22 Nov 2018

Lagi Stress? Ngemil Aja Yuk! Ini Dia Daftar Cemilannya


Setiap orang punya cara yang berbeda untuk mengurangi kadar stress. Ada yang suka shopping, nonton film, menyendiri dan ada juga yang suka ngemil untuk mengalihkan perhatian. Semuanya dilakukan untuk mengurangi beban pikiran dan menghindari stress berkepanjangan yang bisa berakibat makin buruk bagi tubuh.

Kalau kamu suka melakukan yang mana Dears saat stress melanda? Satu yang sederhana dan tidak perlu usaha lebih untuk dilakukan saat stress adalah ngemil. Yups, biarpun terdengar sepele, ternyata ngemil dianggap salah satu obat ampuh penghilang stress lho. Tentunya, pilih cemilan yang memang bisa meredakan stress ya.
Banyak nih alternatif makanan ringan yang bisa kamu pilih sebagai cemilan yang bukan sekaligus pengganjal lapar tapi juga bisa menghilangkan stress mu. Check this out!


foto: pexels.com
Cokelat

Siapa sih yang bisa menolak kenikmatan makanan yang satu ini? Kalau kamu juga menyukainya maka kamu beruntung Dears. Karena cokelat mengandung molekul psikoaktif yang dapat menurunkan depresi. Cokelat hitam khususnya, yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menambah rasa tenang. Ngemil enak sekaligus mencegah stress kan?




foto: pexels.com
Keju

Berdasarkan penelitian, mengunyah keju yang lembut akan memberi efek tenang dan meningkatkan mood. Dalam keju juga mengandung zat serotonin yang berperan menghantarkan perasaan bahagia. Karena itulah, salah satu hasil olahan susu ini direkomendasikan untuk pencegahan dan pengurangan stres.





foto: pexels.com
Es Krim

Hmm, lezatnya cemilan yang satu ini pasti bikin ngiler siapapun yang melihatnya. Ternyata bukan cuma enak sebagai cemilan saat udara panas, es krim juga sangat bisa membantu mengurangi stresmu. Kandungan asam amino thrytopan dalam es krim sangat efektif untuk menenangkan otak. Nggak lagi strespun, ngemil es krim tetap mengasyikkan kan?



foto: pexels.com
Yogurt

Mengkonsumsi yogurt selain bermanfaat untuk menjaga fungsi pencernaan, rupanya juga dapat menurunkan tingkat stres yang berlebih. Yogurt dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang berguna memberikan rasa nyaman bagi kamu yang sedang stres. Stress hilang, bonusnya sehat.



foto: pexels.com
Teh

Minum teh hangat di sore hari memang menjadi momen paling menenangkan setelah sepanjang hari penuh kesibukan. Baik teh hijau maupun teh hitam sama-sama sudah terbukti mampu membuat pikiran rileks dan melemaskan otot yang tegang. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, mengkonsumsi teh sebanyak 4 gelas setiap hari selama 6 minggu akan menurunkan resiko untuk terkena depresi. Tentu hindari rasa teh yang terlalu manis kalau tidak mau penyakit baru berdatangan.




foto: pexels.com
Susu

Minuman yang identik dengan anak-anak ini ternyata salah satu obat ampuh untuk stres. Kandungan kalsium dalam susu berguna mengurangi ketegangan otot dan juga menenangkan saraf sehingga stres akan reda. Namun, jika tidak ingin menambah menjadi semakin gemuk karena minum susu, pilihlah susu yang rendah lemak dan bebas gula.




foto: pexels.com
Kacang Mede

Ngemil kacang mede diakui sebagai cara menghilangkan stres yang paling baik di antara semua jenis kacang. Ini karena kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi — per onsnya mencukupi 11 persen kebutuhan harian tubuh. Kadar zinc yang rendah dalam tubuh dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan depresi. Dan karena tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan zinc, maka kita harus mendapatkan asupannya setiap hari.


foto: pexels.com
Pisang

Salah satu dampak dari stres adalah meningkatnya tekanan darah dan peningkatan detak jantung. Kandungan vitamin A, B, dan C yang dimiliki pisang berguna untuk menormalkan tekanan darah dan juga mengontrol detak jantung agar lebih stabil. Ini akan membuat kadar stres akan menurun secara bertahap.



foto: pexels.com
Alpukat

Ngemil buah nggak cuma bikin badan sehat lho, tapi juga bikin tenang suasana hati. Alpukat ini salah satunya. Sebagai usaha untuk meredakan stres, alpukat akan memberikan kita rasa tenang pada suasana hati dan perlahan stres akan berkurang. Itulah manfaat dari zat kalium yang ada pada alpukat.



foto: pexels.com
Anggur

Satu lagi jenis buah yang paling mampu mengurangi stress. Dialah buah anggur yang mengandung banyak sekali zat flavonoid dan senyawa aktif lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat aktif tersebut yang berfungsi untuk meningkatkan atau melancarkan aliran darah dalam tubuh. Karena alasan ini, anggur digadang-gadang menjadi cemilan buah yang masuk dalam daftar makanan penghilang stres.



foto: pexels.com
Jeruk

Ternyata kandungan vitamin C pada jeruk tidak hanya baik untuk daya tahan tubuh kita. Vitamin C terserbut ternyata juga berguna sebagai pereda stres. Mengkonsumsi jeruk akan membantu tubuh untuk mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal. Dengan kata lain, dampak negatif dari stres dapat dihindari bahkan rasa tertekan akibat stres akan menurun.


sumber foto: pexels.com

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL