12 Apr 2019

Ingin Jago Dandan? Yuk Kenali Dulu Jenis-jenis Kuas Make Up Beserta Fungsinya


Perempuan identik dengan kecantikan. Untuk menjadi cantik, perempuan biasanya melakukan serangkaian proses berdandan. Berdandan atau mengenakan make up umumnya dilakukan untuk tujuan tertentu, misalnya menghadiri acara. Namun tidak jarang juga perempuan yang rutin memoles wajahnya dengan make up setiap hari karena memang dengan berdandan, perempuan akan merasa lebih percaya diri.

Dalam urusan berdandan, ada begitu banyak item yang bisa digunakan. Mulai dari produk yang dipakai seperti alas bedak, bedak, pensil alis, lipstik dan sejenisnya. Produk-produk tersebut diaplikasikan pada wajah dengan menggunakan alat yang sesuai. Salah satunya adalah kuas make up. Benda ini hadir dalam banyak jenis dan bentuk. Masing-masing bentuk diperuntukkan untuk fungsi yang berbeda.

Bagi kamu yang suka berdandan pasti sudah tidak asing lagi dengan beragam jenis kuas make up. Namun bagi kamu yang ingin jago make up, mungkin masih bingung membedakan banyaknya jenis kuas yang berbeda. Yuk, simak penjelasannya!

Large Finished Powder


Seperti namanya, kuas berbentuk kipas ini digunakan pada akhir make up. Kuas ini berfungsi untuk meratakan bedak tabur yang mungkin berantakan, menyapukan blush on agar lebih beraturan dan membersihkan eyeshadow yang bisa jadi meluber ke bagian lain.

Powder Brush


Jika kuas sebelumnya berfungsi untuk merapikan, powder brush berfungsi untuk menyapukan bedak tabur pada wajah. Penggunaan kuas ini untuk mengaplikasikan bedak tabur akan menghindarkan wajah dari hasil akhir make up yang terkesan tebal. Kuas ini memiliki 3 jenis yaitu large powder brush, medium powder brush, dan small powder brush. Ketiga jenis itu dapat dipilih sesuai dengan detail wajah.

Blush Brush

Secara tampilan, blush brush memang sekilas mirip dengan powder blush. Bedanya, kuas make up untuk menyapukan blush on ini biasanya memiliki bulu yang lebih tipis dan gagang yang lebih ramping.

Foundation Brush

Foundation brush berbentuk lebih kecil dengan bulu yang tipis dan ujung yang melengkung. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan foundation, BB cream, concelar agar hasil akhirnya lebih merata dan sempurna.

Contour Brush

Kuas yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kuas make up lain. Ujung bulunya dirancang dengan bentuk miring karena memang difungsikan untuk mengaplikasikan shading dan membentuk kontur pada tulang pipi.

Lip Brush

Kuas untuk mengaplikasikan lipstik ini dibuat dengan bentuk bulu yang lebih runcing. Tujuannya agar bisa saat mengaplikasikan lipstik mudah untuk membentuk garis bibir dan terhindar dari pemakaian yang melebihi garis bibir.

Eye Shadow Brush

Untuk riasan mata yang sempurna, eye shadow brush ini bisa digunakan untuk membentuk garis kelopak mata. Bentuknya yang kecil dengan bulu yang tipis dan lebih pendek akan mempermudah saat mengaplikasikan eye shadow.

Sponge Applicator


Sponge applicator ini juga berfungsi untuk menyapukan eye shadow pada kelopak mata. Namun berbeda dengan kuas make up lainnya, kuas yang satu ini tidak menggunakan bulu pada ujungnya.

Eyeliner Brush

Masih tentang riasan mata, kuas make up yang satu ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner. Bentuk ujung bulunya yang cukup runcing akan memberikan hasil goresan eyeliner yang sempurna. Kuas ini bisa dibasahi terlebih dahulu jika akan digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner kering.

Angled Brow Brush


Kuas jenis ini digunakan untuk merapikan hasil akhir pensil alis agar riasan terlihat lebih natural. Tidak hanya untuk merapikan, kuas dengan ujung bulu yang miring ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan pensil alis yang berbentuk powder.

Blending Brush

Kuas ini biasanya juga digunakan untuk sentuhan akhir pada make up. Blending brush berfungsi untuk meratakan eye shadow agar tidak terlihat garisnya sehingga riasan mata akan terlihat lebih alami dan tidak berlebihan.

Mascara Brush

Mascara brush biasa juga disebut dengan nama lash fiber. Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan maskara agar tidak menggumpal. Kuas ini juga bisa digunakan untuk menyikat bulu mata agar terlihat lebih natural.

Lash Brow

Di dunia kecantikan, lash brow juga sering disebut sebagai sikat alis. Lash brow memiliki dua sisi dengan fungsi yang berbeda. Sisi yang lebih mirip sisir digunakan untuk menyisir bulu mata sekaligus membersihkan sisa maskara yang mungkin tertinggal dan menyebabkan gumpalan. Sedangkan sisi lainnya yang berbulu lebih lebat berfungsi untuk menyisi alis agar terlihat lebih rapi dan natural.

Kabuki Brush


Bentuk Kabuki brush ini sangat menggemaskan, pendek, kecil dan memiliki bulu yang sangat tebal. Kuas ini juga bisa digunakan untuk merapikan hasil akhir make up, untuk meratakan bedak dan menyapukan blush on. Kemasan Kabuki brush ini biasanya telah dilengkapi dengan tutup atau memakai sistem rotasi atau memutar untuk mengeluarkan bulunya.

Itulah jenis-jenis kuas make up beserta kegunaannya. Sebagai pemula dalam dunia kecantikan, tidak ada salahnya untuk mempelajari masing-masing fungsinya agar tidak salam menggunakan. Karena jika salah, hasil riasan bisa menjadi tidak sesuai harapan. Kuas make up di atas bisa dibeli satuan. Namun ada juga yang menyediakan kuas-kuas tersebut dalam satu set.

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL