27 Oct 2018

Biar Nggak Boros, Bikin Jajajan Kekinian Ini Di Rumah Yuk!


Perkembangan dunia kuliner tidak pernah ada hentinya. Seiring majunya zaman, kuliner juga terus berinovasi dengan segala perubahan. Kini, semakin banyak jenis kuliner mulai dari makanan berat hingga jajanan yang tercipta secara modern dan kekinian.

Belakangan paling marak adalah munculnya beberapa jenis jajajan, camilan atau makanan ringan yang kekinian. Tak hanya dari variasi resepnya saja, bahkan tampilan kemasannya dibuat semenarik mungkin. Tak lain adalah karena mereka paling banyak menyasar pasar anak-anak muda gaul zaman sekarang.

Munculnya berbagai macam jenis jajanan kekinian ini tak hanya resep asli dari Indonesia. Ada beberapa jajanan yang mengadopsi resep dari luar negeri untuk dikembangkan di Indonesia. Ada yang tetap menggunakan resep asli. Ada pula yang melakukan beberapa perubahan untuk menyesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Jajanan-jajanan terserbut memang sukses menjadi favorit terutama di kalangan anak muda. Tak heran jika kemudian banyak tempat nongkrong atau tempat makan yang menyajikan menu jajanan kekinian ini. Harganya juga bervariasi.

Daripada menghabiskan uang untuk jajan setiap hari, kita bisa lho bikin sendiri jajanan favorit itu di rumah. Selain bisa berhemat, bikin sendiri di rumah juga terjamin rasa dan kebersihannya kan?


foto & resep: dreamers.id
Es Kepal
Siapa sih yang nggak tahu sama jajanan kekinian yang belakangan menjadi viral ini? Yups, es kepal ini mendadak jadi perbincangan karena disebut unik dan cita rasanya yang disukai semua orang. Begini nih cara bikinnya.

Bahan:
1/2 kaleng krimer kental manis
Es batu secukupnya, diserut atau diblender
1 sdm cokelat bubuk
8 sdm Milo bubuk

Cara membuat:
1. Blender es batu dengan menggunakan chopper. Taruh di mangkuk, bentuk kepal. Sisihkan.
2. Blender krimer kental manis, cokelat bubuk dan Milo bubuk hingga rata.
3. Sajikan Milo yang sudah diblender tadi di atas es kepal.
4. Taburkan toping sesuai selera, bisa taburan kacang atau remahan biskuit. Es kepal Milo pun siap dihidangkan.


foto & resep: grid.id    
Donat Mie
Kalau donat pada umumnya terbuat dari tepung dengan campuran kentang. Maka donat mie ini menjadi jajanan yang paling banyak mencuri perhatian karena terbuat dari mie instan. Ternyata nggak susah lho bikinnya.

Bahan:
3 bungkus mie instan
3 butir telur utuh
Tepung serba guna
Tepung panir
 Putih telur/telur utuh untuk baluran

Cara memasak:
1. Masak mie seperti pada umumnya jangan terlalu matang dan lembek, angkat, tiriskan & campur dengan bumbu mie aduk rata lalu masukan kocokan telur putih/telur utuh.
2. Kukus mie di cetakan bentuk donat.
3. Kukus pakai loyang chiffon mini atau loyang bolu mini, sebelum di kukus loyang di oles minyak.
4. Setelah matang dan dingin, balur sambil tekan bolak balik donat mie tadi dengan tepung, lanjut masukkan ke kocokan putih telur/kocokan telur utuh, terakhir baru di balur dengan tepung panir kasar, tata rapi dan masukkan sebentar ke dalam kulkas kurang lebih 15 menit agar baluranmerekat, baru goreng dengan minyak panas api kecil.


foto & resep: dream.co.id
King Mango
Minuman yang berasal dari Thailand ini juga salah satu jajanan masa kini yang banyak penggemarnya. Bahkan King Mango ini banyak dijadikan menu di resotran mewah. Tentu saja dengan dibanderol harga yang lumayan mahal. Kamu bisa tiru nih resepnya.

Bahan:
5 buah mangga
1sdm jus jeruk nipis
1 cup whipped cream
Simple syrup
Gula pasir secukupnya

Cara membuatnya:
Blender semua bahan kecuali whipped cream.
Setelah itu tinggal tuang dalam gelas saji dan tambahkan whipped cream di atasnya.
Bisa juga menambahkan potongan mangga sebagai hiasan.


foto & resep: tokopedia.com
Telur Gulung
Jajanan masa kecil ini ternyata tak hanya terkenal di kalangan anak SD. Orang dewasa pun juga menggemari jajanan ini karena gurih lezatnya. Selain murah, jajanan ini juga gampang ditemukan. Mau coba bikin sendiri? Bisa banget.

Bahan:
3 butir telur ayam
50 ml air mineral
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Minyak goreng

Cara memasak:
1.  Pertama, pecahkan 3 telur ke dalam mangkuk, kocok telur hingga rata.
2.  Selanjutnya, tambahkan merica, garam, dan kaldu bubuk secukupnya sesuai selera.
3.  Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan terlebih dahulu perlahan-lahan dan kocok sampai berbusa hingga adonan tercampur rata.
4. Tuang kira-kira 50 ml air mineral, lalu kocok kembali adonan sampai teksturnya benar-benar cair.
5. Panaskan minyak goreng dengan api agak tinggi seperti saat menggoreng deep fry.
6. Siapkan tusuk sate, tuang 3 sendok telur dengan cara diputar ke bagian tengah minyak agar telur bisa tersebar. Setelah itu, segera ambil telur dengan tusuk sate dan gulung telor ke pinggir penggorengan. Hindari memasak telor terlalu matang, karena akan membuat sulit ketika proses menggulung. Ulangi langkah di atas hingga tusuk sate dan adonan telur habis.
7. Sajikan dengan saus sambal pedas manis atau tomat sebagai pelengkap.


foto sampul: pexels.com


*postingan ini diikut sertakan dalam One Day One Post bersama Estrilook Community

No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL