7 Oct 2018

Travelling Sendirian? Kenapa Tidak? Simak 4 Tips Ini Agar Tetap Aman dan Menyenangkan




Bagi kamu yang memiliki jiwa petualangan tinggi, travelling sendirian bukanlah sesuatu hal yang aneh. Meskipun harus pergi ke suatu tempat baru yang masih asing dan pastinya jauh, sendirian bukanlah hal yang menakutkan. Justru akan banyak hal yang bisa kamu lakukan tanpa harus bergantung pada keinginan orang lain.

Sendirian di tempat yang belum pernah dikunjungi tentu ada kekhawatiran soal keamanan dan kenyamanan. Namun semua hal bisa kamu persiapkan dengan matang sebelum berangkat travelling agar perjalananmu aman dan menyenangkan seperti yang diharapkan. Pun saat berada di tempat yang menjadi tujuan travelling-mu, juga ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tetap aman.




Pelajari Semua Hal Tentang Tempat yang Menjadi Tujuanmu
Sebelum berangkat memulai perjalananmu, pastikan kamu sudah mengantongi banyak informasi tentang tempat yang akan kamu tuju. Sangat penting untuk tahu tentang kondidi geografisnya, tentang kebiasaan masyarakatnya, juga tentang letak tempat-tempat penting yang ada di sana.
Jika perlu bekali juga dirimu dengan foto tempat tersebut yang bisa kamu dapatkan di laman internet. Penting juga untuk mencari tahu tempat penginapan sekaligus tarif dan fasilitas yang ditawarkan. Agar saat tiba di sana, kamu tidak harus kebingungan mencari tempat istirahat.





Bawa Barang Secukupnya, Tidak Perlu Bawa Barang Berharga
Jika kamu memutuskan untuk pergi seorang diri, itu artinya kamu siap dengan kemungkinan tidak ada yang bisa dipastikan siapa yang akan membantumu saat kesulitan. Bisa orang yang kamu temui, bisa juga tidak ada sama sekali.
Karenanya penting bagi kamu untuk memastikan segala sesuatu tidak merepotkan bagi dirimu sendiri. Termasuk soal barang bawaan. Tidak perlu membawa terlalu banyak barang sehingga tasmu akan menjadi berat. Untuk uang, kamu bisa membawa seperlunya dan bisa membawa kartu ATM agar lebih aman. Tidak perlu juga mengenakan perhiasan atau aksessoris mahal. Cukup handphone sebagai alat komunikasi dan kamera sebagai sarana dokumentasi. Pastikan kamu menyimpannya dengan aman.





Jaga Kesehatan, Istirahat Cukup dan Kenali Makananmu
Saat masih di rumah pastikan badanmu sedang dalam kondisi terbaik, dalam arti sehat dan normal dari semua aspek. Ini penting agar kamu benar-benar siap memulai perjalanan. Jika diperlukan, kamu bisa mengonsumsi vitamin.
Saat sedang dalam perjalanan, tetap perhatikan apa yang kamu konsumsi. Jangan sampai asal memilih makanan dan minuman namun akhirnya akan menimbulkan masalah. Ingat, kamu pergi seorang diri, jadi kamu harus tetap sehat. Mencoba makanan dan minuman baru di tempat tujuan memang menjadi pengalaman tersendiri. Namun pelajari apakah makanan itu aman bagi tubuhmu. Terlebih jika kamu mempunyai riwayat penyakit tertentu. Sangat penting bagimu untuk menyeleksi makanan yang akan kamu santap.





Bersikaplah Baik kepada Siapapun yang Kamu Temui
Di tempat asing tentu kamu juga akan bertemu dengan banyak orang asing. Bersikaplan baik dan ramah kepada mereka siapapun yang kamu temui. Terlebih jika itu adalah penduduk setempat. Orang lain pun juga akan bersikap baik kepadamu dan mungkin mereka akan bersedia menolong saat kamu sedang dalam kesuliatan.
Pelajari juga aturan yang ada di tempat tersebut. Usahakan untuk tidak melanggarkan atau kamu akan berada dalam masalah. Namun tetap, kamu harus selalu waspada dan hati-hati dari orang lain.


Melakukan perjalanan sendirian memang nampak asyik. Namun berbagai hal bisa terjadi jika kamu tidak mengantisipasi dan menyiapkannya dengan baik. Persiapan yang cukup, badan yang sehat, ditambah banyak pengetahuan akan membuat perjalananmu lancar.



14 comments:

  1. Wah ini tips berguna banget untuk orang yg demen melancong kek saya hihi. Coba ah tipsnya. Makasih ya mba sharingnya 😊

    ReplyDelete
  2. Waa sekarang belum bisa travelling sendirian, mungkin nanti kalo anak-anak uda pada gedhe, dan bundanya menikmati masa tua dengan jalan-jalan. Kalo sekarang travelling itu 1 pakettt ☺️

    http://www.innaistantina.com

    ReplyDelete
  3. Nice Tips, Mbak. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  4. Tips yang berguna nih..
    Lain waktu kalau pas traveling , ikutin ah.
    Makasih mb

    ReplyDelete
  5. boleh nih tipsnya. terima kasih ya

    ReplyDelete
  6. Betull mba, klo travelling sendirian harus jaga kesehatan bener karena gak ada yg bantuin pas sakit..

    ReplyDelete
  7. Tipsnya bermanfaat bangetttt... kereen... 👍👍👍😍😍😍

    ReplyDelete