14 May 2019

Tanpa Perlu ke Klinik, Begini Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


Gigi menjadi salah satu bagian penting dari penampilan seseorang. Biarpun ada di dalam mulut, gigi bisa menjadi pusat perhatian terutama saat tersenyum. Gigi yang putih dan bersih akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat senyum semakin bersinar. Untuk memiliki gigi putih bersih, kamu enggak perlu ke klinik gigi. Cara memutihkan gigi di bawah ini bisa kamu coba sendiri di rumah, lho.

Gigi kuning dan kusam memang bisa menganggu penampilan. Senyum pun akan tampak kurang menarik jika yang terlihat adalah gigi yang berkesan enggak bersih. Sebelum kamu semakin penasaran dengan cara memutihkan gigi secara alami, enggak ada salahnya kamu tahu dulu apa penyebab gigi kuning. Check this out!

Apa yang Dikonsumsi

Apa yang masuk ke perut kita sangat berpengaruh terhadap kebersihan dan warna gigi. Bagaimanapun apapun yang kita konsumsi akan melewati mulut dan bersentuhan langsung dengan gigi sebagai salah satu alat perncernaan. Beberapa jenis minuman seperti alkohol, minuman berkafein seperti kopi merupakan jenis minuman yang paling bisa menyebabkan gigi kuning.

Gaya Hidup

Gaya hidup enggak sehat juga bisa menyebabkan gigi kuning. Kebiasaan merokok atau minum minuman keras secara langsung bisa mempengaruhi warna gigi dan menjadikannya lebih nampak kusam. Kandungan nikotin dari rokok selain berbahaya bagi kesehatan juga bisa membuat gigi kuning.

Cara Menyikat Gigi

Menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan gigi dan membuatnya menjadi lebih bersinar. Banyak juga produk pasta gigi yang menawarkan khasiat membuat gigi menjadi lebih putih. Namun cara menyikat gigi yang salah nyatanya juga justru membuat gigi kuning. Menyikat gigi yang kurang bersih akan tetap meninggalkan sisa makanan yang kemudian membuat gigi jadi kuning.


Itulah beberapa penyebab gigi menjadi kuning. Lalu bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi dengan cara yang mudah? Simak uraian berikut ini!

Daun Sirih

sumber gambar: pixabay
Daun sirih sebagai pemutih gigi sudah dikenal sejak lama. Orang zaman dulu mengunyah daun sirih ini hingga gigi berwarna merah. Cara ini terbukti memutihkan gigi secara alami sekaligus menjadikannya lebih kuat. Cara memutihkan gigi dengan daun sirih yang lebih modern bisa dengan merebusnya dan menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

Siwak

sumber gambar: palontaraq.id

Siwak sudah terkenal di kalangan umat Islam sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi. Bahan ini juga sudah dikenal sejak lama bahkan mulai masa Mesir kuno. Siwak yang awalnya populer di kawasan Timur Tengah kini juga mulai familiar di Indonesia. Siwak juga bisa menyegarkan bau mulut. Gunakan siwak dengan cara menggosoknya secara lembut pada gigi. Selain itu, siwak juga bisa dimanfaatkan dengan menggunakan bubuk hasil tumbukan siwak sebagai pasta gigi.

Garam

sumber gambar: pixabay
Garam merupakan eksfoliator alami yang bisa mengikis noda penyebab gigi kuning. Namun karena sifatnya yang mampu mengikis ini, penggunaan garam sebagai pemutih gigi harus dibatasi karena jika berlebihan justru bisa merusak gigi. Cara memutihkan gigi dengan garam adalah mencampurnya dengan pasta gigi saat menyikat gigi. Lebih disarankan untuk menggunakan garam halus atau menghaluskannya terlebih dahulu sebelum digunakan.

Lemon

sumber gambar: pixabay
Lemon juga menjadi bahan alami pilihan untuk membuat gigi lebih bersinar. Kandungan asam pada lemon bisa melunturkan noda pada enamel gigi sehingga gigi bisa terlihat lebih putih bersih. Lemon juga berfungsi membunuh kuman dan bakteri penyebab gigi berlubang karena kandungan antibakterinya. Cara memutihkan gigi dengan lemon adalah dengan berkumur menggunakan air perasannya. Lemon juga menjadi kombinasi terbaik ramuan pemutih gigi bersama dengan garam.

Kulit Pisang

sumber gambar: kulit pisang
Buah pisang bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan. Kulitnya pun juga memiliki khasiat bagus untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan kulit pisang sangat mudah yaitu hanya dengan menggosoknya langsung pada gigi setelah menyikat gigi. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Strawberry

sumber foto: pixabay
Strawberry memiliki asam ellagic dan vitamin C tinggi untuk memutihkan gigi. Strawberry termasuk bahan alami pemutih gigi yang bisa menampakkan hasil lebih cepat bahkan hanya dengan mengunyahnya saja secara rutin. Selain dikunyah, strawberry bisa dihaluskan bersama baking soda dan dioleskan pada gigi selama beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih.

Itulah cara memutihkan gigi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Mendapatkan gigi putih bersih bukan lagi menjadi hal sulit karena kita bisa melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari. Semoga bermanfaat :)

Salam,


No comments:

Post a Comment

Mohon Berikan Komentar dengan URL