.
  • Keluarkan kue, dinginkan dalam suhu ruangan.
  • Saat kue sudah dingin, beri taburan gula halus. Susun dalam toples dengan tutup rapat.


Madu Mongso


Entah ini makanan khas daerahku atau bagaimana. Makanan ini hampir selalu ada setiap acara pesta pernikahan dan juga saat lebaran. Jajanan lebaran yang satu ini memerlukan proses panjang dalam pembuatannya. Sepertinya pembuatnya juga harus berpengalaman karena cukup rumitnya proses bisa menyebabkan kegagalan. Oiya, ini resep dari keluarga ya, bukan dari Cookpad hehehe

Bahan-bahan:

1000 gram ketan putih
5 sdm ragi tape
2 liter santan
500 gram gula merah

Cara Membuat:

  • Pertama, harus membuat tape ketan dulu dengan mengukus ketan lalu menaburinya dengan ragi dan membiarkannya selama sehari semalam.
  • Tape yang sudah matang kemudian dicampurkan dengan santan dan gula merah serta dimasak di atas api sedang.
  • Aduk terus hingga adonan mengental dan agak mengeras tanda sudah matang.
  • Setelah matang, angkat lalu dinginkan dan bungkus dengan plastik.

Nah, itulah 3 jenis jajanan lebaran yang tahun ini bikin sendiri. Lumayan, bisa mengirit banyak budget dan hasil bikinan sendiri tentunya lebih enak :)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL