Travelling, Dapat Senangnya Atau Dapat Lelahnya?


Seseorang melakukan perjalanan untuk travelling memang biasanya bertujuan untuk mendapat pengalaman baru. Lepas dari rutinitas dan kesibukan bekerja, berlibur dianggap cara untuk kembali menyegarkan pikiran. Karenanya, dipilihlah tempat-tempat menarik dan seru sebagai tujuan travelling.

Kegiatan travelling biasanya memakan waktu lama, dalam hitungan hari. Lebih lama lagi jika tempat yang dituju harus ditempuh dalam jarak yang jauh. Pasti akan melewati banyak waktu di perjalanan. Juga harus membawa keperluan yang lebih banyak. Alhasil, travelling menyisakan kelelahan saat sudah tiba di rumah. Dan itu bisa menyebabkan ketidak siapan saat harus mulai kembali ke aktivitas.

Lalu bagaimana agar travelling tidak hanya berakhir dengan kelelahan, namun juga tetap mendapatkan kesenangan? Simak nih tipsnya!


foto: pexels.com
Lakukan Riset Terlebih Dahulu
Jika waktu bebas yang dimiliki untuk travelling hanya sebentar, maka pilih tujuan wisata yang tidak terlalu jauh. Setelah memilih, pastikan untuk mengumpulkan banyak informasi tentang tempat yang akan dituju. Hal ini akan memudahkan kita saat sudah berada di sana. Kita tidak perlu terlalu bingung karena sudah mengantongi informasi yang cukup. Jikapun ada sedikit yang belum dipahami, bisa ditanyakan ke orang yang lebih tahu.
Informasi tentang penginapan dan tempat juga sangat penting untuk diketahui terlebih jika kita akan melakukan perjalanan selama beberapa hari. Pun tentang fasilitas transportasi yang mungkin bisa kita gunakan. Satu lagi, dan pusat kesehatan juga tak kalah penting untuk diketahui terlebih dahulu.
Kita memang bisa menggunakan bantuan internet untuk mencari tahu apa saja tentang tempat yang menjadi tujuan kita. Namun, membekali diri tentang informasi tersebut saat masih di rumah juga tidak ada ruginya. Bisa untuk berjaga-jaga jika tempat yang kita singgahi ternyata minim sinyal dan tidak memungkinkan untuk mengakses internet.


foto: pexels.com
Bawa Barang Seperlunya
Yang paling menjadi perhatian saat akan melakukan travelling adalah barang bawaan. Karena perjalanan travelling biasanya berlangsung selama beberapa hari, maka barang yang dibawa juga harus bisa memenuhi keperluan kita selama itu. Karenanya barang yang dibawa biasanya lumayan banyak.
Padahal membawa banyak barang hanya akan membuat kita menjadi lelah. Belum lagi jika harus menggunakan transportasi udara. Barang yang banyak akan membuat kita mengeluarkan kocek semakin banyak.
Agar perjalanan kita tetap menyenangkan, pastikan hanya membawa apa yang diperlukan saja. Seperti dokumen penting, jika bepergian dengan pesawat. Uang secukupnya, pakaian secukupnya dan bekal makanan yang tidak terlalu banyak. Untuk pakaian, pilih yang berbahan ringan, tidak ribet saat dikenakan dan tentunya nyaman.


foto: pexels.com
Manfaatkan Waktu Untuk Istirahat
Walaupun sedang dalam perjalanan travelling, istirahat tetap penting untuk dijaga. Karena istirahat akan mengembalikan kesegaran tubuh dan meminimalisir rasa lelah yang berlebihan. Jika bisa beristirahat dengan cukup, perjalanan kita akan menjadi lancar hingga kembali ke rumah.
Bagi yang menggunakan transportasi umum seperti bus, kereta api atau pesawat, waktu selama perjalanan bisa kita manfaatkan untuk tidur. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa berhenti beberapa saat untuk beristirahat. Pun saat sudah berada di tempat menginap. Jangan terlalu menghabiskan banyak waktu untuk hal yang tidak perlu. Usahakan untuk istirahat cukup agar tetap segar saat melanjutkan perjalanan.


foto: pexels.com
Jangan Terlalu Banyak Membeli Oleh-Oleh
Oleh-oleh memang menjadi satu hal yang wajib dibawa pulang dari kegiatan travelling. Dengan alasan untuk membawa kenangan dari tempat yang baru saja dikunjungi, membeli oleh-oleh biasanya membuat barang bawaan semakin banyak ketimbang saat berangkat.
Tentu saja membawa lebih banyak barang saat kembali dari travelling akan membuat kita semakin lelah. Selain juga lelah karena perjalanan pulang tersebut. Untuk itu, belilah oleh-oleh secukupnya saja. Jika memungkinkan, pilih yang ukurannya tidak terlalu besar dan berat.

Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, travelling tidak akan terlalu melelahkan. Hingga kita tetap siap saat harus kembali beraktivitas di rumah. Pikiran dan perasaan tetap mendapatkan kesegaran sepulang dari travelling.

foto sampul: pexels.com

*postingan ini diikut sertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

Post a Comment

0 Comments