21 Oct 2018

Weekend Seru Bareng Anak Dengan Acara Masak-Memasak, Yuk Bikin Camilan Simpel dan Enak Ini!


Weekend adalah saat untuk berkumpul dengan anak-anak. Setelah selama seminggu, anak-anak banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan di sekolah, akhir pekan adalah kesempatan untuk bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka. Bisa dengan bermain di luar rumah, mengunjungi tempat wisata atau bisa juga sekedar kumpul di rumah.

Yang perlu diingat adalah meskipun weekend adalah waktu bebas untuk melakukan apa saja, namun jangan sampai tenaga anak justru terkuras habis dengan satu kegiatan. Padahal weekend selain saat untuk bersantai, juga saat untuk mempersiapkan diri menghadapi awal pekan. Jadi pilihlah kegiatan yang tidak akan membuat anak terlalu lelah.

Memasak bisa jadi alternatif kegiatan saat weekend. Selain memasak tidak akan terlalu melelahkan, anak-anak juga bisa menambah banyak pengetahuan tentang memasak dan makanan. Ini juga menjadi kesempatan mereka untuk belajar hal baru. Tidak perlu memilih menu yang terlalu berat dan rumit untuk dimasak. Cukup tentukan resep yang sederhana dan mudah dilakukan, agar anak tidak kesulitan mengikutinya.

Resep berikut ini bisa Moms coba masak bersama anak saat weekend:


foto: berita.baca.co.id
Puding Susu dalam Buah

Bahan:
1 buah pepaya matang
1 bungkus bubuk agar-agar
1200 mL air
1 kaleng susu kental manis putih
1 sdt bubuk vanili
 

3 sdm (60 gram) gula pasir

Cara Membuat: Kupas dan belah pepaya dan buang bijinya. Siapkan wadah lain untuk membuat adona puding. Campur bubuk agar-agar, gula dan air. Masak hingga mendidih sambil tambahkan susu kental manis. Angkat lalu tuang pada buah pepaya. Biarkan hingga dingin dan puding mengeras. Potong menjadi beberapa bagian kecil.

 

 
foto: rancahpost.com
Nugget Tahu

Bahan:

5 buah tahu sutera
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 batang wortel, kupas parut
1 batang daun bawang, rajang halus
1 butir telur
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat:
Pertama, masukan semua bahan kedalam mangkuk kecuali bahan pelapis. Kemudian hancurkan tahu dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Lalu siapkan loyang yang sudah diolesi dengan minyak. Dan tekan-tekan tahu hingga padat. Setelah itu panaskan kukusan dan kukus nugget selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, angkat nugget dan dinginkan. Keluarkan nugget dari loyang dan potong-potong sesuai selera. Selanjutnya, campurkan tepung dengan sedikit air. Kemudian celupkan potongan nugget tahu kedalam tepung cair dan gulingkan kedalam tepung panir. Panaskan minyak dan goreng nugget sampai warnanya berubah kecoklatan. jika sudah matang, angkat nugget dan sajikan. Nugget tahu pun siap untuk disantap.


foto: resepkuekeringku.com
Oreo Milkshake

Bahan:

5 biskuit oreo
2 scoops (sendok besar) vanilla ice cream
2 sdm coklat bubuk atau bisa diganti sirup coklat
2 cangkir susu UHT
4 buah es batu
Whipped cream
Sirup coklat
Astor

Cara Membuat:
Siapkan blender. Masukkan oreo. coklat bubuk, susu UHT, es krim, dan es batu.
Blender bahan tersebut sampai melumat dan halus.
Setelah itu, tuangkan pada gelas saji.
Hiasi Milkshake oreo dengan whipped cream, sirup coklat, astor, dan oreo kecil.

Foto sampul: istock.com

*postingan ini diikut sertakan dalam One Day One Posting bersama Estrilook Community

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL