16 May 2019

5 Cara Menggunakan Panci Presto Agar Memasak Aman dan Masakan Matang Maksimal

sumber foto: masakapahariini.com
Hai moms,

Masih semangat puasa di hari kesebelas?

Semoga masih ya :)

Bulan puasa gini memang bahasan soal masakan dan makanan menjadi sesuatu yang paling asyik buat dibahas. Biasanya menyangkut soal menu spesial untuk berbuka maupun sahur. Sudah banyak tuh resep makanan yang nikmat untuk momen spesial di bulan suci ini.

Tapi kali ini, boleh ya kita bahas hal lain selain resep masakan. Tentunya masih berhubungan dengan masak memasak dong ya. Kita akan bahas tentang salah satu alat masak yang ngetrend di kalangan emak-emak yaitu panci presto, lebih tepatnya cara menggunakan panci presto.

Panci presto termasuk alat makan yang berfungsi untuk melunakkan makanan secara lebih maksimal. Jika panci biasa kadang harus butuh waktu lama untuk melunakkan makanan, panci presto hadir sebagai solusi untuk masak dengan lebih mudah.

Ada banyak jenis panci presto dari berbagai merk. Tentunya dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Tiap tipe tentunya memiliki kelebihan. Biasanya juga nih, makin mahal harga panci presto, makin bagus juga kualitas dan fungsinya.




Masak dengan panci presto memang terlihat mudah dilakukan oleh siapa saja. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Inilah cara menggunakan panci presto agar memasak jadi lebih aman dan hasil masakan sesuai harapan.

Periksa Kondisi Panci Presto

Sebelum menggunakan panci presto, periksa keadaannya terlebih dahulu. Pastikan panci presto sudah bersih terutama jika itu pertama kali dipakai. Karena jika ada kotoran yang terselip bisa mempengaruhi kekuatan tutup karet agar panci presto bisa tertutup rapat saat digunakan dan masakan matang sempurna sesuai waktu yang normal.

Pastikan Isi Cukup

Selain kebersihan, pastikan juga mengisi panci presto dengan isi secukupnya. Misal diisi air, jangan mengisi terlalu banyak. Saat memasak daging, juga jangan masukkan daging terlalu banyak. Hal ini agar tekanan dalam panci presto berkurang dan proses memasak bisa matang sesuai yang diinginkan.

Tidak Ada Salahnya Membumbui Sekaligus

Panci presto memang digunakan untuk melunakkan bahan makanan termasuk daging. Tidak ada salahnya kamu memasak daging yang sudah dibumbui sekaligus. Ini bisa membantu bumbu lebih meresap dan masakan menjadi lebih nikmat.

Kecilkan Api Saat Panci Mengeluarkan Bunyi

Ciri khas dari panci presto adalah bisa mengeluarkan bunyi saat masakan hampir matang. Bunyi itu sebagai pertanda bahwa uap dari dalam panci orepre sudah tinggi. Api yang dibiarkan terus besar tidak akan mempengaruhi tingkat kematangan. Maka dari itu lebih baik mengecilkan api untuk berhemat gas sekalian.

Jangan Buka Sebelum Uap Keluar

Tips yang terakhir ini berkaitan dengan keselamatan maka dari itu penting untuk diperhatikan. Jangan tergesa-gesa membuka tutup panci setelah api kompor dimatikan. Tunggu sampai semua uap keluar hingga habis. Uap yang masih terjebak di dalam panci adalah uap bersuhu tinggi dan jika dibuka paksa bisa saja akan melukai.

Itulah beberapa tips cara menggunakan panci presto yang harus diperhatikan. Selain hasil masak sesuai keinginan, tips di atas juga demi keselamatan.

Setelah mengetahui cara menggunakan panci presto, kamu bisa mencari tahu bahan makanan apa saja yang bisa dimasak menggunakan alat tersebut. Selama ini hanya daging yang sering dimasak menggunakan panci presto. Ternyata ada makanan lain yang bisa juga dimasak dengan panci presto, seperti ketupat atau jenis makanan lain yang harus direbus.

Selain untuk masak makanan yang perlu direbus, panci presto juga bisa digunakan untuk mengukus sayur, sepeti daun hijau, kacang panjang atau wortel. Jika kamu senang membuat kreasi makanan manis seperti kue dan puding, panci presto juga bisa menjadi alat yang banyak membantu.

Semoga bermanfaat ;)

Salam,

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL