6 May 2019

Ngabuburit Lebih Berfaedah dengan 4 Aktivitas Ini, Biar Pahala Puasanya Berlipat


Bulan Ramadan yang kita tunggu-tunggu, akhirnya datang juga. Yups, hari ini tanggal 6 Mei 2019 semua muslim menunaikan ibadah puasa Ramadan di hari pertama. Pastinya begitu banyak persiapan khusus yang disiapkan untuk menyambut bulan yang suci ini. Selain persiapan, pastinya juga ada banyak tradisi Ramadan yang menjadi khas bulan yang penuh berkah ini.

Satu tradisi bulan Ramadan yang selalu dilakukan adalah ngabuburit. Pasti sudah familiar dong dengan istilah yang satu ini. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan sembari menunggu waktu berbuka. Ngabuburit umumnya dilakukan di sore hari hingga menjelang petang. Biar menunggu waktu berbukanya jadi enggak berasa.

Ngabuburit ini menjadi tradisi Ramadan yang sepertinya enggak akan pernah dilewatkan. Ada banyak pilihan aktivitas ngabuburit yang umum dilakukan. Misalnya saja dengan berburu takjil di berbagai pusat belanja atau pasar khusus yang diadakan setiap sore selama bulan Ramadan.

Ngabuburit menjadi satu aktivitas yang asyik dan menyenangkan untuk dilakukan. Pun enggak ada hukum yang melarang untuk melakukannya. Namun tahukah jika ngabuburit bisa bernilai pahala dan enggak asal asyik aja?

Waktu ngabuburit yang biasanya mendekati waktu Magrib itu merupakan salah satu waktu terbaik untuk beribadah dan beramal. Jadi, jika kita memanfaatkan aktivitas ngabuburit dengan baik, enggak cuma menyenangkan, tapi pahala juga akan terkumpul. Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar ngabuburit bisa lebih berfaedah? Simak yuk uraiannya!

Berbagi Makanan Berbuka Puasa

sumber: pixabay
Aktivitas pertama yang bisa kita lakukan saat ngabuburit adalah berbagi makanan untuk berbuka puasa. Kita bisa menyediakan makanan ini sendiri lalu membagikannya pada orang yang kurang mampu. Atau kita bisa membentuk komunitas untuk berbagi makanan buka puasa di jalan-jalan, misalnya.

Enggak harus makanan berat atau yang berharga mahal. Beberapa butir kurma atau jenis takjil lainnya bisa menjadi alternatif. Berbagi ini adalah salah satu amal yang dianjurkan dalam Islam. Apalagi jika melakukannya di bulan Ramadan dan makanan yang kita berikan dimakan saat berbuka oleh orang yang sedang berpuasa, pastinya Allah akan menghadiahi kita dengan pahala yang berlipat-lipat. Aamiin.

Membaca Al-Quran

sumber: pixabay

Tentu kita sudah tahu bukan imbalan pahala bagi orang-orang yang rajin membaca Al-Quran? Karena itulah, ibadah yang satu ini sayang untuk dilewatkan terlebih saat bulan Ramadan karena Allah menjanjikan pahala yang berlipat ganda. Membaca Al-Quran bisa saja dilakukan di waktu kapan saja sepanjang hari. Membaca Al-Quran juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi waktu kala menunggu waktu berbuka daripada melakukan aktivitas lain yang kurang bermanfaat. Pahala yang kita dapat insyaallah akan menyempurnakan pahala puasa kita selama satu hari itu.

Berdoa

sumber: pixabay
Waktu setelah Ashar hingga menjelang Magbrib merupakan waktu terbaik untuk berdoa. Sayang sekali jika waktu terbaik ini terlewatkan begitu saja dan malah melakukan hal-hal yang kurang penting. Jadi, agar kita bisa mendapatkan manfaat dari waktu terbaik ini, kita bisa mengisi ngabuburit dengan berdoa. Terlebih waktu terbaik itu ada di bulan yang baik pula. Tentunya, ini menjadi peluang emas bagi kita untuk memanjatkan doa-doa terbaik kita.

Berdzikir

sumber: pixabay
Bulan Ramadan adalah bulan ketika pintu ampunan dibuka selebar-lebarnya. Allah membuka kesempatan taubat yang lebih luas di bulan ini bagi hambaNya yang sungguh-sungguh memohon ampun. Kita bisa menjadi hamba yang merugi jika enggak memanfaatkan keistimewaan bulan yang penuh ampunan ini. Karenanya, berdzikir merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan untuk mengisi waktu di bulan Ramadan.

Berdzikir juga menjadi kegiatan baik sarat pahala yang bisa kita lakukan saat menjelang berbuka puasa. Kita bisa melantunkan berbagai lafadz dzikir dan memuji nama-nama baik Allah sebanyak-banyaknya sekaligus memohon ampun. Insyaallah kita akan mendapatkan pahala dari amalan yang bermanfaat tersebut.

Itulah beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan saat ngabuburit. Tentu saja kita melakukannya hanya dengan niat mengharap ridha Allah. Dan semoga ibadah puasa kita dan ibadah lain selama Ramadan menjadi tabungan amal di akhirat nanti.

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL